redesain-navbar Portlet

Blog

Persiapan IPDN 2022: Ketahui Persyaratan dan Tahapan Pendaftaran

Sebelum pendaftaran IPDN 2022 dibuka, persiapkan dulu untuk melengkapi persyaratannya.

,pendaftaran ipdn 2022, Photo by Romain Dancre on Unsplash

Siapa nih, Sobat Pintar yang sudah bersiap menunggu pendaftaran IPDN 2022? Institut Pemerintahan Dalam Negeri, atau lebih sering kita sebut dengan singkatannya IPDN, adalah salah satu sekolah kedinasan di bawah Kementerian Dalam Negeri. Pendaftaran masuk perguruan tinggi negeri ini dibuka nyaris setiap tahun. Tak heran bila Sobat Pintar sudah menunggu-nunggu informasi pendaftaran IPDN untuk tahun depan.

 

Tentang IPDN

ipdn adalah
Photo by Markus Spiske on Unsplash

Sekilas telah disebutkan di atas tentang apa itu IPDN. Kalau dari kepanjangannya, IPDN adalah singkatan dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri. Disebut sebagai sekolah atau perguruan tinggi kedinasan karena institusi pendidikan ini dikelola oleh instansi pemerintah. Pihak penyelenggara pendidikan juga instansi pemerintah. Untuk IPDN, instansi pemerintah yang dimaksud adalah Kementerian Dalam Negeri. Karena itulah, institusi ini berstatus sebagai perguruan tinggi negeri.

Sebagai sebuah sekolah kedinasan, Institut Pemerintahan Dalam Negeri mendidik dan menyiapkan kader pemerintah di tingkat pusat dan daerah. Ada 10 pilihan jurusan IPDN yang seluruhnya merupakan Program D4. Jurusan-jurusan di IPDN adalah:

1. Fakultas Hukum Tata Kelola Pemerintahan

1. Praktik Kepolisian Tata Pamong

2. Kependudukan dan Catatan Sipil

3. Manajemen Keamanan dan Keselamatan Publik

2. Fakultas Manajemen Pemerintahan

1. Administrasi Pemerintah Daerah

2. Manajemen Sumber Daya Manusia

3. Keuangan Publik

4. Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintah

3. Fakultas Politik Pemerintahan

1. Pembangunan Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat

2. Studi Kebijakan Publik

3. Politik Indonesia Terapan

Apapun jurusan yang Sobat pilih saat mengikuti pendaftaran IPDN 2022 nanti, ada beragam profesi dalam birokrasi pemerintahan yang akan menantimu kelak. Camat adalah salah satunya. Ilmu Pemerintahan yang telah dipelajari selama kuliah di IPDN akan diterapkan dalam berbagai pengambilan keputusan publik saat kamu menjadi Camat ataupun pejabat publik yang lain dalam birokrasi pemerintah.

 

Pendaftaran IPDN 2022

jurusan ipdn
Photo by Vadim Bozhko on Unsplash

IPDN adalah salah satu sekolah kedinasan di Indonesia yang sangat difavoritkan. Tak heran bila pendaftaran IPDN hampir selalu dibanjiri peminat. Oleh karena itu, jangan sampai terlambat mengetahui jadwal pendaftaran IPDN 2022, Sobat Pintar.

Berkaca pada tahun 2021, pendaftaran IPDN mulai dibuka pada tanggal 9 April. Bukan berarti masa pendaftaran IPDN 2022 akan berlangsung sama persis dengan pendaftaran sebelumnya, Sobat. Mengetahui jadwal pendaftaran tahun sebelumnya hanya memberi kita acuan waktu sebagai perkiraan untuk bersiap menyambut pendaftaran IPDN 2022. Jadi, jangan lengah dan terus pantau di website https://spcp.ipdn.ac.id/.

 

Syarat Masuk IPDN

apa itu ipdn
Photo by RODNAE Productions on Pexels

Sambil menunggu pendaftaran IPDN 2022, mari perhatikan apa saja syarat-syarat untuk menjadi Praja IPDN. Persyaratan umum untuk mendaftar menjadi calon Praja IPDN adalah:

1. Warga Negara Indonesia

2. Usia minimal 16 tahun, maksimal 21 tahun

3. Tinggi badan pria minimal 160 cm, wanita minimal 155 cm.

Selain persyaratan umum, ada pula persyaratan khusus yang wajib kamu penuhi. Dikutip dari laman Institut Pemerintahan Dalam Negeri, persyaratan khusus masuk IPDN adalah:

1. Tidak sedang menjalani atau terancam hukuman pidana karena melakukan kejahatan

2. Tidak bertindik atau bekas ditindik telinganya atau anggota badan lainnya bagi peserta pria, kecuali karena ketentuan agama/adat

3. Tidak bertato

4. Tidak menggunakan kacamata/lensa kontak

5. Belum pernah menikah/kawin, bagi pendaftar wanita belum pernah hamil/melahirkan

6. Belum pernah diberhentikan sebagai Praja IPDN dan perguruan tinggi lainnya dengan tidak hormat

7. Apabila dinyatakan lulus dan dikukuhkan sebagai Praja IPDN, maka pendaftar:

- Sanggup tidak menikah/kawin selama mengikuti pendidikan

- Bersedia diangkat menjadi CPNS/PNS dan ditugaskan/ditempatkan diseluruh wilayah Negara Republik Indonesia

- Bersedia ditempatkan pada proses pembelajaran di seluruh kampus IPDN

- Bersedia mentaati segala peraturan yang berlaku di IPDN

- Bersedia diberhentikan sebagai Praja IPDN jika melakukan Pelanggaran Disiplin Praja sebagaimana diatur dalam Pedoman Tata Kehidupan Praja

- Apabila terbukti melakukan pemalsuan identitas/dokumen persyaratan diatas, maka pendaftar dinyatakan gugur.

Jika Sobat Pintar memenuhi persyaratan khusus dan umum di atas, berikutnya persiapkan dokumen-dokumen untuk memenuhi persyaratan administrasinya. Sebagai rujukan, persyaratan administrasi untuk pendaftaran 2021 di IPDN adalah:

1. Berijazah paling rendah Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Madrasah Aliyah (MA) termasuk lulusan Paket C

2. KTP-el bagi peserta yang berusia 17 tahun atau Kartu Keluarga (KK) bagi yang belum memiliki KTP-el

3. Berdomisili minimal satu tahun di provinsi tempat mendaftar secara sah terhitung pada tanggal awal pendaftaran yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga, dan Surat Pindah (bagi yang pindah tempat tinggal) serta dokumen lain yang berhubungan dengan domisili

4. Surat Keterangan Kelas XII SMA/MA yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah atau pejabat yang berwenang dan dicap/distempel basah

5. Surat Keterangan Orang Asli Papua (OAP) khusus bagi peserta OAP yang ditandatangani oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten/Kota masing-masing dan mengetahui Ketua/Anggota Majelis Rakyat Papua (MRP)

6. Pakta Integritas

7. Surat Keterangan Bebas Narkoba yang dikeluarkan oleh Rumah Sakit Bhayangkara Polri/Badan Narkotika Nasional Provinsi/Kabupaten/Kota

8. Surat Keterangan Tidak Buta Warna yang dikeluarkan oleh Rumah Sakit Pemerintah/Swasta

9. Alamat e-mail yang aktif

10. Pasfoto berwarna ukuran foto 4x6 cm dengan menghadap ke depan dan tidak memakai kacamata, serta mengenakan kemeja lengan panjang berwarna putih polos dengan latar belakang merah.

Jangan lupa memastikan lagi persyaratan administrasi untuk pendaftaran IPDN 2022 ya, Sobat Pintar. Boleh jadi bakal ada beberapa perubahan dari persyaratan administrasi 2021 di atas.

 

Tahapan Pendaftaran

institut pemerintahan dalam negeri
Photo by Towfiqu barbhuiya on Unsplash

Setelah memastikan bahwa kamu memenuhi seluruh persyaratan umum, khusus, dan administrasi serta mengetahui jadwal pendaftaran IPDN 2022, segeralah mendaftar. Jika pendaftaran IPDN 2022 akan berlangsung sama seperti tahun sebelumnya, bakal ada banyak peserta yang mendaftar sekolah-sekolah kedinasan lain karena jadwalnya berbarengan. Sebagai antisipasi hal-hal yang tak diinginkan, seperti system atau server down, sebaiknya jangan menunda-nunda mendaftar ya, Sobat.

Pada pendaftaran IPDN sebelumnya, ada 11 tahapan yang harus kamu lalui. Dikutip dari laman Dikdin, tahapan pendaftaran IPDN adalah:

1. Mengakses portal SSCASN di https://sscasn.bkn.go.id

2. Membuat akun SSCN Sekolah Kedinasan dengan NIK yang telah tervalidasi melalui data Dukcapil, kemudian mencetak Kartu Informasi Akun

3. Log in ke SSCN Sekolah Kedinasan dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan

4. Upload swafoto, memilih Sekolah Kedinasan, melengkapi Nilai, upload berkas, melengkapi biodata

5. Mengecek resume dan mencetak Kartu Pendaftaran

6. Verifikator Instansi melakukan verifikasi data atau berkas pelamar yang telah masuk

7. Log in ke SSCN mengecek status kelulusan verifikasi administrasi

8. Apabila lulus verifikasi, akan mendapatkan kode billing pembayaran. Cek informasi pembayaran di Sekolah Kedinasan terkait

9. Mencetak Kartu Ujian di SSCN setelah pembayaran diterima dan dikonfirmasi oleh sistem

10. Mengikuti proses seleksi sesuai dengan ketentuan instansi

11. Informasi status kelulusan pelamar akan diumumkan oleh Panitia Seleksi Sekolah Kedinasan instansi di SSCN.

 

 

 

 

Sumber:

spcp.ipdn.ac.id

dikdin.bkn.go.id

50

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet