redesain-navbar Portlet

Blog

photo via intl.manas.edu.kg

Teknik Informatika – Sesuaikah Untukmu?

Jurusan Teknik Informatika

Kenapa sih, kuliah Informatika? Apa karena teman-temanmu pada mau kuliah disini? Apa karena jurusan ini yang lagi hits dan kayanya bakal keren? Atau, sekedar kepo aja, kali-kali cocok, gitu? Banyak banget sih, alasan yang bisa kamu gunakan untuk memilih jurusan kuliah. Tapi kalau Teknik Informatika, baca ini dulu deh, biar tau lebih banyak dulu tentangnya.

 

Apa yang Dipelajari di Jurusan Teknik Informatika?

Kuliah di Teknik Informatika berarti kamu akan masuk kelas Algoritma dan Struktur Data, Strategi Algoritma, Probabilitas dan Statistika, Pemrograman Berorientasi Objek, Rekayasa Perangkat Lunak, Kalkulus, Dasar-Dasar Pemrograman, Metode Pengembangan Software, Sistem Jaringan, Kriptografi, Etika dan Hukum Cyber, serta kelas-kelas lainnya. Pada intinya, diseluruh kelas tersebut kamu akan belajar tentang prinsip-prinsip Ilmu Komputer dan analisa matematis untuk sistem operasi dan kerja komputer, pengujian dan evaluasi perangkat lunak, serta desain dan pengembangannya.

Selain mengajarimu segala sesuatu tentang komputer, Teknik Informatika juga melatihmu untuk memecahkan fungsi-fungsi dan menciptakan struktur instruksi bahasa pemrograman supaya komputer dapat belajar segala sesuatu yang harus dipelajarinya. Pada proses seperti inilah kamu dituntut untuk terus menghasilkan ide-ide kreatif dan merealisasikan ide tersebut.

 

Bagaimana Prospek Kedepannya bagi Lulusan Teknik Informatika?

Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, keahlian Teknik Informatika semakin dibutuhkan diberbagai bidang. Bahkan, menurut Badan Statistik Amerika, pertumbuhan profesi dibidang Informatika adalah jawara yang bertahan sejak 2014 hingga diperkirakan 2024 nanti. Software Engineer and Developer, konsultan, analis, keamanan sistem dan jaringan, ahli jaringan, hingga koordinator pembangunan, perluasan, dan pemeliharaan sistem komputer adalah beberapa profesi populer bagi lulusan jurusan ini.

Bukalapak adalah salah satu contoh nyata karya lulusan Teknik Informatika. Salah seorang foundernya, Achmad Zaky, adalah alumnus Teknik Informatika ITB. Pada Indosat Wireless Innovation Contest 2007, doi menjadi juara ke-2 dengan software untuk fast counting survey-nya, MobiSurveyor. Tahun berikutnya, Achmad Zaky memenangi Indonesia ICT Awards (INAICTA).

 

Apakah Teknik Informatika Jurusan Kuliah yang Tepat Untukmu?

Berkaca pada Achmad Zaky, masa depan yang cemerlang dapat terwujud saat kita terus meningkatkan kualitas diri. Kuliah di Jurusan Teknik Informatika sekedar membekalimu dengan berbagai ilmu dan teknik untuk menangani masalah transformasi dan pengolahan fakta-fakta simbolik dengan memanfaatkan teknologi komputer seoptimal mungkin. Dijurusan ini kamu belajar memahami, menganalisis, menilai, menerapkan, dan menciptakan software komputer sehingga menguasai ilmu dan keterampilan rekayasa informatika.

Apakah minat dan kemampuanmu ada dijurusan ini? Bila memang demikian, kamu bisa melanjutkan pendidikanmu ke BINUS University, Universitas Esa Unggul, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Bandung, Universitas Tarumanagara, Universitas Hasanuddin, Universitas Diponegoro, Universitas Gunadarma, Universitas Padjadjaran, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Islam Indonesia, Universitas Kristen Maranatha, Universitas Kristen Petra, Universitas Mercu Buana, dan berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta yang lain.

 

Nah, itulah A sampai Z-nya Jurusan Teknik Informatika secara singkat. Pertimbangkan lagi masak-masak, apakah kamu hendak memilih untuk kuliah jurusan dijurusan ini atau tidak. Pasalnya, sebagian besar jagoan coding mahir dibidangnya karena belajar mandiri, dan dibutuhkan minat besar dari diri sendiri untuk melakukannya.

Lebih masukan Blog

12 Profesi yang Menunggu Alumni Teknik Informatika

Semua-semua yang kamu kenal pada mau kuliah di Teknik Informatika. Jurusan inipun disarankan...

Teknik Informatika di 11 PTS Ini Punya Akreditasi A

Tingginya minat kuliah Teknik Informatika, berbarengan dengan tingginya kebutuhan personel...

Menambah Komentar

M
Maria Ivana Vita Cahyani 5 Bulan Lalu
ahsiap
Harap sign in untuk melanjutkan.

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line