PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

website-baru-navbar Portlet

Blog

photo via www.askingminds.com

Tanpa Kursus: Belajar Bahasa Asing Disini!

Tips Belajar

Pernah dengar "the man behind the gun?" Bukan judul film sih, yang dimaksud disini, tapi istilah yang secara bebas bisa dimaknai sebagai peran pentingnya seseorang yang mengendalikan atau berada dibalik sesuatu (alat).

Contoh gampangnya gini, deh. Kalau kamu dikasih sebilah pisau, apa yang bisa kamu buat? Dibanding bila seorang chef yang pegang pisau tersebut – ya, pisau yang sama. Tentu, apa yang dihasilkan chef akan jauh lebih bermanfaat dan lebih indah, bukan? Ups, bukannya bermaksud mengecilkan skillmu lho, ya – ini kan, sekedar contoh.

Tapi pada intinya gitu, deh. Segala sesuatu tergantung siapa yang make, termasuk ponsel atau laptop dengan koneksi internet. Kamu bisa mendapat manfaat sebesar-besarnya, atau menghancurkan diri sesampah-sampahnya.

Nah, alat yang sama, si ponsel atau laptop itu, bisa kamu manfaatkan untuk belajar berbagai bahasa asing. Nggak percaya? Coba lihat sendiri, deh.

 

1. Bahasa Inggris

Bahasa asing yang paling populer ini mudah banget diakses dimana-mana, termasuk fasilitas pembelajarannya. Bahkan, dengan nonton film di TV, meskipun bukan TV kabel, kamu sudah bisa meningkatkan kemampuan Bahasa Inggrismu.

Tapi kalau mau upgrade Bahasa Inggris, kamu bisa download aplikasi Learn English with Aco, Marbel Belajar Grammar, CoffeeStrap: Language Exchange, Lingbe: Free Language Practice, Learn to Speak English with Busuu, Speaky – Language Exchange, Secil: Belajar Bahasa Inggris, Hello English, Learn English Daily, Learn English Grammar Quickly, Learn English Conversation – Learning & Speaking, English Conversation Practice, Memrise: Belajar Bahasa Gratis, Voxy, ataupun Learn English Listening.

Kalau kamu lebih suka belajar Bahasa Inggris tanpa download aplikasi, www.bbc.com atau www.britishcouncil.org bisa jadi referensi materi writing, listening, grammar, vocabulary, dan reading. Jika kamu butuh materi untuk latihan speaking, coba www.talkenglish.com.

 

2. Bahasa Mandarin

Kamu sedang belajar Bahasa Mandarin? Bisa gunakan aplikasi Hello Chinese untuk membangun pengetahuanmu tentang Bahasa Mandarin karena disini kamu akan belajar mulai dasar huruf, kata, hingga cara pengucapan.

Mau mengakses website? Coba www.chinese-tools.com yang punya stok materi lengkap. Kamu juga bisa mengunjungi Osver Channel di YouTube jika lebih menyukai suasana belajar yang interaktif.

 

3. Bahasa Arab

Jika kamu memang lebih suka nonton YouTube, coba channel LearnArabicwithMaha. Meskipun menggunakan Bahasa Inggris sebagai pengantar, channel ini cukup seru dan akan membuat belajar Bahasa Arab jadi nggak boring.

Tapi kalau kamu lebih suka yang berbahasa Indonesia, download saja aplikasi Bahasa Arab Dasar. Mau aplikasi yang berbahasa Inggris untuk belajar Bahasa Arab? Ada Learn Arabic. Mau latihan soal? Kunjungi www.madinaharabic.com.

 

4. Bahasa Jepang

Situs www.nhk.or.jp/lesson/indonesian/ wajib dikunjungi bila kamu butuh materi belajar Bahasa Jepang yang lengkap – mulai tingkat pemula sampai lanjut. Seluruh materi di situs tersebut bisa didownload gratis, sebagaimana kamu juga bisa donwload aplikasi Obenkyo.

Lebih suka visual video? Oke, coba www.japanesepod101.com.

 

5. Bahasa Korea

Biar makin lancar nonton serial Korea favoritmu, berkomunikasi dalam grup fans boyband dan girldband kesukaanmu, atau mungkin kamu sedang mempersiapkan kuliah ke Korea Selatan, www.learnkorean.com bisa digunakan sebagai salah satu rujukan untuk meningkatkan kemampuanmu dalam Bahasa Korea. Kalau kamu mau belajar dengan cara yang lebih fun, coba kunjungi koreanwordgame.com.

 

Jika lebih suka satu situs yang menawarkan pembelajaran beberapa bahasa asing sekaligus, ada situs-situs keren yang wajib kamu kunjungi seperti learnalanguage.com, duolingo.com, busuu.com, atau babbel.com. Tapi jika kamu lebih suka belajar bahasa-bahasa asing dengan menggunakan satu aplikasi saja, coba lihat Rosetta Stone, HiNative, Tandem Mobile Language Exchange, Mondly Languages, Foreign Services Institute, Lingualy – Practice a Language, atau Mango Languages.

Nah, sekarang kamu punya buanyak banget "the guns." Tinggal gimana nih, the man behind­nya– yaitukamu. Bisa nggak, memanfaatkan sumberdaya yang ada semaksimal mungkin dan sebaik-baiknya?

Lebih masukan Blog

3 Trik Simpel Mengatasi Kejenuhan Nugas

Yang namanya jenuh atau bosan, ya wajar saja adakalanya datang dan mengganggu. Yup,...

Ayo Bangun Pagi! Ini 4 Tipsnya

Kamu termasuk orang yang susah bangun pagi? Sering ditunggu guru Tatib di pintu gerbang...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru