redesain-navbar Portlet

Blog

photo via www.unitedsportsusa.com

Sering 'Lupa' Makan? Awas, Ini 6 Dampak Buruknya

Gaya Hidup Pelajar dan Mahasiswa

Siapa yang suka skip sarapan, nih? Atau lebih parah lagi, nggak inget lagi apa aja yang udah di­-skip? Melewatkan sarapan, makan siang, ataupun makan malam bukan kebiasaan yang baik, lho. Nggak percaya? Coba lihat efek buruknya saat kamu makan tak teratur berikut ini.

 

1. Lola, Bete, Salfok

Pernah ditegur gegara nggak fokus? Kalau menuruti iklan sih, minum air mineral. Tapi sebenarnya, barangkali kamu telat makan. Yup, coba diingat lagi, kapan terakhir kali kamu makan? Tanpa asupan karbohidrat yang cukup, gula dalam darahmu (glukosa) bisa terlalu rendah yang mengakibatkan kamu jadi nggak fokus. Asal kamu tahu, glukosa adalah bahan bakar utama otak.

Dengan kata lain, saat kamu makan karbohidrat kompleks yang dicerna lambat, seperti sayuran, buah, maupun biji-bijian, maka otakmu mendapat suplai bahan bakar yang tak putus-putus sehingga dapat berfungsi dan bekerja sebagaimana mestinya. Sebaliknya, saat tak ada glukosa yang menggenjotnya bekerja, otak jadi lamban, kamu jadi mudah marah dan sulit konsen.

 

2. Gemetar dan Keringat Dingin

Pernah berkeringat dingin dan gemetaran? Eitts, bukan karena makhluk astral, ya. Bisa jadi, penyebabnya hanya karena kamu telat makan. Coba diingat-ingat lagi, bukankah sebelum gemetaran dan berkeringat dingin, kamu merasa lapar? Pingin makan? Nah, karena kamu mengabaikannya, jadi deh berikutnya kamu gemetaran – iya, saking laparnya!

 

3. Idaman: Donat dan Cake

Suka yang manis-manis? Hmm... kita lagi ngebahas makanan ya, bukan orang!

Jadi, saat kamu mengabaikan rasa lapar, makanan-makanan bercitarasa manis biasanya akan muncul dalam benak. Kayanya enak gitu, kalau makan donat atau cake yang manis dengan topping yang lebih manis lagi.

Kenapa manis? Karena badanmu berusaha untuk meningkatkan kadar gula darahnya. Masalahnya, camilan manis yang cepat dicerna akan menaikkan gula darah secara signifikan, namun kemudian turun drastis. Trus, kamu lapar lagi, deh. Makan lagi? Itulah salah satu sebab timbulnya masalah berat badan berlebih.

 

4. Hayati Lelah, Bang

Baru satu kali lari keliling lapangan basket, udah loyo? Mungkin masalahnya cuma karena kamu kurang makan. Iya sepele, tapi makanan itulah yang membangun ototmu, menguatkan tulangmu, membangun sistem kekebalan tubuhmu, dan lain sebagainya. Pada gilirannya, kamu punya cukup kekuatan fisik untuk beraktivitas.

Rasa lelah dan lemas juga bisa datang karena metabolisme badan yang melambat. Badan kita cerdas lho, karenadapat menyesuaikan dengan kebiasaan kita – dalam hal ini adalah terlambat memperoleh asupan makanan.

 

5. Gangguan Pencernaan

Sistem pencernaan badan kita ibarat sebuah mesin yang bekerja secara teratur selama 24 jam. Saat semestinya ada makanan yang dicerna, tapi ternyata tak ada karena kamu nggak makan, 'mesin' pencernaan ini nggak bisa dimatikan, lho. Bayangkan saja sebuah mesin penggiling yang terus menggiling tanpa material yang digiling. Apa jadinya? Kalau tentang sistem pencernaan kita, paling ringan sih, jadinya sakit perut – bisa berupa refluks asam lambung, iritasi usus, infeksi lambung, tukak lambung, atau sekedar kembung dan nyeri.

 

6. Ketidakseimbangan Hormon

Salah satu sebab kamu jadi uring-uringan, bete, bahkan mengalami kenaikan berat badan padahal sehari cuma makan sekali adalah peningkatan hormon kortisol. Hormon ini muncul sebagai reaksi alami badan saat kita merasa stres. Memang tak selalu jahat, tapi kortisol yang terlalu tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Merasa masih muda dan nggak mungkin kena stroke? Ehm... yakin?

Lagipula, selain masalah jantung, stres juga dapat memicu kram perut, sakit kepala, kecemasan, dan lain-lain. Mungkin memang tak terlalu mencolok dan muncul seketika, tapi dampak kebiasaan buruk makan tidak teratur tuh memang ada dan nyata. So, masih suka makan sesempatnya?

Lebih masukan Blog

Mengagumkan: 8 Karya Inovasi Mahasiswa Politeknik Caltex Riau

Senada dengan penetapan Menristek pada tahun 2015, Politeknik Caltex Riau (PCR) menjadi salah...

Sering Sakit Kepala? Jangan Tunggu Parah

Coba tebak, apa salah satu hal paling menyebalkan yang dapat terjadi secara mendadak tanpa...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Logo Aku Pintar

Daftar Beasiswa Kuliah di Aplikasi Aku Pintar

Buka