redesain-navbar Portlet

null

Blog

5 PTN Ini Menggunakan Nilai UTBK untuk Seleksi Mandiri 2020

Selalu pertimbangkan peluang terbaik untuk lolos seleksi masuk PTN.

Seleksi Mandiri, image via news.nestia.com

Selain SNMPTN dan SBMPTN, masih ada jalur Seleksi Mandiri yang bisa kita tempuh untuk masuk PTN. Hingga kini, sudah ada lima PTN yang menetapkan bahwa Seleksi Mandiri 2020-nya dapat dilakukan dengan menggunakan nilai UTBK.

Kabar baik kan, Sobat? Tentu iya, kalau kita berpikir Seleksi Mandiri identik dengan tes. Kalau bisa menggunakan nilai UTBK, kita tak perlu lagi mengikuti tes tulis ataupun tes berbasis komputer dijalur Seleksi Mandiri. Tapi ternyata nilai UTBK saja tak cukup, Sobat! Masih ada ketentuan lain yang perlu kita perhatikan.

 

1. Institut Teknologi Bandung

Nilai UTBK-mu nanti dapat digunakan untuk mengikuti Seleksi Mandiri 2020 di ITB, Sobat. Tapi selain nilai UTBK, Sobat Pintar perlu menyiapkan nilai rapor. Keduanya merupakan pertimbangan lolos tidaknya Sobat dalam SM ITB pada semua fakultas dan sekolah yang ada di kampus negeri ini.

Masih ada pengecualian disini, Sobat. Khusus bagi Sobat Pintar yang mengikuti seleksi calon mahasiswa baru Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD), bukan hanya nilai UTBK dan nilai rapor yang dibutuhkan. Melainkan, ada tes keterampilan yang harus dilalui.

 

2. Institut Pertanian Bogor

Pada tahun 2020 ini, IPB menawarkan dua cara Seleksi Mandiri yang bisa dipilih oleh para calon mahasiswa baru. Cara pertama adalah dengan mengikuti Ujian Tulis Mandiri Berbasis Komputer (UTM-BK), sedangkan cara kedua adalah dengan menggunakan nilai UTBK.

Perlu dicatat, cara yang kedua hanya dapat dipilih oleh oleh Sobat-Sobat dari kelas IPA. Iya, hanya Sobat Pintar yang memilih UTBK Saintek saja yang dapat menggunakan nilai UTBK untuk Seleksi Mandiri IPB.

 

3. Universitas Gadjah Mada

UGM punya nama unik untuk Seleksi Mandirinya: Utul. Akronim dari Ujian Tulis UGM ini merupakan pelengkap nilai UTBK calon mahasiswa baru. Dengan kata lain, mengikuti ujian Seleksi Mandiri di UGM adalah wajib! Dan nilai UTBK-mu masih diperlukan pula.

Sobat Pintar masuk UGM melalui jalur Seleksi Mandiri? Harus siap dengan dua kali ujian, ya!

 

4. Universitas Negeri Yogyakarta

Ada empat skema Seleksi Mandiri di UNY: (1) Prestasi Akademik, seleksi non-tes berbasis nilai rapor; (2) Prestasi Unggul, seleksi non-tes berbasis prestasi; (3) Computer Based Test, seleksi tes berbasis komputer; dan (4) skor UTBK.

Bila Sobat Pintar memilih seleksi berbasis skor UTBK, pilihan jurusan atau prodi pada Seleksi Mandiri harus berada pada rumpun yang sama dengan kelompok ujian saat UTBK. Pilih jurusan Soshum bila UTBK-mu berada pada rumpun Soshum. Demikian pula, pilih jurusan Saintek bila UTBK-mu berada pada rumpun Saintek.

Khusus untuk jurusan seni dan olahraga, calon mahasiswa baru diharuskan mengunggah portofolio. Nah, siap mengikuti seleksi berbasis skor UTBK di UNY, Sobat?

 

5. Institut Sepuluh Nopember

Bagaimana dengan Seleksi Mandiri di ITS? Harus punya nilai UTBK, Sobat! Selain nilai UTBK, Sobat akan membutuhkan nilai rapor. Portofolio diwajibkan pula bagi peminat Prodi Desain Produk Industri, Desain Komunikasi Visual, dan Desain Interior. Seleksi Mandiri ITS dikenal sebagai Program Kemitraan dan Mandiri (PKM).

Kabar baiknya, ITS mengalokasikan 50% daya tampung setiap prodi untuk jalur Seleksi Mandiri. Dengan kuota sebesar ini, apakah kira-kira peluangmu lolos masuk ITS lebih besar pada jalur Seleksi Mandiri?

 

Boleh jadi kita memilih SNMPTN, SBMPTN dan Seleksi Mandiri sekaligus. Who knows – just to be safe. Tapi bahkan bila Sobat Pintar mantap memilih Seleksi Mandiri saja, mau tak mau harus tetap mengikuti UTBK, ya!

50

Lebih masukan Blog

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp