redesain-navbar Portlet

null

Blog

Kuota Internet Gratis untuk Siswa, Mahasiswa, Guru, dan Dosen

Bantuan kuota internet diharapkan mampu mendukung pembelajaran jarak jauh.

Kuota Internet Gratis, photo by cottonbro on pexels

Kuota internet menjadi kebutuhan primer di masa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) seperti sekarang. Buat Sobat Pintar sendiri, setelah beberapa bulan belajar dari rumah, berapa kuota internet yang dibutuhkan jika dibandingkan dengan kebutuhanmu tanpa PJJ? It must have been growing quite significantly, right?

And thankfully, setelah sekian waktu belajar jarak jauh di kelas online, akhirnya kita memperoleh bantuan kuota internet gratis dari pemerintah! But who is it for? Are you eligible for it? And if you are, how can you get it?

 

Siapa yang Berhak atas Bantuan Kuota Internet?

Kuota internet gratis dari pemerintah ini ditujukan bagi siswa, guru, mahasiswa, dan dosen. Kuota internet untuk siswa setiap bulan yaitu sebesar 35 GB, sedangkan untuk guru sebesar 42 GB.

Pada jenjang pendidikan tinggi, perkuliahan jarak jauh juga masih berlangsung. Untuk itu, mahasiswa dan dosen juga mendapat bantuan online berupa kuota internet. Per bulannya, masing-masing mahasiswa dan dosen memperoleh 50 GB.

Perlu dicatat, bantuan online berupa kuota internet gratis dari pemerintah ini punya prioritas. Bantuan online ini diutamakan bagi siswa dan mahasiswa yang kurang mampu, khususnya mereka yang memegang KIP dan KIP-Kuliah (atau Bidikmisi).

Mahasiswa yang terdampak pandemi dan sedang kuliah di semester 3, 5, 7, ataupun 9 juga berhak memperoleh kuota internet gratis dari pemerintah ini. Jadi, apakah Sobat Pintar masuk dalam salah satu kategori tersebut?

 

Bagaimana Kuota Internet Gratis dari Pemerintah Diberikan?

Okay, siswa dapat kuota internet gratis. But how exactly do you get it? Akankah kita memperoleh tambahan kuota internet 35 GB di ponsel masing-masing?

Kewenangan menyalurkan kuota internet gratis dari pemerintah ini berada di tangan kepala sekolah, Sobat. Mendikbud sudah menghimbau kepala sekolah agar memasukkan data (nomor ponsel siswa) ke Dapodik sampai tanggal 11 September 2020. Kuota internet (pulsa) nantinya akan dikirimkan langsung ke nomor ponsel yang telah terdata di Dapodik.

 

Berapa Lama Siswa Dapat Kuota Internet Gratis?

Kuota internet gratis dari pemerintah ini direncanakan berlangsung selama empat bulan, mulai September sampai Desember 2020. Apakah ini berarti kita akan masuk sekolah seperti biasa di bulan Januari 2021?

Belum bisa dipastikan, Sobat. Anggaran saat ini membatasi bantuan kuota internet untuk siswa dalam rentang waktu yang telah disebutkan di atas.

Semoga dengan adanya kuota internet gratis dari pemerintah ini, belajar kita dari rumah menjadi lebih lancar ya, Sobat! Tugas-tugas sekolah dan kuliah juga jadi lebih cepat dituntaskan. Yuk, manfaatin kuota internet dengan sensible dan responsible.

330

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
1 Comment
tapi kenapa yang dikasih kuota itu harus yg punya KIP? padahal gara"ada corona ekonomi semua orang yg bukan pegawai negri ngedown semua?
00

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp