PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

website-baru-navbar Portlet

Blog

photo via www.australiangraduate.com

Sepintas Kilas tentang Kuliah Agribisnis

Jurusan Agribisnis

Bila punya minat serius pada Biologi dan Ekonomi, mungkin kamu sempat galau mau kuliah yang lebih fokus ke IPA atau IPS. Tapi ada Agribisnis lho, yang dapat mengakomodasi kedua minatmu tersebut. Mau tau kan, kaya apa sih, jurusan yang menggabungkan sisi sains dan bisnis ini?

 

Sosial Ekonomi Pertanian, Jurusan yang Tak Semata-Mata tentang Penelitian

Mahasiswa Agribisnis akan menghabiskan banyak waktu di laboratorium. Banyak pula alumninya yang bekerja di LIPI sebagai peneliti, tapi bukan berarti kamu hanya belajar tentang Biologi Umum atau Kimia Umum.

Jurusan ini dikenal juga dengan nama aliasnya, Sosial Ekonomi Pertanian, karena turut mempersiapkanmu untuk menjadi pengusaha. Mulai dari Ekonomi Umum, Pembiayaan Agribisnis, Pemasaran Produk Agribisnis, Manajemen Usaha Tani, Sosial Ekonomi Pedesaan, Ekonomi Pertanian dan SDA, Dinamika Pasar Agribisnis, Negoisasi dan Advokasi Bisnis, hingga Koperasi dan Usaha Pertanian, seluruhnya dirancang agar mahasiswa Agribisnis punya kompetensi yang memadai untuk memulai usaha dibidang pertanian setelah lulus kuliah nantinya.

 

Jurusan yang Cocok buat Anak IPA, Sarat dengan Muatan Saintek

Berdasar pada bidang Biologi, Agribisnis memang menjadi pilihan jurusan kuliah pada ranah IPA. Selain belajar tentang ekonomi dan bisnis, mahasiswa Agribisnis juga belajar Dasar Hortikultura, Pertanian Berkelanjutan, Agroklimatologi, Perencanaan Program Pangan dan Gizi, serta Ilmu Tanaman Pangan. Bukankah bisnis dibidang pertanian menyangkut produk-produk dengan sifat biologis yang rentan rusak? Itulah sebabnya, pengetahuan Saintek juga wajib dikuasai.

Menariknya, Agribisnis di Institut Pertanian Bogor berada di Fakultas Ekonomi, bukan Fakultas Pertanian. Namun tetap saja, kalau kamu ingin memperbesar peluang masuk di Agribisnis, sebaiknya persiapkan diri sebaik mungkin melalui jalur IPA.

 

Prospek yang Senantiasa Terbuka, Baik Wirausaha maupun Pegawai

Setuju kan, kalau kita butuh makan supaya tetap hidup? Maka bisnis dibidang makanan dan suplai makanan akan tetap dibutuhkan karena konsumennya akan tetap ada. Itulah sebabnya, Agribisnis punya prospek masa depan yang bagus walaupun sebenarnya prospek itu sendiri sangat ditentukan oleh kemampuan kita mengeksplor diri.

Tapi jika kamu punya kesempatan untuk bekerja di LIPI, sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, kenapa tidak? Menjadi peneliti tanah dan pertanian atau pengajar ilmu agrikultural juga sama baiknya.

 

Yang pasti, berkecimpung dibidang pertanian dan bisnis sekaligus akan membuatmu menjadi orang yang produktif. Siapa tahu, mungkin kelak kamu akan menciptakan produk makanan baru atau menemukan cara distribusi produk pertanian yang lebih efisien.

Lebih masukan Blog

Tips dan Trik agar Tidur Cukup – Bagaimana Caranya?

Berapa lama rata-rata waktu yang kamu butuhkan untuk terlelap tidur dimalam hari? Tak sampai...

Dunia Belum Berakhir: Saat Terlanjur Kuliah Dijurusan yang Terasa Salah

Oke, kamu sudah salah jurusan – that's a fact . Another fact is ... kuliah udah mau kelar...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru