APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Teknik Informatika di 11 PTS Ini Punya Akreditasi A

Jurusan Teknik Informatika

photo via www.tarc.edu.my

Tingginya minat kuliah Teknik Informatika, berbarengan dengan tingginya kebutuhan personel Informatika dibursa kerja, mengakibatkan jurusan ini nggak sepi mahasiswa baru. Kalau melihat tren kita selama ini, PTN masih menjadi prioritas utama para lulusan SMA maupun SMK. Tapi tahukah kamu, ternyata PTS-PTS ini juga punya Teknik Informatika yang sama kerennya dengan yang ada di PTN.

 

1. Universitas Bina Nusantara, Jakarta

Berawal sebagai sekolah komputer, tak heran bila Binus memiliki jurusan atau program studi komputer dan teknologi yang jempolan. School of Computer Science (SoCS), Teknik Informatikanya Binus, menawarkan empat penjurusan: Mobile Application and Technology, Game Application and Technology, Cyber Security, dan Computer Science. Asal kamu tahu, SoCS Binus pernah memperoleh penghargaan dari Kopertis III sebagai juara 1 Prodi Ungulan 2014. Selain akreditasinya yang A, Binus juga punya kerjasama dengan IBM, Microsoft, Oracle, CiSCo, dan vendor-vendor dunia yang lain. Tahukah kamu, siapa salah satu alumnus Teknik Informatika Binus? Yak, Willian Tanuwijaya, cofounder Tokopedia!

 

2.  Universitas Esa Unggul, Jakarta

Sebagai bagian dari Fakultas Ilmu Komputer, Jurusan Teknik Informatika UEU juga telah terakreditasi A BAN-PT. Dengan akreditasi ini berarti bisa dipastikan fasilitas kampus yang mendukung, termasuk juga perkuliahan yang mendukung. Peminatan jurusan ini ada lima: Software Engineer, Game and Embedded System Program, Database System, Computer Networking, dan Artificial Intelligence. Mahasiswa Teknik Informatika UEU memperoleh matakuliah Perusahaan Virtual, Kecerdasan Buatan, Motivasi Usaha, Jaringan Mobile, Keamanan Informasi, bahkan wajib mengikuti kerja praktek. Alumni Teknik Informatika UEU mengantongi berbagai sertifikasi internasional seperti Cisco Network Academic Program, SAP Edugate, maupun Sun Microsystems International Java Programming & Unix.

 

3. President University, Bekasi

Teknik Informatika adalah salah satu jurusan atau program studi unggulan di Universitas Presiden. Jurusan yang telah memiliki akreditasi A ini menawarkan lima peminatan, yaitu Mobile Computing, Web Design, Programming, Networking, dan Database Design.

 

4. Universitas Gunadarma, Depok

PTS ini memang udah identik banget dengan komputer. Bahkan, sejak berdiri tahun 1981, Sistem Komputer dan Informasi serta Teknik Informatika adalah dedikasi utama Universitas Gunadarmana. Untuk Teknik Informatikanya sendiri, jurusan berakreditasi A ini berada di Fakultas Teknologi Industri.

 

5. Universitas Atma Jaya, Yogyakarta

Kampusnya sendiri mengklaim bahwa Teknik Informatika UAJY adalah yang terbaik di Yogyakarta dan menjadi bagian dari 10 yang terbaik di Indonesia.  Di Teknik Informatika UAJY, kamu bisa memilih mendalami Enterprise Information System, Soft Computing, atau Mobile Computing. Dengan akreditasinya yang A, tak tanggung-tanggung Teknik Informatika UAJY dilengkapi dengan lima laboratorium yang canggih.

 

6. Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta

Masih di kota pelajar, UII juga memiliki Teknik Informatika dengan reputasi yang tak kalah moncer. Mahasiswanya terkenal berprestasi pada berbagai kompetisi teknologi dan pertukaran pelajar. Bahkan, ada yang istimewa di UII, yaitu Informatika Medis – sulit banget menemukan jurusan ini di kampus lain, Sobat Pintar! Pastinya, salah satu jurusan di Fakultas Teknologi Industri ini telah terakreditasi A.

 

7. Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga

Teknik Informatika Universitas Kristen Satya Wacana berada di Fakultas Teknologi Informasi. Jurusan berakreditasi A ini menawarkan konsentrasi Rekayasa Web (Web Engineering), Aplikasi Mobile (Mobile Application), dan Jaringan Komputer (Computer Network).

 

8. Universitas Dian Nuswantoro, Semarang

Jurusan Teknik Informatika di PTS ini juga sudah terakreditasi A. Fakultas Ilmu Komputer, dimana Teknik Informatika berada, merupakan yang terbesar di Udinus. Kerennya, Filkom Udinus menjalin kerjasama dengan ITS dan ITB, lho!

 

9. Universitas Kristen Petra, Surabaya

Teknik Informatika UK Petra menawarkan empat konsentrasi: Data and Network Security, Intelligent System, Mobile Application Development, dan Game Development. Untuk menghasilkan lulusan dengan spesialisasi aplikasi yang dinamis dalam penggunaan infrastruktur jaringan komputer, UK Petra bekerjasama dengan Idup (Apple developer), Mikrotik Academy, Oracle (Oracle University), Microsoft (Microsoft IT Academy), maupun Cisco (Cisco Networking Academy). Akreditasi A BAN-PT yang telah dimilikinya semakin menguatkan posisi Teknik Informatika UK Petra sebagai salah satu yang terbaik di negeri ini.

 

10. Universitas Surabaya, Surabaya

Surabaya juga punya Ubaya. Dan, Teknik Informatikanyapun terakreditrasi A BAN-PT. Berada di Fakultas Teknik, disini kamu belajar tentang konsep, teori, sekaligus penerapan praktis Ilmu Komputer dan teknologi perangkat lunak didunia industri.

 

11. Universitas Telkom, Bandung

Walaupun masih terbilang baru karena berdiri tahun 2013, Teknik Informatika Universitas Telkom telah memiliki akreditasi A. Beberapa kelas yang akan kamu hadiri sebagai mahasiswa jurusan ini antara lain Perancangan Antarmuka Aplikasi, Pengantar Desain Website, Literasi TIK, maupun Implementasi Algoritma.

 

Dengerin Podcast tentang Software Developer

Nah, ternyata PTS sekalipun punya kualitas Teknik Informatika yang nggak kalah dari PTN, kan? Bukan berarti salah satunya lebih baik dari yang lain, tapi alangkah baiknya bila kamu bisa melihat keduanya sebagaimana adanya. Tak ada salahnya bersikap terbuka, kan?

160

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog