PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

website-baru-navbar Portlet

Blog

photo via medicalxpress.com

3 Trik Simpel Mengatasi Kejenuhan Nugas

Tips Pelajar dan Mahasiswa

Yang namanya jenuh atau bosan, ya wajar saja adakalanya datang dan mengganggu. Yup, mengganggu! Pasalnya, saat udah jenuh, rasa-rasanya otak nggak mau jalan dan badanpun mendukung dengan berbagai keluhan yang tiba-tiba muncul. "Nggak ada ide nih, mana badan meriang pula," kira-kira begitulah kompaknya otak dan badan saat kamu udah mantengin halaman yang sama – entah tumpukan tugas, makalah, tugas akhir, skripsi, ataupun yang lain – selama dua hari berturut-turut.

Endingnya? Itu tugas malah nggak kelar-kelar! Makin bete nggak, sih? Tapi nggak perlu nunggu sampai disetrap guru atau nggak dilulusin dosen, rasa bosan itu bisa kamu atasi dengan trik-trik mudah seperti ini.

 

1. Istirahat Sejenak, Stretching-Stretching Dikit Lah

Bila rasanya udah mentok nggak tau mau ngapain lagi, taruh aja, deh. Tinggalkan komputermu, buku-buku teks yang tebal itu, dan meja kerjamu. Keluar ruangan dan hirup udara segar atau sekedar berbaring sejenak di kasur. Eitts! Sejenak means sebentar, ya! Jangan tarik selimut dan keterusan tidur!

Kalau kamu tipe kinestetik yang suka pegal-pegal sewaktu badanmu nggak bergerak, apalagi dalam durasi yang cukup lama, gunakan waktu break untuk peregangan. Seitar 10 atau 15 menit peregangan dengan napas yang teratur dan dalam akan membuatmu segar kembali – siap "hajar" makalah nyebelin itu!

 

2. Cari Selingan, Asal Jangan Sampai Keterusan

Merasa jenuh karena melakukan suatu hal atau berada diposisi yang sama selama beberapa waktu berarti itulah saat kamu perlu perubahan. Ganti kegiatanmu dengan hal lain yang benar-benar berbeda.

Misalnya, setelah dua jam duduk mengerjakan soal Matematika, ajaklah bromu atau sismu untuk main – bisa main game, atau mungkin sekalian keluar rumah main bola? Atau, bikin rujak manis di tetangga sebelah? Apapun yang seru dan membuatmu teralih sebentar. Kalau kamu lebih suka sendirian, boleh juga beralih nonton film di ruang keluarga. Yang perlu diingat, jangan sampai kegiatan selingan ini durasinya malah lebih lama daripada waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan sekolah atau tugas kampus itu.

 

3. Manjakan Dirimu – Nggak Perlu Mahal

Capek ngerjain tugas yang rasanya tak berujung? Tinggalkan dulu tugasmu dan lakukan sesuatu yang membuatmu nyaman dan hepi. Mungkin bikin teh atau coklat hangat, menikmatinya dengan camilan ringan sambil baca komik di teras. Kamu lebih suka es jus sambil mendengarkan sandiwara radio? Boleh juga kalau ada.

Apapun itu, tujuan dari memanjakan diri adalah menempatkanmu pada situasi yang nyaman, rileks, dan menenangkan. Beri waktu agar otot2 di badanmu mengendur, jidatmu nggak berkerut lagi, tengkukmu lebih lemas, dan denyut di kepalamu perlahan menyurut.

 

Selain dari tiga trik sederhanya diatas, yang terpenting dari pengerjaan tugas atau beban apapun yang ada dipundakmu adalah jangan menundanya sampai menit terakhir. Semakin kamu mengundur waktu pengerjaannya, semakin menumpuk pula apa-apa yang harus kamu lakukan, maka semakin tegang dan stres juga dirimu.

Selain itu, perhatikan pola makan dan istirahatmu. Usahakan untuk makan makanan yang sehat, sertakan buah dan sayur, dan jangan sampai kamu tidur hanya dua atau tiga jam dalam sehari. Tapi kalau namanya anak kos, atau mahasiswa Teknik Arsitektur, gimana dong? Ya... selalu ada saat-saat dimana banyak hal berjalan diluar kendali, yang terpenting kan, kamu sudah mengusahakan yang terbaik.

Lebih masukan Blog

Belajar Bahasa Asing Sambil Lalu – Ini Tips dan Triknya

Menguasai bahasa lain yang nggak cuma Bahasa Indonesia saat ini sudah menjadi kebutuhan, lho....

Tanpa Kursus: Belajar Bahasa Asing Disini!

Pernah dengar " the man behind the gun ?" Bukan judul film sih, yang dimaksud...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru