redesain-navbar Portlet

null

Blog

RECOUNT TEXT: Pengertian, Struktur, dan CONTOH SOAL Bahasa Inggris

Cerita yang kita tuliskan dalam Recount Text gak melulu tentang hal personal, bisa juga sesuai jiwa imajinatif kita!

Recount Text adalah salah satu jenis teks yang berisi cerita pengalaman kita di masa lampau. Tujuan Recount Text biasanya untuk menceritakan kembali dan memberikan informasi serta menghibur pembaca.

Yuk Sobat, kita belajar Recount Text bersama! Kita bisa mulai dengan mengetahui apa sih pengertian Recount Text hingga contoh soal bahasa Inggrisnya juga.

 

Pengertian dan Ciri-ciri Recount Text

Photo by Zen Chung on Pexels

Apa yang dimaksud dengan recount text? Nah, sesuai yang kakak sebutkan di awal nih, Recount Text adalah salah satu jenis teks yang berisi cerita pengalaman kita di masa lampau. Pengertian itu bisa kita ketahui dari namanya saja, yaitu Recount yang bermakna ‘menceritakan kembali’.

Karena cerita-cerita yang dituliskan adalah hal yang terjadi di masa lampau, tenses (bentuk waktu) yang kita gunakan adalah Simple Past Tense. Selain itu, terdapat pula penggunaan adverbial phrase atau bisa kita sebut sebagai ‘keterangan tempat dan waktu.’ Iya dong ya, kita pasti butuh menjelaskan di mana dan kapan pengalaman itu terjadi.

Untuk beberapa case, saat menulis sebuah Recount Text kita terkadang butuh menggunakan connective adverbs, contohnya seperti first, next, then, last, finally, dan lain sebagainya, untuk menunjukkan runtutan kejadian yang kita ceritakan.

 

Macam-macam Recount Text

Photo by Rachel Coyne on UnsplashPhoto by Rachel Coyne on Unsplash

Recount Text terdapat beberapa macam, Sobat, seperti:

Factual Recount

Recount Text yang pertama ini menceritakan hal-hal fakta seperti laporan ilmu pengetahuan, laporan kepolisian, atau kejadian nyata dalam sejarah.

Personal Recount

Recount Text yang ini pasti sudah familiar bagi Sobat Pintar. Personal Recount adalah teks yang berisi pengalaman pribadi kita. Contoh Recount Text singkat yang dapat kita jumpai sehari-hari, yaitu note yang bertuliskan tentang kejadian yang kita alami hari ini atau tweet yang berisi curhatan kita. Itu semua bisa dirangkai menjadi sebuah Recount Text, Sobat.

Imaginative Recount

Recount Text yang ketiga ini cocok sekali untuk kita yang daya imajinasinya tinggi karena berisi pengalaman imajinatif. Contoh teksnya seperti apa ya? Misalnya nih, kita bercerita tentang pengalaman kita menonton dan menikmati konser satu grup Kpop favorit dalam mimpi. Siapa nih yang suka halu gini?

 

Struktur Recount Text

Photo by Negative Space on Pexels

Kita lanjut yuk! Kalau membahas sebuah struktur teks, berarti kita memahami tentang kerangka atau runtutan dalam menyusun sebuah teks. Berikut terdapat 3 struktur pada Recount Text.

Orientation

Di bagian awal, kita perlu menuliskan tokoh atau karakter, lokasi, dan juga waktu terjadinya. Di bagian ini, kita memperkenalkan dan memberikan informasi pada pembaca agar memahami keseluruhan cerita yang kita tulis.

Contohnya: Roy Trenton used to drive a taxi. A short while ago, however, he became a bus driver.
Dari contoh tersebut kita dapat mengetahui, “Oh yang dibahas adalah cerita tentang Roy Trenton sebagai sopir bus.” Lalu muncul pertanyaan nih, apa ya yang terjadi?

Events

Untuk menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan kejadian apa yang akan diceritakan, kita mulai masuk ke bagian kedua, yaitu events. Di bagian ini, kita menceritakan sesuatu yang terjadi di masa lampau sesuai rangkaian kejadian/peristiwa. Untuk menandakan rangkaian peristiwa, kita bisa menggunakan on the first day, when, on the next day, on our last day, in Sunday morning, dan sebagainya.

Re-orientation

Nah Sobat, bagian ini bisa dibilang kesimpulan atau ending-nya dari pengalaman yang diceritakan. Kita juga bisa menambahkan kesan akan cerita yang dituliskan, misalnya apakah itu pengalaman yang menyenangkan atau tidak.
Contohnya: Shortly afterwards, the police stopped the car and both men were arrested.
Dari kalimat tersebut kita bisa memahami bahwa polisi akhirnya bisa menangkap laki-laki itu.

 

Contoh Soal Recount Text

Read the text and answer the following question!

Roy Trenton used to drive a taxi. A short while ago, however, he became a bus driver.
When he was driving along Catford Street recently, he saw two thieves rush out of a shop and run towards a waiting car. One of them was carrying a bag full of money. Roy acted quickly and drove the bus straight at the thieves. The one with the money got such a fright that he dropped the bag.
As the thieves were trying to get away in their car, Roy drove his bus into the back of it. While the damaged car was moving away, Roy stopped his bus and telephoned the police. The thieves’ car was badly damaged and easy to recognize.
Shortly afterwards, the police stopped the car and both men were arrested.
Adapted from: Practice and Progress. L.G. Alexander (Longman)

Pertanyaan: Apa yang dilakukan Roy ketika mobil yang rusak parah itu pergi?
Dalam teks tertulis “While the damaged car was moving away, Roy stopped his bus and telephoned the police.” Yang menunjukkan bahwa Roy menghentikan bisnya lalu menghubungi polisi. Sehingga opsi jawaban yang paling tepat adalah He reached the police station.

What did Roy do when the battered car went away?
A. He drove back to Catford Street.
B. He went to the police station.
C. He chased the thieves.
D. He reached the police station.
E. He arrested the thieves by himself.

Pembahasan:

Pertanyaan: Apa yang dilakukan Roy ketika mobil yang rusak parah itu pergi?
Dalam teks tertulis “While the damaged car was moving away, Roy stopped his bus and telephoned the police.” Yang menunjukkan bahwa Roy menghentikan bisnya lalu menghubungi polisi. Sehingga opsi jawaban yang paling tepat adalah He reached the police station.

 

Nah, Sobat, menulis sebuah Recount Text sudah tidak terasa terlalu sulit, bukan?
Kebiasaan kita menulis pengalaman yang dialami juga bisa menghasilkan sebuah teks utuh, terlebih jika kita mulai menuliskannya dalam Bahasa Inggris.

Banyak juga teks lainnya yang bisa kita pelajari dan sangat dibutuhkan lengkap dalam fitur Belajar Pintar. Mengetahui berbagai jenis teks tak hanya kita butuhkan di sekolah, namun bermanfaat juga hingga, misalnya, saat kita harus menulis sebuah esai ketika mendaftar untuk mendapatkan beasiswa.

Sampai bertemu di pembahasan berikutnya, Sobat Pintar!

 

Writer: Qorin Rahmaniyah
Editor: Deni Purbowati

 

2
50

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
text
00
text
00

CssBlog

metablog-web Portlet