redesain-navbar Portlet

null

Blog

Semangat Masuk Sekolah Offline, Yuk! Ikuti 5 Tips Ini

Kembali masuk sekolah, setelah sekian lama belajar dari rumah, membutuhkan suntikan semangat.

cara agar semangat sekolah, Photo by Nguyen Khanh Ly on Unsplash

Udah balik lagi masuk sekolah offline nih, Sobat! Setelah sekian purnama kita cuma ngeliat display belasan inci, akhirnya kita pakai seragam sekolah lagi, berangkat pagi lagi, ketemu teman-teman lagi, dan merasakan lagi tatap muka langsung dengan guru di depan kelas. Hal-hal yang dulu, dulu banget, terasa biasa, bahkan kadang nyebelin, itu sekarang menjadi istimewa meski tak bisa kita lakukan penuh selama sepekan.

Tapi kadang-kadang masih pengin bangun siang atau ikutan kelas tanpa cuci muka lagi nggak, sih? Gimana biar semangat pergi sekolah dan mengikuti pembelajaran di sekolah tanpa ngerasa ogah-ogahan, gitu? Nah, simak yuk, beberapa tips ketika sekolah tatap muka dimulai lagi di bawah ini.

 

1. Make New Friends

motivasi masuk sekolah
Photo by Noorulabdeen Ahmad on Unsplash

Inget nggak, gimana sepinya jam-jam yang kita lalui saat harus belajar online dari rumah? Waktu itu kangen nggak sih, pengin ketemu si A yang ceriwis, si B yang suka usil, bahkan si C yang enggak pernah balikin pensil padahal bilangnya cuma pinjem sebentar. Sekarang setelah masuk sekolah offline lagi, kenapa nggak say hi dan hahahihi lagi sama mereka?

Oh, Sobat Pintar masuk sekolah baru? Ya kenalan dan bikin teman-teman baru, dong. Selagi masuk sekolah offline, sok kenal sok dekat aja dengan sebanyak mungkin orang. Siapa tau, kelas online kalian bakal lebih seru kalau udah asyik di offline.

Atau, Sobat Pintar sudah punya gebetan baru? But wait, punya gebetan itu bisa menjadi motivasi sekolah dan membuatmu lebih semangat belajar atau justru sebaliknya? Mumpung Kak Sandi ngobrolin soal Cinta di Sekolah, ikutan Ngopi bareng Kak Sandi di IG Live @akupintar.id, yuk! Seru-seruannya bakal live hari Jumat, 8 Oktober 2021, pukul 20.00 WIB – 20.50 WIB.


©Aku Pintar

 

2. Ikut Kegiatan-Kegiatan Sekolah

masuk sekolah offline
Photo by Redd on Unsplash

Kegiatan-kegiatan ekskul juga bisa menjadi motivasi masuk sekolah lho, Sobat. Mungkin Sobat Pintar mengikuti klub basket setelah jam sekolah usai atau kegiatan Pramuka di akhir pekan. Hitung-hitung, momen masuk sekolah offline bisa membuatmu lebih aktif secara fisik dan menjadi lebih sehat, bukan?

 

3. Membuat Penyesuaian Jadwal Kegiatan Sehari-Hari

semangat pergi sekolah
Photo by Benjamin Davies on Unsplash

Oke, perubahan mendadak yang membuat kita harus belajar dari rumah itu boleh dibilang enggak asyik banget. Tapi setelah setahun lebih beradaptasi dengan kelas online, sejujurnya kita juga butuh suntikan semangat pergi sekolah lagi nggak, sih?

It's okay, Sobat. Semua orang membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan segala hal yang serba baru, termasuk kebiasaan atau rutinitas baru. Itulah sebabnya, punya jadwal kegiatan harian bakal cukup membantu memudahkanmu beradaptasi dengan masa-masa awal masuk sekolah offline pada semester ini.

Misalnya, usahakan untuk tidak tidur terlalu larut bila esok hari Sobat Pintar punya jadwal pembelajaran di sekolah. Setel alarm lebih pagi agar Sobat punya waktu cukup untuk bersiap-siap berangkat ke sekolah. Sekadar tidur yang kurang atau badan yang lelah bisa menurunkan motivasi belajar dan mengurangi semangat sekolah, loh.

 

4. Tentukan Target Belajarmu

motivasi belajar
Photo by Bonnie Kittle on Unsplash

Pada umumnya kita cenderung santuy bila tak ada target yang dikejar. Artinya, punya target bisa menjadi cara agar semangat sekolah, Sobat. Kalau sudah duduk di kelas XII sih, targetnya jelas lah, ya: masuk kuliah. Bagaimana kalau masih belum dikejar ujian masuk kuliah? Ingat, masih ada SNMPTN, Sobat. Seleksinya mungkin masih dua tahun lagi, tapi nilai rapormu di semester sekarang inilah yang bakal punya andil.

Atau, barangkali Sobat Pintar punya target belajar pribadi? Boleh banget, tuh! Apapun itu, target yang ditetapkan akan membuatmu lebih semangat pergi sekolah.

 

5. Enjoy Your Time

semangat belajar
Photo by Deleece Cook on Unsplash

Masih ingat kan, bagaimana kita tiba-tiba harus belajar dari rumah? Masih ingat kan, gimana enggak asyiknya belajar sendirian dari rumah? Dari pengalaman itu, kita memetik pelajaran bahwa ternyata ada masa-masa suram yang harus dilalui, yang tak peduli apakah kita suka atau tidak. Nah, mumpung sekarang kita punya kesempatan untuk masuk sekolah offline, kenapa nggak kita manfaatkan saja waktu ini sebaik-baiknya, Sobat?

Gunakan sesi tatap muka dengan guru untuk semangat belajar dengan sungguh-sungguh. Be kind to our friends. Somehow, kita enggak pernah pernah tahu bilamana kesempatan ini "dirampas" lagi dari kita. So, enjoy your time studying, Sobat!

70

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet