PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

website-baru-navbar Portlet

Blog

Mengatasi Pilek, photo credit Pexels/Tookapic

Siap Ujian: 5 Langkah Mengatasi Pilek

Kesehatan sangat penting untuk melalui masa ujian.

Pergantian musim dan cuaca yang tak menentu dapat mempengaruhi kesehatan kita. Bukan hanya Sobat kok, yang pilek sampai batuk disaat keadaan lingkungan kurang mendukung. Lebih berabe lagi kalau pilek datang bersamaan dengan masa-masa ujian.

Selain mengganggu, pilek acapkali ditemani dengan rasa berat dan pening pada kepala – inilah yang lebih berpengaruh pada konsentrasi Sobat Pintar. Jadi, bagaimana cara mengatasi pilek agar Sobat Pintar dapat belajar dan mengerjakan ujian tanpa kendala?

 

1. Dengan Menggunakan Waktu Istirahat Sebaik-Baiknya

Sebenarnya badan kita dapat menyembuhkan dirinya sendiri dari pilek. Syaratnya, Sobat Pintar harus cukup beristirahat (tidur) – bahkan, mungkin lebih dari delapan jam sehari pada awal gejala pilek mulai terasa.

Sebagian orang cenderung merasa letih, kurang tidur, dan mengantuk meskipun jam tidur sudah cukup dan tak melakukan aktivitas fisik berlebih pada masa awal tersebut. Sebenarnya itulah cara badan memberitahu apa yang sedang dibutuhkan – memang hanya istirahat yang cukup.

 

2. Dengan Menjaga Hidrasi, Banyak Minum Air Putih

Tapi kalau harus berlomba dengan tugas dan belajar, tidur cukup rasanya seperti kemewahan tak terbeli ya, Sobat. Jangan khawatir. Masih ada cara lain untuk menopang sistem imun tubuh bekerja, yaitu dengan banyak-banyak minum air putih.

Again, ada saja orang yang cukup sensitif dan cenderung merasa haus sepanjang waktu sebelum pilek benar-benar datang. Coba perhatikan bila Sobat juga merasa demikian.

Dan bila pilek tetap datang tak terhindarkan, ekstra asupan cairan tetap saja bermanfaat. Misalnya, minuman lemon atau teh herbal hangat dapat membantu meringankan hidung yang tersumbat dan mengurangi lendir di tenggorokan.

 

3. Dengan Berkumur Menggunakan Larutan Air Garam

Salah satu gejala pilek adalah sakit tenggorokan, sebagaimana disebutkan pada laman Hello Sehat. Meskipun dapat menghilang dalam satu atau dua hari, sakit tenggorokan ini tetap saja terasa cukup mengganggu.

Untuk mengatasinya, Mayo Clinic menyarankan berkumur dengan air garam. Caranya, Sobat larutkan ¼ atau ½ sendok teh garam kedalam segelas air hangat. Larutan ini juga dapat menenangkan tenggorokan gatal penyebab batuk.

 

4. Dengan Menghirup Uap Panas Minyak Kayu Putih

Hidung tersumbat saat pilek dapat memperparah pening pada kepala. Lagipula, jengkel rasanya ketika harus menunduk untuk menulis atau membaca dan hidung jadi buntu. Ingin mengatasinya, Sobat?

Siapkan air panas di dalam wadah, kemudian teteskan minyak kayu putih kedalamnya. Hirup uap yang keluar untuk meredakan hidung yang tersumbat maupun lendir di tenggorokan. Boleh juga Sobat gunakan handuk diatas kepala dan menutup wadah tersebut agar semakin banyak konsentrasi uap yang terhirup.

 

5. Dengan Minum Obat Pereda Gejala Pilek

Cara terakhir mengatasi pilek adalah dengan minum obat untuk mengurangi gejalanya – bagian terakhir ini perlu digarisbawahi, Sobat. Medical Manager Bayer Consumer Care, Tina Suksmasari, dikutip dari CNN Indonesia menyebutkan bahwa tak ada obat untuk pilek. Fungsi obat-obatan tersebut adalah untuk mengurangi gejalanya saja.

Dokter spesialis okupasi, Nusye E. Zamsiar, pada laman yang sama menyampaikan bahwa obat-obatan pilek yang dijual bebas dapat membantu bila belum terjadi radang. Jika Sobat Pintar memilih obat untuk mengatasi pilek, segera minum ketika tenggorokan sudah terasa sakit untuk menelan.

Yang perlu dicatat dari obat pilek yang dijual bebas adalah jangan meminumnya bersamaan dengan obat herbal karena keduanya takkan bekerja maksimal. Dan bila telah mengikuti anjuran dosis namun pilek tetap terasa berat selama tiga hari berturut-turut, sebaiknya Sobat Pintar segera menemui dokter.

 

Pilek memang tampak sepele meskipun gejalanya bisa cukup mengganggu, bahkan dapat menghentikan aktivitas rutin sehari-hari. Dan sebenarnya memang pilek bukan penyakit yang berat kok, Sobat. Apalagi, bila Sobat Pintar dapat menjaga kondisi badan dengan memperhatikan asupan makanan, istirahat yang cukup, dan olahraga teratur.

Saat kondisi badan terjaga, virus yang datangpun dapat ditangkal. Bagi orang-orang yang cukup sehat dan bugar, pilek dapat diatasi hanya dengan menambah sedikit waktu istirahat. Now, how good is your immune system to fight against viruses?

Lebih masukan Blog

Ingin Kerja tanpa Stres? Lihat ­9 Profesi Ini

Sudah pernah terlintas pekerjaan apa yang akan dilakukan nanti, Sobat? Being adult means you...

Simak UI 2019

As we all know it, there're several types of university admission . Universitas Indonesia...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru