redesain-navbar Portlet

null

Blog

SKS dan KRS: Apa Bedanya? Kenali Yuk, Sebelum Kuliah

Meskipun berbeda, SKS dan KRS punya makna yang tak terpisahkan bagi mahasiswa.

SKS dan KRS, photo by Andrea Piacquadio on Pexels

SKS adalah Satuan Kredit Semester, sedangkan KRS adalah Kartu Rencana Studi. Nah, udah kenal atau perah denger tentang keduanya, Sobat Pintar?

Sebagian kita barangkali baru mengetahui kepanjangannya saja. Padahal masih banyak loh, yang kita perlu tau – apalagi kalau udah bakal masuk kuliah aja mulai semester depan, nih! Then, are you interested to find out, Sobat? Kepoin kuy, apa itu SKS dan KRS?

 

Pengertian KRS

©www.slideshare.net

Okay, kita udah tau kepanjangan KRS (Kartu Rencana Studi). Tapi sebenarnya apa itu KRS? KRS adalah daftar mata kuliah yang akan diikuti atau diambil oleh mahasiswa dalam satu semester ke depan. Sebagai mahasiswa, kita membutuhkan KRS ini di awal setiap semester selama kuliah.

Sesuai namanya, KRS adalah rencana kuliah kita selama satu semester. Boleh dibilang, arti KRS dalam perkuliahan adalah sebagai blue print apa saja yang akan kita pelajari selama satu semester. Karena itulah, KRS biasanya mencantumkan nama dan nomor induk mahasiswa, angkatan, jurusan, fakultas, serta mata kuliah dan SKS-nya masing-masing.

Apa saja mata kuliah yang dipilih atau diambil? Jawabannya akan sangat tergantung pada ketentuan kampus atau jurusan masing-masing. Sebagian kampus dan jurusan sudah menentukan apa saja mata kuliah yang wajib dicantumkan di KRS. Namun pada umumnya, daftar mata kuliah yang ada di KRS adalah kombinasi antara mata kuliah wajib dan pilihan.

Sama seperti kita punya Wali Kelas di sekolah, mahasiswa juga punya Dosen Wali atau Pembimbing Akademik. Untuk memastikan apa saja mata kuliah yang harus tercantum di KRS, kita bisa berkonsultasi dengan Dosen Wali/Pembimbing Akademik tersebut.

Selain ketentuan, nama KRS itu sendiri berbeda di tiap kampus. Nama-nama lain KRS adalah IRS (Isian Rencana Studi), FRS (Formulir Rencana Studi), atau KPSM (Kartu Perencanaan Studi Mahasiswa). Meskipun berbeda, peran dan fungsi KRS tetap sama yaitu sebagai rencana studi mahasiswa dalam satu semester.

Disamping itu, KRS yang dimiliki oleh mahasiswa menunjukkan bahwa ia masih aktif kuliah dan menjalani studinya. Jadi, jangan sampai lupa mengurus KRS di awal semester setelah masuk kuliah nanti ya, Sobat Pintar!

 

Pengertian SKS

Photo by Lum3n on Pexels

As it's mentioned earlier, KRS memuat daftar mata kuliah dalam satu semester beserta SKS-nya masing-masing. Nah, apa itu SKS? Again, kita sudah tahu kepanjangan SKS (Satuan Kredit Semester). Tapi kita masih perlu tahu arti SKS dalam perkuliahan.

SKS adalah beban studi atau bobot tiap-tiap mata kuliah. Misalnya, mata kuliah A terdiri dari 4 SKS, sedangkan mata kuliah B memiliki 2 SKS. Lantas, bagaimana arti SKS dalam perkuliahan sebenarnya?

Jika di sekolah kita belajar, misalnya, Matematika dua kali dalam sepekan, begitu juga saat kuliah, Sobat. Sebagai contoh, untuk mata kuliah A yang terdiri dari 4 SKS, kita diharuskan belajar bersama dosen dengan jadwal dua kali pertemuan dalam sepekan ditambah belajar mandiri maupun kegiatan-kegiatan lain sesuai otoritas dosen pengampu.

Kecenderungannya semakin besar bobot SKS, semakin berat juga beban kuliahnya. Misalnya, skripsi mahasiswa biasanya memiliki bobot 6 SKS. Nggak asing lagi dengan keluh kesah kakak-kakak yang sedang berjuang menyelesaikan skripsinya, kan? Iya, 6 SKS skripsi cenderung terasa lebih berat dibandingkan dua atau tiga mata kuliah berjumlah total 6 SKS dalam satu semester.

Kemudian, berapa banyak SKS yang harus kita tuntaskan dari awal hingga lulus kuliah? Mahasiswa S1 harus menuntaskan sekitar 144 – 160 SKS dalam delapan semester, sedangkan mahasiswa D3 memiliki beban 110 – 120 SKS dalam enam semester.

 

KRS dan SKS saat Kuliah

Photo by Andrea Piacquadio on Pixels

At this point, kita udah tau lebih banyak tentang KRS dan SKS kan, Sobat? Meskipun kependekan keduanya mirip banget, kepanjangan SKS dan kepanjangan KRS berbeda. Yang satu adalah Satuan Kredit Semester, sedangkan yang lain adalah Kartu Rencana Studi.

Bahkan, arti KRS dalam perkuliahan pun berbeda dari arti SKS dalam perkuliahan. Walau begitu, keduanya tak bisa dipisahkan – justru saling terkait satu sama lain. Pendeknya, SKS adalah beban studi kita selama satu semester yang tercantum dalam KRS.

Nah, nggak bingung lagi tentang perbedaan KRS dan SKS, kan? Kenalin keduanya ya, Soba Pintar, biar nanti kalau ketemu langsung akrab, deh!

130

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

popular-post-web Portlet

metablog-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp