CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

STMKG (Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika)

Ketahui apa saja pilihan jurusan dan persyaratan pendaftaran STMKG.

sekolah kedinasan stmkg, Photo by Andrew Beatson on Pexels

Buat kalian yang punya concern tinggi soal perubahan iklim, sekolah kedinasan STMKG mungkin masuk sebagai salah satu alternatif pilihan kampus. Enggak cuma isu-isu lingkungan global yang membuat STMKG menarik, tapi juga prospek yang ditawarkannya. Alumni sekolah dinas BMKG ini diserap oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika. Tertarik dengan prospek kerja Ikatan Dinas ini, Sobat Pintar? Yuk, pelajari dulu prospekmu untuk kuliah kedinasan di Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika.

 

Dari Akademi Menjadi Sekolah Tinggi

jurusan bmkg
Photo by Andres Urena on Unsplash

Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika sebenarnya terbilang masih baru. Bukan baru dalam hal institusi pendidikannya ya, Sobat. Justru sekolah dinas BMKG ini sudah berdiri sejak tahun 1955. Kala itu namanya adalah Akademi Meteorologi dan Geofisika (AMG). Berbagai perubahan terus terjadi hingga pada tahun 2005 Akademi Meteorologi dan Geofisika (AMG) berada di bawah Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG).

Perubahan nama menjadi Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika seperti yang kita kenal sekarang terjadi pada tahun 2014. Selain peresmian nama institusi, Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014 juga mengundangkan bahwa sekolah kedinasan STMKG berada di bawah Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Itulah sebabnya terkadang orang menyebut sekolah kedinasan STMKG sebagai sekolah dinas BMKG.

 

Pilihan Jurusan di Sekolah Dinas BMKG

pendaftaran stmkg 2022
Photo by Charl Folscher on Unsplash

Terus, sekolah kedinasan STMKG punya jurusan apa saja? Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika membuka empat program studi D4. Diproyeksikan untuk berdinas di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika setelah lulus kuliah, taruna/taruni sekolah kedinasan STMKG terbagi ke dalam empat jurusan BMKG.

1. Meteorologi

Taruna/taruni jurusan BMKG ini belajar melakukan pengamatan, penelitian, dan analisis atas berbagai unsur meteorologi. Pada tahun 2021 kuota penerimaan Meteorologi STMKG adalah 31 taruni dan 73 taruna. Lulusan jurusan BMKG ini dapat menempati jabatan fungsional sebagai Pengamat Meteorologi dan Geofisika (PMG) di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).

2. Klimatologi

Taruna/taruni jurusan BMKG ini belajar melakukan pengamatan, penelitian, dan analisis atas berbagai unsur klimatologi. Kuota penerimaan 2021 untuk jurusan Klimatologi STMKG adalah 10 taruni dan 22 taruna. Selain menjadi Pengamat Meteorologi dan Geofisika, alumni jurusan BMKG ini juga memiliki peluang untuk menjadi peneliti dan perekayasa.

3. Geofisika

Alumni jurusan BMKG ini memiliki kualifikasi dan prospek serupa dengan kedua jurusan sebelumnya. Sedikit perbedaan ada pada kuota penerimaannya, yaitu 10 taruni dan 26 taruna, pada tahun 2021.

4. Instrumentasi

Jurusan BMKG ini berfokus pada pelayanan jasa di bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika. Untuk menjadi Aparatur Sipil Negara di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika pada tahun 2021, kuota STMKG adalah 9 taruni dan 84 taruna.

 

Syarat Masuk STMKG

kampus stmkg
Photo by Tara Winstead on Pexels

Dari keempat jurusan di atas, manakah yang akan kamu pilih, Sobat Pintar? Pendaftaran STMKG 2022 memang masih belum dibuka sekarang ini, tetapi tak ada salahnya kalau kita sudah punya jurusan incaran di sekolah dinas BMKG ini. Lagipula, syarat masuk STMKG tak hanya satu-dua. Dari laman Penerimaan Taruna Baru (PTB) sekolah kedinasan STMKG, di bawah ini adalah syarat-syarat untuk mengikuti pendaftaran 2021.

Persyaratan Umum

- Pria/wanita Warga Negara Indonesia

- Tidak buta warna, dapat berkacamata maksimal lensa spheris maksimal minus (-) 4 D, dan lensa silindris maksimal minus (-) 2 D serta bersedia melakukan pengobatan lasik dengan biaya sendiri apabila diterima/lulus seleksi

- Umur tidak kurang dari 15 tahun dan tidak lebih dari 23 tahun pada tahun mendatar

- Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama pendidikan

- Bebas narkoba yang dibuktikan dengan tes kesehatan

- Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain

- Tinggi badan minimal 160 cm untuk pria dan 155 cm untuk wanita dengan berat badan seimbang

- Bersedia bekerja di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika sesuai ketentuan yang berlaku sejak dinyatakan lulus pendidikan, dan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Persyaratan Akademik

- Lulus atau akan lulus SMA/Madrasah Aliyah (MA) semua jurusan

- Lulus atau akan lulus SMK dengan kompetensi keahlian Teknik Elektronika lndustri, Teknik Mekatronika, Teknik Jaringan Akses, Teknik Transmisi Telekomunikasi, Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Komputer dan Jaringan (Lulusan kompetensi keahlian ini dapat mendaftar khusus untuk jurusan lnstrumentasi-MKG saja. Kompetensi keahlian SMK yang lainnya tidak dapat diterima.)

- Jika ijazahnya belum keluar, wajib menggunakan Surat Keterangan Lulus/Akan Lulus/Surat Keterangan Aktif di kelas XII.

Apakah kamu memenuhi syarat masuk STMKG di atas, Sobat Pintar? Kalau kamu memutuskan untuk masuk sekolah kedinasan STMKG, persiapkan diri mengikuti tiga tahap seleksinya:

1. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

2. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) untuk mata pelajaran Fisika, Matematika, dan Bahasa Inggris

3. Tes kebugaran, tes kesehatan, dan wawancara

Ketiga tahapan tes diatas dilaksanakan dengan menggunakan sistem gugur. Jadi, persiapkan diri sebaik-baiknya, ya!

 

Pendaftaran STMKG 2022

syarat masuk stmkg
Photo by Towfiqu barbhuiya on Pexels

Naah, kapan kira-kira pendaftaran STMKG 2022? Berkaca pada tahun sebelumnya, boleh jadi pendaftaran STMKG 2022 akan berlangsung di bulan April lagi. Tapi karena tak satupun dari kita yang saat ini mengetahui dengan pasti kapan pendaftaran berikutnya, tak ada ruginya berhati-hati dan memeriksa pendaftaran masuk sekolah kedinasan sebelum bulan April. Iya nggak, Sobat?

Eits, memeriksa pendaftaran STMKG 2022 dapat dilakukan melalui laman Dikdin atau PTB STMKG. Kamu enggak harus mendatangi kampus STMKG hanya untuk menanyakan jadwal pendaftaran 2022. But just in case, kalau kamu mau tahu di mana lokasi STMKG, kampusnya berada di Kompleks BMKG Jl. Perhubungan I No. 5, Kelurahan Pondok Betung, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten.

 

 

Sumber:

ptb.stmkg.ac.id

10

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
1 Comment
nilai SKD sama SKB minim berapa ya tolong yg tau dijawab
00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog