APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Segera Ditutup! Pendaftaran dan Daya Tampung UNS Jalur Mandiri

Ada beberapa jalur berbeda untuk mengikuti Seleksi Mandiri Universitas Sebelas Maret.

UNS Jalur Mandiri, photo by ptksgc on pixabay

Sebenarnya ada berapa macam Jalur Mandiri, pendaftaran, dan daya tampung Universitas Sebelas Maret? Adakah Sobat Pintar yang tahu jawabannya?

Seleksi Mandiri di UNS cukup unik, berbeda dari kampus-kampus negeri yang lain. Apa bedanya? Seleksi Mandiri UNS terdiri dari beberapa jalur yang berbeda. Ingin tahu tentang jalur-jalur Mandiri UNS, Sobat? Bagaimana pula dengan pendaftaran dan daya tampung Mandiri UNS?

 

1. Seleksi Mandiri Menggunakan Nilai UTBK

Sebenarnya Seleksi dan daya tampung Mandiri UNS pada jalur ini masih terhitung sebagai Jalur Ujian (SMJU). SMJU memang menggunakan salah satu kriteria, yaitu nilai UTBK atau nilai Ujian Tulis (Utul) yang diselenggarakan oleh UNS.

Pendaftaran online jalur ini dipercepat, berakhir tanggal 12 Agustus 2020. Sedangkan pengumumannya dijadwalkan pada tanggal 17 Agustus 2020.

 

2. Seleksi Mandiri Jalur Ujian Tulis

Then, here we go with the test. Pendaftaran Utul UNS tetap sesuai jadwal semula, yaitu 1 Juli 2020 sampai 6 Agustus 2020. Utul UNS akan berlangsung sehari lebih pendek, yaitu 13 – 14 Agustus 2020. Pengumumannya pun dipercepat, bersamaan dengan jalur nilai UTBK, yaitu 17 Agustus 2020.

 

3. Seleksi Mandiri Jalur Kemitraan

Jika menggunakan jalur ini untuk mengambil satu kursi dari total daya tampung UNS 2020/2021, pastikan Sobat Pintar mengantongi rekomendasi dari instansi mitra yang sudah memiliki Nota Kesepahaman (MoU) atau kerja sama dengan UNS. Instansi mitra yang dimaksud boleh jadi merupakan perusahaan, institusi pemerintah, ataupun pemerintah daerah.

SMJK UNS ditujukan untuk program Diploma atau Vokasi. Jurusan di UNS dan daya tampung pada program D3 yaitu:

1. Agribisnis

2. Akuntansi

3. Bahasa Inggris

4. Bahasa Mandarin

5. Budi Daya Ternak

6. Desain Komunikasi Visual

7. Farmasi

8. Kebidanan

9. Keuangan dan Perbankan

10. Komunikasi Terapan

11. Manajemen Administrasi

12. Manajemen Pemasaran

13. Perpajakan

14. Perpustakaan

15. Teknik Informatika

16. Teknik Kimia

17. Teknik Mesin

18. Teknik Sipil

19. Teknologi Hasil Pertanian

10. Usaha Perjalanan Wisata

 

Sedangkan jurusan UNS dan daya tampung pada program D4 yaitu:

1. Demografi dan Pencatatan Sipil

2. Kebidanan

3. Keselamatan dan Kesehatan Kerja

 

Pendaftaran online jalur ini akan berakhir tanggal 12 Agustus 2020. Pengumumannya dijadwalkan pada 17 Agustus 2020.

 

4. Seleksi Mandiri Jalur Prestasi

Are you confident with your achievement, Sobat? Prestasi yang bisa digunakan untuk mengikuti SMJP UNS tak harus berupa prestasi akademik yang ditunjukkan oleh nilai rapor.

Prestasi olimpiade sains dan teknologi, olahraga, lomba Karya Ilmiah Remaja, atau seni yang pernah diikuti juga bisa digunakan untuk mengikuti SMJP UNS. Eitts... ada catatannya, Sobat. Prestasimu harus merupakan kejuaraan pada tingkat provinsi, nasional, dan internasional sebagai juara 1, 2, atau 3.

Sobat Pintar memiliki hafalan Al-Qur'an? Itu juga prestasi lho, Sobat. Jika hafalanmu mencapai minimal 15 juz, Sobat Pintar bisa menggunakannya untuk mengambil satu kursi dari total daya tampung Mandiri Universitas Sebelas Maret.

Pendaftaran online SMJP akan berakhir tanggal 12 Agustus 2020, dua hari lebih awal dari jadwal semula. Pengumumannya juga dimajukan menjadi tanggal 17 Agustus 2020.

 

5. Seleksi Mandiri Jalur Disabilitas

Bagi calon mahasiswa baru dengan disabilitas, SMJD UNS bisa digunakan sebagai alternatif jalur masuk kuliah di kampus negeri. Pendaftaran online-nya juga akan berakhir pada tanggal 12 Agustus 2020. Ada tes wawacara yang harus diikuti peserta, yang dijadwalkan pada 11 – 13 Agustus 2020. Sama seperti jalur seleksi sebelumnya, pengumuman SMJD akan dilangsungkan pada tanggal 17 Agustus 2020.

 

Dari kelima Jalur Mandiri di atas, apakah salah satunya akan Sobat gunakan untuk masuk UNS? Pilih dengan bijak ya, Sobat. Selain daya tampung Universitas Sebelas Maret, boleh juga mempertimbangkan apa saja prodi sepi peminat di UNS agar peluang lolos Seleksi Mandirinya juga semakin besar. But be quick! We're running out of time!

60

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
1 Comment
text
00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog