redesain-navbar Portlet

Blog

Universitas Gadjah Mada, photo via wikimapia.org

Sudah Tahu 6 Fakta tentang UGM Ini?

Kenali UGM sebelum kuliah di sini.

Sebagai universitas tertua di Indonesia, adalah kebanggan tersendiri kalau Sobat Pintar kuliah di UGM. Bahkan, UGM selalu berada dalam tiga besar pada survey perguruan tinggi terbaik di dalam dan luar negeri, seperti QS World University Rankings, 4ICU, maupun BAN-PT.

But how much do you know about the university? Daripada mengenalnya setelah tiba di Yogyakarta, kenapa tak dimulai saja sedari sekarang?

 

1. PTN Favorit diantara PTN-PTN Lain

Namanya memang memiliki reputasi tak terbantahkan, tapi keberadaan UGM di Yogyakarta menjadi daya tarik tersendiri. Ya, provinsi ini terkenal sebagai kota pelajar – terlepas dari kerancuan istilah provinsi dan kotanya.

Jangankan kuliah di UGM, kuliah di Yogyakarta saja sudah menjadi impian bagi sebagian pelajar. Selain itu, entah bagaimana biaya hidup, terutama makanan, mahasiswa di Yogyakarta terbilang lebih murah dibanding kota-kota lain di Indonesia. Bukankah ini pertimbangan penting ketika UKT PTN saling kejar-kejaran?

 

2. Universitas yang Besar

UGM memang besar, dalam makna yang sesungguhnya. Pada awal berdirinya, UGM memiliki enam Fakultas saja, yaitu Fakultas Sastra dan Filsafat, Fakultas Hukum, Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Pertanian, Fakultas Kedokteran, dan Fakultas Teknik.

Saat ini, UGM memiliki lebih dari 50 UKM, 18 fakultas, satu Sekolah Vokasi, dan satu Sekolah Pascasarjana. Tak pelak, jumlah jurusan atau program studinya mencapai 200 lebih. Bingung memilihnya, Sobat? Gunakan Minat Pintar saja, ya!

 

3. Tempat Pengembangan Diri

Banyak tokoh-tokoh bangsa saat ini yang merupakan alumni UGM. Artika Sari Devi, Ibu Retno Marsudi, Bapak Ganjar Pranowo, Bapak Joko Widodo, Bapak Anies Baswedan, bahkan Sri Sultan Hamengkubuwono X adalah alumni UGM. Tak ada celah untuk mencela kualitas akademik UGM, bukan?

Terkenal dengan pemahaman teorinya yang matang, mahasiswa UGM juga dapat mengikuti seminar-seminar maupun diskusi-diskusi tentang berbagai hal di area kampus. Acara-acara tersebut biasanya terbuka untuk umum, bahkan ada juga yang menyediakan makan siang gratis. Tak boleh disia-siakan ya, Sobat!

 

4. Area Kampus yang Sangat Luas

Pada awal-awal berdirinya dulu, kegiatan belajar-mengajar UGM dilakukan di Pagelaran Keraton Yogyakarta. Sekarang, kampus UGM menempati area seluas 183,36 hektar. Pada sisi barat Jalan Kaliurang terdapat gedung-gedung fakultas saintek sedangkan pada sisi timurnya gedung-gedung fakultas soshum.

Sebagai gambaran, untuk mencapai Rektorat, mahasiswa Fakultas Teknik akan sangat bersyukur bila ada bus intra-kampus yang dapat mengangkut dengan gratis. Khususnya bagi mahasiswa rantau, angkutan intra-kampus akan sangat menghemat uang bensin – kecuali bagi mereka yang sanggup jogging demi efisiensi waktu.

 

5. KKN sebagai Salah Satu Syarat Kelulusan

Bukan korupsi-kolusi-nepotisme, Sobat. KKN yang dimaksud disini adalah Kuliah Kerja Nyata selama dua bulan. KKN biasanya dilakukan pada semester ke-6 atau ke-7.

Bila Sobat Pintar sudah memantapkan diri untuk kuliah di UGM, harus siap menjalani program KKN yang lokasinya bisa sampai ke luar Pulau Jawa. Tanpa sertifikat KKN, mahasiswa UGM tidak bisa melakukan pendaftaran ujian pendadaran skripsi.

 

6. Kampus Inklusif yang Merakyat

Berada di wilayah Yogyakarta yang berbudaya Jawa sangat kental, UGM cukup terbuka untuk menerima siapapun yang datang ke kampusnya. Jangan kaget bila ternyata food court kampus berisi mahasiswa dari kampus-kampus lain di Yogyakarta. Warga Yogyakarta maupun pelajar SMA dan SMP juga bebas keluar masuk kampus.

Alhasil, mahasiswa UGM tertempa oleh atmosfer kampus untuk tak jumawa dan peduli pada sekitarnya – KKN juga turut andil membentuk kepribadian yang humanis tersebut. Dengan kata lain, menjadi pintar bukan segalanya. Karena kalau cuma pintar, UGM memang gudangnya orang-orang pintar.

Lebih jauh, UGM merupakan kampus di mana mahasiswa-mahasiswanya belajar untuk tumbuh menjadi manusia dewasa – tak hanya pintar dan berpendidikan, namun juga rendah hati dan bermanfaat bagi sesama. You will learn that your achievement has nothing to do with people's flattery, but the part that you play instead.

More than an academic institution, a university should shape you into the best version of you. Keep it in mind wherever you will study as your being humane is what matters the most.

Lebih masukan Blog

Simak UI 2019

As we all know it, there're several types of university admission . Universitas Indonesia...

Ikuti 5 Langkah Ini untuk Mempersiapkan SBMPTN

Tak hanya UNBK, Sobat Pintar yang tengah duduk dikelas XII juga harus mempersiapkan diri untuk...

Menambah Komentar

Y
yessy amaeda dachi 6 Bulan Lalu
ugm gusty kulo nyuwun
Harap sign in untuk melanjutkan.
Y
yessy amaeda dachi 6 Bulan Lalu
ugm gusty kulo nyuwun
Harap sign in untuk melanjutkan.
A
amanda ayu wandira 3 Bulan Lalu
universitas impian nih
Harap sign in untuk melanjutkan.

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Download Aku Pintar

Download aplikasi Aku Pintar dan dapatkan pulsa 50k!

Buka