CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Rumus Luas Permukaan dan Volume Bangun Ruang Sisi Lengkung – Tabung dan Kerucut

Pengertian, Rumus serta Cara Menghitung Luas Permukaan dan Volume Bangun Ruang Sisi Lengkung – Tabung dan Kerucut

Photo by Lidya Nada on Unsplash

Siapa nih Sobat Pintar yang pernah ngadain acara ulang tahun?

Wah, pasti seru tuh kalau ulang tahun dirayakan barang sama teman-teman!

Kira-kira ada bangun apa saja ya dari benda-benda pada gambar?

Ada topi ulang tahun yang berbentuk kerucut, ada gelas yang berbentuk tabung, piring dan kue yang berbentuk lingkaran. Mana saja ya yang termasuk bangun ruang?

Bangun ruang seringkali kita lihat secara langsung dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya pada benda-benda untuk pesta seperti di atas. Selain itu, Sobat Pintar pasti sering melihat kardus dong, baik kardus yang berukuran kecil maupun besar. Kardus merupakan salah satu contoh nyata dari bentuk balok.

Nah, kalau balok, kubus, prisma dan limas merupakan bangun ruang sisi tegak. Sedangkan tabung dan kerucut termasuk apa, ya?

Yap! Tabung, kerucut, dan bola termasuk dalam bangun ruang sisi lengkung, Sobat. Alasannya ya karena bidang-bidang yang membentuk bangun tersebut bentuknya melengkung, hehe..

Langsung aja, yuk!

Kali ini kita akan membahas pengertian, kumpulan rumus dan cara menghitung luas permukaan maupun volume dari tabung dan kerucut.

Yuk! Kita belajar bersama agar lebih tahu rumus-rumus dari tabung dan kerucut lewat artikel ini.

Tabung

Sobat Pintar, sudah tahu bentuk tabung, kan?

Kalau belum, nih kakak kasih paham, hihi...


Menurut Sobat Pintar, benda apa saja sih yang bentuknya tabung?

Ada banyak sekali benda di sekitar kita yang bentuknya tabung, Sobat. Misalkan kaleng susu, tong, kaleng cat, dan masih banyak yang lain.

Sebenarnya, tabung sendiri itu apa sih?

Tabung adalah sebuah bangun ruang yang terdiri dari dua lingkaran yang kongruen sebagai alas dan atap serta persegi panjang yang mengelilingi kedua lingkaran tersebut. Tabung juga dapat disebut sebagai prisma dengan alas dan atap berbentuk lingkaran.

Lalu, bagaimana cara menghitung luas permukaan dan volume tabung?

Rumus Luas Permukaan Tabung

Untuk mencari luas permukaan, berarti kita harus menjumlahkan luas dari setiap sisi pada tabung. Nah, sesuai pengertiannya, tabung terdiri dari tiga sisi, yaitu dua lingkaran yang kongruen dan satu persegi panjang sebagai sisi tegaknya

Coba perhatikan jaring-jaring tabung berikut ini ya!


 

Kalau kalian perhatikan, panjang dari persegi panjang merupakan keliling dari lingkaran dan lebar persegi panjang merupakan tinggi dari tabung. Jika lingkaran di atas berjari-jari r, maka luas permukaan tabung dapat diperoleh:

Rumus Volume Tabung

Untuk mencari volume tabung, sama seperti konsep volume pada prisma, yaitu luas alas dikali tinggi. Sehingga secara sistematis, rumus volume tabung, yaitu:


​​​​​​​Nah, karena Sobat Pintar sudah tahu rumusnya, sekarang coba kita kerjakan soal berikut ya!

Contoh Tabung

Diketahui tabung dengan diameter 14 cm dan tinggi 12 cm. Luas permukaan dan volume tabung tersebut adalah ….

Pembahasan


 

Butuh bantuan ngerjakan tugas?

tabung, kerucut, bangun ruang sisi lengkung, luas permukaan tabung, volume tabung
 

Kerucut

Selain tabung, salah satu bangun ruang sisi lengkung juga ada kerucut. Menurut Sobat Pintar, kerucut itu apa sih?

Kerucut merupakan sebuah bangun ruang yang beralaskan lingkaran yang dikelilingi oleh selimut kerucut yang meruncing ke atas. Contoh dari kerucut adalah topi pesta ulang tahun yang sering kita pakai.


 

Rumus Luas Permukaan Kerucut

Luas permukaan kerucut terdiri dari dua sisi kerucut, yaitu luas lingkaran dan luas selimut kerucut.

Coba perhatikan jaring-jaring kerucut berikut!


 

Rumus Volume Kerucut

Untuk mencari volume kerucut, hampir sama dengan volume pada limas dikarenakan kedua bangun ruang ini sama-sama memiliki puncak. Perbedaannya terletak pada alas kerucut yang berbentuk lingkaran. Sehingga volume dari kecurut, yaitu:


​​​​​​​Setelah tahu rumusnya, langsung aja yuk kita kerjakan latihan soal berikut

Contoh Kerucut

Sebuah kerucut berjari-jari 7 cm dengan tinggi 24 cm. Luas permukaan dan volume kerucut adalah ….

Pembahasan


​​​​​​​

Nah, Sobat, segitu dulu nih pembahasan mengenai bangun ruang sisi lengkung. Ternyata mudah sekali, kan?

Selain tabung dan kerucut, terdapat bola yang juga termasuk dalam bangun ruang sisi lengkung. Kalian bisa belajar tentang materi yang lebih lengkap melalui aplikasi Aku Pintar di fitur Belajar Pintar mata pelajaran Matematika. Sampai bertemu di pembahasan berikutnya, Sobat Pintar!

Mau video pembelajaran GRATIS?

bangun ruang, luas permukaan kerucut, volume kerucut
 

30

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog