redesain-navbar Portlet

Blog

photo via biomed.stei.itb.ac.id

Ragam Fakultas di Institut Teknologi Bandung

Dunia Kampus

Perguruan tinggi negeri ini adalah salah satu yang tertua dan terbaik di negeri kita. Banyak anak Saintek yang goalnya kuliah disini, padahal sebenarnya ada juga jurusan-jurusan seninya. Kita lihat sama-sama yuk, apa saja fakultas yang ada di Institut Teknologi Bandung (ITB).

 

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)

Fakultas ini adalah sumbernya pengembangan ilmu-ilmu dasar. Berbagai penelitian dibidang MIPA juga ada disini, makanya banyak lulusan FMIPA ITB yang menjadi peneliti. Selain peneliti, dari fakultas ini terlahir pula ahli analisis data statistik, peracik kosmetik, astronomi, dosen, field engineer, software engineer, dan lain sebagainya.

Udah ketebak jurusan apa saja difakultas ini? FMIPA ITB terdiri dari Jurusan atau Program Studi Astronomi, Fisika, Kimia, dan Matematika pada Strata 1, 2, dan 3. Serta, masih ada Program Magister Sains Komputasi.

 

Fakultas Teknologi Industri (FTI)

FTI ITB sendiri terdiri dari Jurusan Teknik Kimia, Teknik Industri, Teknik Fisika, Teknik Pangan, Teknik Bioenergi dan Kemurgi, serta Manajemen Rekayasa Industri. Cakupan bidang fakultas ini cukup luas: analisis dan perencanaan aspek teknik, organisasi, manusia, hingga keuangan. Sehingga, banyak alumninya yang bekerja dibidang konsultasi manajemen, keuangan, manajemen sumber daya manusia, logistik, pemasaran, sistem informasi, maupun penjamin mutu dan operasi produksi.

 

Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM)

Alumni FTTM ITB banyak yang bekerja pada perusahaan minyak, baik nasional maupun asing. Sebagian lagi menjadi pegawai BP Migas ataupun departemen ESDM, dan masih banyak pula yang menjadi pengusaha migas, peneliti, maupun pengajar.  Mereka adalah jebolan dari Jurusan atau Program Studi Teknik Pertambangan, Teknik Metalurgi, Teknik Perminyakan, Teknik Geofisika, Rekayasa Pertambangan, dan Teknik panas Bumi. Beberapa diantaranya adalah Program Sarjana, ada yang Magister, ada pula yang hingga Program Doktor.

 

Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB)

FITB ITB membawahi Jurusan atau Program Studi Teknik Geologi, Teknik Geodesi dan Geomatika, Meteorologi, Oseanografi, Sains Kebumian, dan Teknik Air Tanah. Bisa dibilang, jurusan-jurusan ini – baik pada jenjang S1, S2, maupun S3 – menyimpan segudang ilmu yang bersangkut-paut dengan kelangsungan kehidupan manusia di bumi. Tak pelak, alumni FITB banyak dijumpai di lembaga pendidikan tinggi, instansi pemerintah, pusat penelitian, LSM, industri mineral dan migas, industri pertambangan, termasuk juga industri gas bumi dan perminyakan.

 

Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL)

Pada umumnya, alumni FTSL IPB punya prospek kerja yang luas di dalam dan luar negeri, terutama pada bidang pendidikan, pertambangan, industri, pembangunan, dan lain-lain. Dari jurusan apa saja alumninya? Mereka merupakan lulusan dari Teknik Sipil, Teknik Lingkungan, Teknik Kelautan, Rekayasa Infrastruktur, Teknik dan Pengelolaan Sumber Daya Air, Sistem dan Teknik Jalan Raya, serta Pengelolaan Infrastruktur Air dan Sanitasi – seluruhnya pada jenjang yang berbeda.

 

Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD)

Fakultas inilah yang wajib dipilih kalau kamu ingin merancang, membuat, dan mengoperasikan pesawat terbang maupun pesawat luar angkasa. Dijurusan apa, tepatnya? Kamu bisa pilih Teknik Mesin, Teknik Material, atau Aeronotika dan Astronotika.

 

Fakultas Ilmu Seni Rupa dan Desain (FSRD)

Walaupun berawal sebagai Sekolah Teknik, ITB juga punya Program Studi Seni Rupa, Kriya, Desain Komunikasi Visual, Desain Interior, dan Desain Produk. Tak Ketinggalan, ada pula Program Magister Desain serta Doktor Ilmu Seni dan Desain. Seluruh Jurusan atau Program Studi tersebut terdapat di FSRD. Dari fakultas inilah terlahir fashion designer, fabric designer, interior designer, pengusaha dibidang seni, seniman kriya, dan berbagai profesi seni yang lain.

 

Itulah fakultas-fakultas yang terdapat di ITB. Adakah jurusan pilihanmu diantaranya? Atau barangkali, jurusan incaranmu ada pada sekolah ITB? Apa pula sekolah ITB itu? Nah, lanjut baca di Aku Pintar yaa!

Lebih masukan Blog

Kenali Lebih Dekat: Institut Teknologi Bandung

Rasa-rasanya, tak satupun pelajar di seluruh penjuru Nusantara yang belum pernah mendengar...

Sekolah-Sekolah di ITB – Apa Saja?

Salah satu keunikan Institut Teknik Bandung (ITB) dibanding perguruan tinggi lain di Indonesia...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line