PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

website-baru-navbar Portlet

Blog

photo via Bayou Technologies

Sistem Informatika atau Teknik Informatika? Ini 4 Inti Perbedaannya

Cari Tahu Jurusanmu

Sistem Informatika dan Teknik Informatika adalah dua jurusan yang cukup favorit saat ini. Tapi apa kalian tahu apa perbedaan keduanya? Jangan sampai maunya kuliah di Jurusan Teknik Informatika, ternyata malah nyasar ke Jurusan Sistem Informatika – atau sebaliknya. Mari lihat bedanya sebelum kamu memilih.

 

1. Nama-Nama Lain

Jurusan Teknik Informatika dikenal juga sebagai Ilmu Komputasi, Ilmu Komputer, Matematika Komputasi, atau lainnya. Dalam sistem pendidikan Barat, Teknik Informatika lebih dikenal sebagai Computer Science.

Jurusan Sistem Informatika dikenal juga sebagai Sistem Informasi Manajeman, Manajemen Informatika, Manajemen Sistem Informasi, atau Manajemen Informasi. Informastion System adalah nama lain Sistem Informatika dalam Bahasa Inggris.

 

2. Ilmu yang Dipelajari

Di Jurusan Teknik Informatika, kamu akan belajar tentang, merancang, dan mengembangkan transformasi fakta berlambang, baik berupa informasi maupun data, pada mesin dengan basis algoritma komputasi. Kamu akan belajar tentang Computer Vision, Sistem Cerdas, Robotika, dan berbagai hal lain yang terkait dengan komputer dimasa depan. Kamu tak cukup kenal dengan Artificial Intelligence maupun Intelligent Software, tapi juga perlu tahu tentang elektronika dan mekanika. Dengan kata lain, cakupan ilmu yang akan kamu pelajari dijurusan ini cukup luas, mulai keilmuan algoritmis dan teoretis, sampai ilmu terapan pada Intelligent Sistem Cerdas dan Robotika.

Di Jurusan Sistem Informatika, kamu akan belajar tentang bagaimana caranya membangun dan menerapkan Teknologi Informasi dalam dunia bisnis sehingga tujuannya tercapai. Berbekal ilmumu, kamu akan merancang, mengembangkan, dan menerapkan sistem informasi organisasi – institusi, perusahaan, atau korporasi. Dengan kata lain, kamu akan dilatih untuk mengintegrasikan proses bisnis dengan Teknologi Informasi sebagai solusi, atau bagaimana menggunakan sumber daya informasi demi menunjang produktivitas organisasi. Kamu akan belajar bagaimana informasi diciptakan, diproses, dan kemudian didistribusikan pada seluruh pemangku kepentingan dalam organisasi (manajemen Teknologi Informasi).

 

3. Perkuliahan dan Kurikulum

Selama kuliah, kurikulum Teknik Informatika akan mengharuskanmu bertemu dengan ilmu pengetahuan yang sarat akan logika matematika, algoritma, dan komputasi. Penerapan ilmu pengetahuan ini akan berupa pengembangan program komputer.

Kurikulum Sistem Informatika akan mengarahkanmu untuk memahami bagaimana pentingnya Teknologi Informasi bagi bisnis. Dalam perkuliahanmu, kamu akan dilatih untuk memastikan agar Sistem Informasi dan Teknologi yang dimiliki dapat membuat perusahaan unggul dalam persaingan bisnisnya.

 

4. Kenapa dan Kemana

Jurusan Teknik Informatika didirikan untuk menghasilkan tenaga-tenaga muda seperti dirimu yang profesional dan terampil pada bidang Teknologi Informasi. Jurusan Teknik Informatika bertujuan pada pengembangan perangkat lunak berkualitas hingga pemutakhiran aplikasi yang berbasis pada Artificial Intelligence, Robotika, keamanan informasi dan jaringan, pengelolaan informasi multimedia, dan pengolahan data. Oleh karenanya, kamu akan bertemu dengan pemrograman, arsitektur komputer, perancangan dan analisis algoritma, jaringan komputer, sistem operasi, Sistem Cerdas, teori komputasi, analisis numerik, rekayasa perangkat lunak, dan sebagainya selama dan setelah kuliah di Jurusan Teknik Informatika.

Jurusan Sistem Informatika memiliki tujuan yang sama, namun pada bidang pengembangan, pengelolaan, dan pemanfaatan Teknologi Informasi atau Sistem Informasi dalam organisasi. Dalam dunia Sistem Informatika, kamu akan bertemu dengan administrasi bisnis, sistem informasi, prinsip manajemen, sistem perusahaan, sistem informasi keuangan dan akuntansi, serta pemrograman dan arsitektur aplikasi perusahaan.

 

Nah, udah tahu bedanya antara Teknik Informatika dan Sistem Informatika? Jadi jurusan mana yang menarik minatmu, yang sesuai dengan kemampuan dan bakatmu? Tak kalah pentingnya, bidang mana yang sekiranya sanggup kamu geluti seumur hidupmu?

Lebih masukan Blog

6 Tips Mengatasi Rasa Bosan di Kelas

Sebagai seorang pelajar atau mahasiswa, wajar saja adakalanya rasa bosan muncul. Apalagi,...

Kerja Apa Setelah Kuliah Psikologi? Lihat Ragam 5 Profesi Berikut Ini

Kamu tertarik kuliah atau sedang kuliah di Psikologi? Secara umum, ilmu Psikologi mencakup...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru