redesain-navbar Portlet

null

Blog

Rekomendasi Terbaik: 5 Universitas Swasta di Jogja dengan Akreditasi A

Yogyakarta memiliki universitas-universitas swasta terbaik.

Universitas Swasta di Jogja, photo by Paolo Nicolello on unsplash

Kalau harus memilih satu saja universitas swasta terbaik di Jogja, sepertinya kita akan mengalami kesulitan. Pasalnya, banyak kampus swasta di Jogja yang terkenal memiliki kualitas baik – salah satunya ditunjukkan oleh akreditasi A BAN-PT. Ingin tahu beberapa diantaranya, Sobat? Yuk, kepoin bareng-bareng!

 

1. Universitas Islam Indonesia

Universitas di Yogyakarta ini terletak di kawasan Sleman, berjarak sekitar 20km saja dari puncak Gunung Merapi. Bukan hanya lokasi, tapi hari lahir UII juga terbilang unik – sebelum kemerdekaan Indonesia, tepatnya pada 8 Juli 1945. Tak heran, ada banyak tokoh bangsa yang terlibat saat didirikannya kampus swasta di Jogja ini, salah satunya Dr. Moh. Hatta.

Selain program sarjana, UII juga memiliki program diploma/ vokasi. Program D3-nya yaitu Akuntansi, Analisis Kimia, Manajemen, serta Perbankan dan Keuangan.

Sedangkan program S1 yang ditawarkannya jauh lebih banyak. Sarjana-sarjana yang lulus dari universitas swasta di Jogja ini berasal dari Jurusan Akuntansi, Arsitektur, Ekonomi Pembangunan, Ekonomi Islam, Farmasi, Hubungan Internasional, Hukum, Hukum Keluarga, Ilmu Komunikasi, Kedokteran, Komputer, Manajemen, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Kimia, Psikologi, Kimia, Statistika, Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Kimia, Teknik Lingkungan, Teknik Mesin, Teknik Sipil, dan Rekayasa Tekstil.

 

2. Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Selain di Jakarta dan Makassar, Universitas Atma Jaya ada di Yogyakarta, Sobat. Lokasinya pun sama dengan UII, berada di wilayah Sleman. UAJY, begitu akronim perguruan tinggi swasta di Yogyakarta ini, berdiri pada 27 September 1963 di bawah Yayasan Slamet Rijadi.

Sebagai salah satu universitas swasta terbaik di Jogja, ada jurusan apa saja di kampus ini? Arsitektur, Teknik Sipil, Manajemen, Akuntansi, Hukum, Teknik Industri, Informatika, Biologi, Ilmu Komunikasi, Sosiologi, Ekonomi Pembangunan, dan Sistem Informasi adalah jurusan-jurusan yang dapat dipilih oleh calon mahasiswa baru universitas di Jogja ini.

 

3. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Dari Sleman, kita menuju Bantul, Sobat. Di wilayah ini ada universitas swasta di Jogja yang tak kalah kualitasnya dari kedua universitas di Jogja sebelumnya, yaitu UMY. Berdiri pada 1 Maret 1981, kini UMY telah memiliki delapan fakultas.

Apa saja pilihan jurusanmu jika kuliah di salah satu universitas swasta terbaik di Jogja ini, Sobat? Universitas swasta di Jogja ini menaungi Jurusan Ekonomi, Akuntansi, Manajemen, Syariah Economics, Pendidikan Agama Islam, Komunikasi dan Penyiaran Islam, Ilmu Hukum, Teknologi Informasi, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Sipil, Agroteknologi, Agribisnis, Pendidikan Bahasa Jepang, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Bahasa Inggris, Ilmu Pemerintahan, Ilmu Komunikasi, Hubungan Internasional, Farmasi, Keperawatan, Kedokteran Gigi, dan Kedokteran.

 

4. Universitas Ahmad Dahlan

UAD didirikan pada 18 November 1960 dengan lokasi kampus di kawasan Umbul Harjo Yogyakarta. Pada awalnya, perguruan tinggi swasta di Yogyakarta ini merupakan IKIP Muhammadiyah Yogyakarta. Kini sebagai sebuah universitas swasta di Jogja, UAD telah berkembang dengan beberapa jurusan program sarjana.

Apa saja jurusan-jurusan tersebut? Universitas di Yogyakarta ini memiliki Jurusan Akuntansi, Manajemen, Bahasa dan Sastra Arab, Matematika, Bimbingan dan Konseling, Pendidikan Agama Islam, Perbankan Syariah, Psikologi, Biologi, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Sastra Indonesia, Ekonomi Pembangunan, Pendidikan Bahasa Inggris, Sastra Inggris, Farmasi, Pendidikan Biologi, Sistem Informasi, Fisika, Pendidikan Fisika, Teknik Elektro, Ilmu Hadis, PG Pendidikan Anak Usia Dini, Teknik Industri, Ilmu Hukum, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Teknik Informatika, Ilmu Komunikasi, Pendidikan Matematika, Teknik Kimia, Kedokteran, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Teknik Pangan, dan Ilmu Kesehatan Masyarakat.

 

5. Universitas Kristen Duta Wacana

Perguruan tinggi swasta di Yogyakarta ini berkembang menjadi universitas dari sebuah sekolah tinggi, yaitu Sekolah Tinggi Theologia Duta Wacana. Sebagai sebuah universitas swasta di Jogja, UKDW secara resmi berdiri pada 31 Oktober 1985.

Saat ini ada tujuh fakultas di UKDW. Dan seluruh jurusan Sarjana pada fakultas-fakultas tersebut yaitu Teologi, Arsitektr, Desain Produk, Biologi, Manajemen, Akuntansi, Informatika, Sistem Informasi, Kedokteran, dan Pendidikan Bahasa Inggris.

 

Salah satu pertimbangan penting saat kita memutuskan untuk kuliah di universitas swasta adalah biaya. Tapi Yogyakarta berbeda, Sobat. Harga kos, transportasi publik, hingga makanan sehari-hari di Jogja terbilang lebih terjangkau dibandingkan biaya hidup di kota-kota pelajar yang lain.

Udah living cost-nya oke, kualitas kampus swasta di Jogja juga bagus, apa lagi yang menjadi pertimbanganmu untuk kuliah di Yogyakarta, Sobat? Emang ngga ada duanya sih, universitas di Yogyakarta itu! Ya, ngga?

30

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
text
00
text
00

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp