redesain-navbar Portlet

Blog

STIS (Politeknik Statistika STIS): Menjadi ASN melalui Ikatan Dinas

Melalui tiga pilihan prodinya, Politeknik Statistika STIS menawarkan peluang untuk menjadi ASN.

politeknik statistika, Photo by Timur Saglambilek on Pexels

Politeknik Statistika STIS adalah sekolah atau perguruan tinggi kedinasan yang dikelola oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Statistik sendiri dipahami sebagai data berupa tabel, grafik, atau lainnya yang digunakan di berbagai bidang termasuk bisnis, ekonomi, pemasaran, manufaktur, dan lain-lain.

Sobat Pintar pernah kedatangan tamu petugas Badan Pusat Statistik di rumah? Nah, sensus atau pencatatan yang dilakukan oleh petugas tersebut merupakan sarana pengumpulan data yang kemudian diolah untuk mengetahui jumlah penduduk, angka kemiskinan, dan lain sebagainya. Boleh jadi, salah satu petugas tersebut adalah alumnus Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS). Eh, mau tahu tentang sekolah ilmu statistik di Indonesia ini?

 

Pilihan Jurusan di STIS

jurusan di stis
Photo by Olya Kobruseva on Pexels

Sesuai dengan namanya, Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS), statistika menjadi fokus utama pembelajaran di perguruan tinggi ini. Statistika adalah ilmu tentang bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasikan, kemudian mempresentasikan data. Telah disebutkan di atas, data yang dimaksud bisa berupa tabel, grafik, atau yang lain. Oleh karena itu, perkuliahan di STIS sarat dengan statistik, matematika, data, dan komputer.

Ada tiga jurusan di STIS yaitu D3 Statistika, D4 Statistika, dan D4 Komputasi Statistik. Dikutip dari Politeknik Statistika STIS, di bawah ini jurusan di STIS dan penjelasannya.

D3 Statistika

Lulusan prodi STIS ini bergelar Ahli Madya Statistika (A. Md. Stat.). Beban studi D3 Statistika STIS adalah 111 SKS, terdiri dari 42 mata kuliah yang meliputi kuliah teori dan praktikum, praktik kerja lapangan, ujian komprehensif, dan tugas akhir. Pada akhir semester I dan II berlaku sistem drop out (DO). Mahasiswa yang tidak mencapai nilai minimum yang ditetapkan akan dikeluarkan dari Politeknik Statistika STIS.

D4 Statistika

Lulusan prodi STIS ini bergelar Sarjana Terapan Statistika (S. Tr. Stat.). Untuk menjadi ahli statistika terapan dari D4 Statistika, Sobat Pintar harus menuntaskan 145 SKS dengan komposisi 40% teori dan 60% praktikum. Jika gagal mencapai nilai minimum di tahun pertama, mahasiswa yang bersangkutan akan dinyatakan drop out (DO).

D4 Komputasi Statistik

Lulusan prodi STIS ini bergelar Sarjana Terapan Statistika (S. Tr. Stat.). Mahasiswa D4 Komputasi Statistik belajar tentang pemrograman komputer, pengetahuan jaringan, dan pengolahan data dengan mengombinasikan metode statistik dan algoritma data mining. Beban studi di prodi STIS ini paling sedikit adalah 144 SKS. Ketentuan drop out (DO) juga berlaku sama di D4 Komputasi Statistik.

Kampus STIS ada dimana saja? Perkuliahan ketiga prodi STIS di atas diselenggarakan di kampus Politeknik Statistika STIS, di Jl. Otto Iskandardinata No.64C Jakarta.

 

Prospek Ikatan Dinas STIS

prospek kerja stis
Photo by Oleg Magni on Pexels

Ikatan dinas merupakan program pemerintah dalam rangka memenuhi kebutuhan pegawai. Ikatan dinas di Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) memberimu kesempatan untuk kuliah tanpa memusingkan biaya. Seluruh mahasiswa memang dibebaskan sepenuhnya dari biaya kuliah di STIS. Perlu dicatat, sekarang ini tidak ada fasilitas uang saku maupun asrama STIS ya, Sobat Pintar.

Ikatan dinas di Politeknik Statistika STIS juga membebaskanmu dari pertanyaan seperti, "Lulusan STIS kerja dimana?" Para A. Md. Stat. akan menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Badan Pusat Statistik dengan lokasi tugas di seluruh wilayah Indonesia. Sementara itu, para S. Tr. Stat. akan menjadi Aparatur Sipil Negara dengan lokasi tugas di Badan Pusat Statistik atau lembaga/kementerian/instansi lain di seluruh wilayah Indonesia. Kewajiban menjalani ikatan dinas dengan Badan Pusat Statistik adalah selama dua kali masa pendidikan secara berturut-turut.

Prospek kerja STIS tersebut terkait dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2019.  Para A. Md. Stat. akan menjadi ASN pada golongan IIc, sementara S. Tr. Stat. di golongan IIIa. Gaji pokok ASN golongan IIc dalam masa kerja tahun pertama sebesar Rp2.301.800,00 per bulan, sedangkan golongan IIIa sebesar Rp2.579.400,00 per bulan. Angka ini belum termasuk tunjangan kinerja ya, Sobat.

 

Seleksi Masuk Sekolah Ilmu Statistik

biaya kuliah di stis
Photo by cottonbro from Pexels

Tertarik dengan prospek kerja STIS tersebut, Sobat Pintar? Kalau kamu siap dengan komitmen ikatan dinas, dan kamu sekarang duduk di kelas IPA SMA atau Teknik Komputer dan Informatika SMK, maka persiapkan diri mengikuti Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Statistika STIS 2022.

Berkaca pada seleksi tahun 2021, penerimaan mahasiswa baru dibatasi untuk 600 orang saja. Dari 600 kursi tersebut, 140 adalah untuk D3 Statistika. Sedangkan D4 Statistika dan Komputasi Statistik masing-masing menyediakan kuota 250 dan 210 kursi. Setelah mengikuti prosedur pendaftaran di SSCASN, berikutnya kita akan mengikuti pendaftaran online di website Politeknik Statistika STIS. Untuk tahapan ini, pendaftaran terjadwal dari awal hingga akhir April.

Nah, jangan sampai ketinggalan seluruh jadwal dan prosedur pendaftarannya ya, Sobat Pintar. Pantau terus jadwal pendaftaran sekolah atau perguruan tinggi kedinasan 2022 karena Politeknik Statistika STIS pasti akan turut serta di dalamnya.

 

 

 

Sumber:

stis.ac.id

20

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet