redesain-navbar Portlet

Blog

Politeknik Negeri Terbaik, image via kampusaja.com

5 Politeknik Negeri Terbaik

Terdapat lima politeknik atau kampus vokasi negeri yang memiliki skor terbaik pada data Kemenristekdikti.

Kalau ingin lanjut kuliah pada program Sarjana, banyak dari kita yang sudah tahu kampus-kampus terbaiknya se-Indonesia. Tapi bagaimana kalau lanjut kuliah pada program Diploma? Sudahkah Sobat tahu Politeknik Negeri terbaik yang bisa jadi pilihan?

First thing first, bagaimana kita dapat menentukan kampus vokasi mana saja yang terbaik? Kita mengacu pada klasterisasi Kemenristekdikti, Sobat. Skor yang menempatkan satu kampus pada klaster tertentu ditentukan oleh kualitas kelembagaan, SDM, kemahasiswaan, dan penelitiannya.

And the result is? Ada lima Politeknik Negeri yang menduduki klaster 2, yang merupakan klaster tertinggi dari skor yang diperoleh kampus vokasi se-Indonesia. So, let's look at them one by one!

 

1. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS)

Kampus ini jagoannya robotika, Sobat. Bagaimana tidak, PENS sudah 12 kali memenangkan Kontes Robot Indonesia beruturt-turut! Wajar bila PENS menjadi kampus yang wajib dipertimbangkan kalau Sobat Pintar memang memiliki minat tinggi dibidang robotika.

Meskipun program D3 dan D4 Teknik Elektronya cukup menonjol, departemen-departemen lain di PENS tak dapat dianggap sebelah mata. Multimedia Kreatif, Teknik Informatika, serta Mekanika dan Energi menjadi bagian tak terpisahkan dari kampus yang berlokasi tak jauh dari ITS ini.

 

2. Politeknik Negeri Bandung (Polban)

Pada awalnya, Polban merupakan bagian dari ITB. Itulah sebabnya, Polban dulu dikenal sebagai Politeknik ITB. Baru pada akhir tahun 1990-an, kampus ini resmi bernama Politeknik Negeri Bandung. Jurusan-jurusannya pada program D3 dan D4 terbagi kedalam kelompok Rekayasa dan Tata Niaga.

Jurusan pada kelompok Rekayasa yaitu Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Konversi Energi, Teknik Refrigerasi dan Tata Udara, Teknik Elektro, Teknik Kimia, serta Teknik Komputer dan Elektronika. Sedangkan jurusan pada kelompok Tata Niaga ialah Akuntansi, Administrasi Niaga, dan Bahasa Inggris.

Selain itu, Polban membuka program D4 PPL. Untuk menjadi mahasiswa program ini, kita harus sudah bekerja selama setidaknya satu tahun setelah lulus dari program D3.

 

3. Politeknik Negeri Malang (Polinema)

Sama seperti Polban, Polinema dulunya merupakan Politeknik UB. Baru pada tahun 2004, kampus ini resmi menyandang nama Politeknik Negeri Malang dengan tujuh jurusan untuk program D3 dan D4. Jurusan-jurusan tersebut yaitu Teknik Elektro, Teknologi Informasi, Teknik Mesin, Teknik Sipil, Teknik Kimia, Akuntansi, dan Administrasi Niaga.

Menariknya, Polinema memiliki kerjasama dengan Perusahaan Listrik Negara. Artinya, alumni Polinema dapat langsung bekerja sebagai karyawan PLN bila memiliki kualifikasi yang disyaratkan dan lolos seleksinya.

 

4. Politeknik Negeri Semarang (Polines)

Sama seperti dua politeknik sebelumnya, Polines dulunya bernama Politeknik Undip. Meskipun telah berdiri sebagai Politeknik Negeri Semarang, lokasi kampus saat ini masih dekat dengan Undip.

Polines menjalin kerjasama dengan Management Science University Malaysia, khususnya pada Program Studi Teknik Informatika dan Manajemen Pemasaran. Sama-sama merupakan program D3, Teknik Informatika merupakan bagian dari Jurusan Teknik Elektro dan Manajemen Pemasaran berada dibawah Jurusan Administrasi Bisnis. Tiga jurusan lain di Polines pada program D3 dan D4 yaitu Akuntansi, Teknik Mesin, dan Teknik Sipil.

 

5. Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh

Spesifik dari namanya, politeknik ini memang fokus pada bidang ilmu pertanian. Ada tiga jurusan di kampus vokasi ini, yaitu Budidaya Tanaman Perkebunan, Budidaya Tanaman Pangan, dan Teknologi Pertanian. Pada seluruh jurusan tersebut terdapat delapan program studi D3 dan dua program studi D4.

 

The best five Politeknik Negeri ini memang dirilis pada saat pendidikan tinggi masih berada dibawah Kemenristekdikti. Walaupun sekarang pendidikan tinggi sudah kembali bersama Kemendikbud, data seperti ini masih sangat bermanfaat bukan, Sobat?

Masing-masing politeknik diatas seakan memiliki spesialisasinya sendiri. Kesannya memang berbeda dari kampus non-vokasi atau perguruan tinggi pada program Sarjana. Jadi, kalau Sobat Pintar memang ingin lanjut kuliah di politeknik, jangan sampai salah pilih kampus. Cek lagi di Kampus Pintar, ya!

Lebih masukan Blog

Punya 4 Bekal Ini untuk Kuliah Komputer?

Teknologi sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita saat ini. Bahkan,...

4 Langkah Mudah Merawat Diri Sendiri

Ingatkah Sobat, kapan terakhir kali merawat diri sendiri? Saat mandi tiap hari, memakai baju...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Download Aku Pintar

Download aplikasi Aku Pintar dan dapatkan pulsa 50k!

Buka