PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

website-baru-navbar Portlet

Blog

photo via multisite.itb.ac.id

Sekolah-Sekolah di ITB – Apa Saja?

Dunia Kampus

Salah satu keunikan Institut Teknik Bandung (ITB) dibanding perguruan tinggi lain di Indonesia adalah penamaan fakultasnya. Tak hanya fakultas, ITB juga punya sekolah. Eitts, jangan salah memahaminya sebagai sekolah biasa! Sekolah di ITB tuh ya sama dengan fakultas. Biar nggak makin bingung, lihat aja yuk, ada sekolah apa saja di ITB.

 

Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK)

Untuk menjadi seorang peneliti, pegawai Bappenas, pengajar, pegawai PU, pegawai Dinas Tata Kota, hingga aktivis LSM, kamu bisa mengawalinya dengan kuliah di SAPPK ITB. Tepatnya, sekolah ini punya Program Sarjana Perencanaan Wilayah dan Kota serta Arsitektur. Untuk program Magister dan Doktornya, ada Rancang Kota, Studi Pembangunan, Terapan Perencaan Kepariwisataan, Transportasi, dan Arsitektur Lanskap.

 

Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI)

Jika kamu bercita-cita menjadi seorang game developer atau software engineer, atau bekerja di perusahaan manufaktur telepon seluler, boleh dipertimbangkan untuk kuliah di sekolah ini. STEI ITB punya Jurusan atau Program Studi Teknik Informatika, Teknik Elektro, Teknik Tenaga Listrik, Sistem dan Teknologi Informasi, serta Teknik Telekomunikasi.

 

Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH)

SITH ITB menaungi Program Studi Mikrobiologi, Biologi, Rekayasa Hayati, Rekayasa Pertanian, Rekayasa Kehutanan, dan Teknologi Pascapanen. Untuk jenjang S2-nya, sekolah ini membuka Jurusan Bioteknologi dan Biomanajemen.

Alumni SITH ITB bisa dikatakan cukup unik. Pasalnya, mereka tak hanya dibutuhkan oleh instansi pemerintah, misalnya Departemen Kehutanan, Departemen Pertanian, Departemen Kelautan dan Perikanan, Departemen Kesehatan, atau Kementerian Lingkungan Hidup. Akan tetapi, alumni SITH ITB juga banyak berkiprah diindustri makanan, termasuk pula dibidang pendidikan, penelitian, sosial, bahkan wirausaha.

 

Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM)

ITB juga punya jurusan-jurusan Soshum, lho! Lihat saja di SBM-nya. Pada Program Sarjananya, ada Manajemen dan Kewirausahaan, sedangkan pada Program Magister dan Doktornya ada Administrasi Bisnis serta Sains Manajemen. Pastinya, alumni sekolah ini nggak akan jadi insinyur, tapi menjadi entrepreneur, auditor publik, konsultan bisnis, hingga manajer perusahaan.

 

Sekolah Farmasi (SF)

Jurusan atau Program Studi di SF ITB yaitu Farmasi Klinik dan Komunitas serta Teknologi Farmasi untuk jenjang S1, Ilmu Keolahragaan, Farmasi, dan Farmasi Industri untuk jenjang S2, serta terdapat pula Program Doktor (S3) dan Profesi Apoteker. Jika minatmu ada pada industri obat-obatan, kosmetik, makanan, kesehatan, produk biologi, hingga perbekalan rumah tangga, sekolah ini adalah pilihan yang tepat untuk kuliah di ITB.

 

Sudah nggak bingung lagi dengan sekolah ITB? Memang pada dasarnya sama saja dengan fakultas. Asal kamu tahu, banyak juga universitas-universitas di luar negeri yang menamakan fakultasnya dengan school atau sekolah. Jadi, tak ada yang baru dan perlu dipusingkan tentang sekolah di ITB. Yang lebih penting, kamunya mau kuliah dijurusan atau program studi apa, nih?

Lebih masukan Blog

Ragam Fakultas di Institut Teknologi Bandung

Perguruan tinggi negeri ini adalah salah satu yang tertua dan terbaik di negeri kita. Banyak...

Mengejar PTN – Caramu yang Mana?

Kalau sudah mengenali berbagai tipe cara belajar, tentu kamu bisa memahami cara belajarmu...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru