redesain-navbar Portlet

null

Blog

Terakreditasi A BAN-PT: 5 Politeknik Terbaik di Indonesia 2020

Politeknik dengan akreditasi institusi A menjadi pilihan kuliah yang direkomendasikan.

Politeknik Terbaik di Indonesia, photo by bantersnaps on unsplash

Tahukah Sobat, apa saja politeknik terbaik di Indonesia? Ada berbagai kriteria dalam menyusun daftar politeknik terbaik. Salah satunya, kita bisa mengacu pada akreditasi BAN-PT. Dengan tolok ukur akreditasi institusi, here we go, lima politeknik terbaik di Indonesia 2020.

 

1. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS)

Tercatat berkali-kali memenangkan kontes robot, tak heran bila PENS menjadi jawara dalam urutan politeknik terbaik di Indonesia. Dalam klasterisasi Kemenristekdikti 2019 pun, PENS menjadi politeknik terbaik di Indonesia dengan skor tertinggi.

Apa saja jurusan di PENS? Pada program D3, kampus emerging technology ini membuka Jurusan Teknik Elektronika, Teknik Telekomunikasi, Teknik Elektro Industri, Teknik Informatika, Teknik Multimedia, Broadcasting, Teknik Elektro Industri – PLN, dan Teknik Elektronika – GMF.

Tak hanya program D3, PENS juga memiliki program D4 atau yang lebih dikenal sebagai program sarjana terapan. Di kampus ini ada Jurusan Teknik Elektronika, Teknik Telekomunikasi, Teknik Elektro Industri, Teknik Informatika, Teknik Komputer, Teknik Mekatronika, Sistem Pembangkit Energi, dan Teknologi Game.

 

2. Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang (PIP Semarang)

Tak lengkap jika tak ada perguruan tinggi kedinasan dalam daftar politeknik terbaik di Indonesia. Nah, ada PIP Semarang nih, Sobat!

PIP Semarang memiliki tiga jurusan program D4, yaitu Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan (KALK), Teknika, dan Nautika. Dalam kurun waktu 2017 hingga 2019, PIP Semarang menjalin kerja sama dengan 92 institusi. Nggak heran kalau PIP Semarang menjadi salah satu politeknik terbaik di Indonesia 2020, ya!

 

3. Politeknik Negeri Bandung (Polban)

Polban menjadi runner up dalam daftar politeknik negeri terbaik Kemenristekdikti 2019. Turns out, Polban masih menjadi bagian dari politeknik terbaik di Indonesia 2020. Apa saja jurusan yang ada di Polban?

Pada program D2, ada Mechanical Engineering, Chemical Engineering dan Informatics Engineering di Polban.

Pada program D3, Polban menaungi Jurusan Building Construction Engineering, Road and Bridge Construction, Mechanical Engineering Technology, Mechanical Engineering, Aeronautical Engineering, Refrigeration and Air Conditioning, Energy Conversion Engineering, Electronic Engineering, Electrical Engineering, Telecommunication Engineering, Chemical Engineering, Chemical Analyst, Informatics Engineering, Accounting, Finance and Banking, Business Administration, Marketing Management, dan English.

Dan pada program D4, pilihan jurusan di Polban yaitu Construction of Infrastructure and Bridge Study Program, Building Design Engineering, Mechanical Design and Construction Engineering, Manufacturing Process Engineering, Refrigeration and Air Conditioning, Power Plant Technology, Electronics Engineering, Industrial Automation Engineering, Telecommunication Engineering, Cleaner Production Chemical Engineering, Informatics Engineering, dan Accountancy.

 

4. Politeknik Negeri Malang (Polinema)

Adalah Job Placement Center (JPC), sebuah kerja sama antara Polinema dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI). JPC membantu menyiapkan mahasiswa dan alumni Polinema memasuki dunia kerja. And surely, JPC hanyalah satu dari sekian faktor yang mendukung Polinema menjadi bagian dari daftar politeknik negeri terbaik di Indonesia.

Ingin menjadi mahasiswa Polinema, Sobat? Apa saja pilihan jurusan di salah satu politeknik terbaik di Indonesia ini?

Pada program D3, Polinema menaungi Jurusan Teknik Listrik, Teknik Elektronika, Teknik Telekomunikasi, Teknik Mesin, Teknik Sipil, Teknologi Konstruksi Jalan Jembatan dan Bangunan Air, Teknik Kimia, Akuntansi, Administrasi Bisnis, dan Bahasa Inggris.

Sedangkan pada program D4, jurusan-jurusan yang ada di Polinema yaitu Sistem Kelistrikan, Teknik Elektronika, Jaringan Telekomunikasi Digital, Teknik Mesin Produksi dan Perawatan, Teknik Otomotif Elektronik, Manajemen Rekayasa Konstruksi, Teknik Kimia Industri, Akuntansi Manajemen, Keuangan, dan Manajemen Pemasaran.

 

5. Politeknik Negeri Semarang (Polines)

Tak diragukan lagi, Polines merupakan salah satu politeknik terbaik di Indonesia 2020. Selama bertahun-tahun, Polines menjalin kerja sama dengan berbagai institusi di dalam maupun luar negeri. Ingin tahu jurusan apa saja di Polines yang sesuai dengan kemampuan, minat, dan bakatmu, Sobat?

Pada program D3, ada Jurusan Konstruksi Gedung, Konstruksi Sipil, Teknik Mesin, Teknik Konversi Energi, Teknik Listrik, Teknik Elektronika, Teknik Telekomunikasi, Teknik Informatika, Akuntansi, Keuangan dan Perbankan, Administrasi Bisnis, dan Manajemen Pemasaran.

Pada program D4 atau program sarjana terapan, Polines memiliki Jurusan Teknik Perawatan dan Perbaikan Gedung, Perancangan Jalan dan Jembatan, Teknik Mesin Produksi dan Perawatan, Teknik Telekomunikasi, Komputerisasi Akuntansi, Perbankan Syariah, Analisis Keuangan, Akuntansi Manajerial, Manajemen Bisnis Internasional, dan Administrasi Bisnis Terapan.

 

Adakah incaranmu dari daftar politeknik terbaik di Indonesia ini, Sobat? Don't sweat, masih ada politeknik-politeknik lain di Indonesia. Always know your options, dan temukan referensi terbaikmu di Kampus Pintar.

00

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp