PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

website-baru-navbar Portlet

Blog

photo via www.mindler.com

Temukan Tipe Kepribadian dan Profesimu Disini

Psikologi Pelajar

Adalah Carl Gustav Jung, seorang psikiater Swiss yang memberi landasan teori psikologi dalam pengelompokan kepribadian manusia. Hingga abad berikutnya, teori Carl G. Jung terus berkembang dan digunakan untuk membantu menemukan profesi yang paling sesuai dengan kepribadian seseorang. Yuk, cari tahu kamu tipe yang bagaimana dan profesi apa yang kira-kira sesuai untukmu.

 

Tipe Kepribadian

Berdasar pada preferensi seseorang dalam mengarahkan energinya, jenis informasi yang menarik, alur pemikiran, dan zona nyamannya, kita mendapati delapan tipe kepribadian. Perlu dicatat, setiap tipe tidak bisa berdiri sendiri.

Extrovert (E) adalah pribadi yang fokus energinya ada pada berbagai hal diluar dirinya, menyukai peran publik, supel, dan penuh semangat. Introvert (I) adalah pribadi yang perhatian dengan fokus energi, gagasan, pikiran, dan persepsinya cenderung terarah pada hal-hal dalam dirinya sendiri, lebih suka berada dibalik layar, dan menyendiri.

Tipe orang sensor (S) mengamati fakta disekitarnya secara detil atau rinci, memiliki pandangan yang faktual, dan praktis. Seseorang yang intuitive (I) tertarik pada kemungkinan informasi lain dan lebih percaya pada nalurinya.

Thinker (T), bisa kamu tebak sendiri, adalah tipe pemikir yang keputusannya berdasar pada penalaran akal logika dan kriteria obyektif. Feeler (F), dari kata feel, adalah orang yang mengambil keputusan berdasar pada perasaan, empati, atau simpati.

Berikutnya, judger (J) adalah orang yang menyukai lingkungan yang bisa diprediksi, tertata, dan terstruktur. Sedangkan perceiver (P) atau pengindera adalah orang yang suka mengalami banyak hal sebanyak mungkin dan tidak terpaku pada aturan, rencana, maupun pilihan tertentu.

Bisa memperkirakan kamu tipe yang mana? Coba tentukan empat kombinasi tipe kepribadian diatas.

 

Profesi dan Tipe Kepribadian

Terdapat 16 kombinasi yang dilahirkan dari keempat tipe kepribadian diatas. Masing-masing kombinasi merupakan sosok yang memiliki kecenderungan untuk sesuai pada bidang ataupun profesi tertentu. Mari kita lihat berikut ini.

1. ENTJ adalah sang eksekutif yang punya potensi untuk menjadi seorang CEO, politisi, pengusaha, konsultan, atau hakim.

2. ESTJ bisa disebut sebagai karakter penjaga, yang berpotensi untuk menjadi pengusaha, konsultan hukum atau finansial, hingga perwira militer.

3. INFP adalah sang idealis yang suka menjadi pekerja sosial, psikolog, atau perancang busana.

4. ISTP, sang mekanik, bisa bekerja sebagai pilot, pemadam kebakaran, programer komputer, maupun polisi.

5. INTJ sering dianggap sebagai sang ilmuwan. Selain menjadi ilmuwan, tipe kepribadian ini cocok mendalami profesi sebagai arsitek, akuntan, atau psikiater.

6. ESTP adalah sang pelaku, yang memiliki bakat untuk menjadi kontraktor, insinyur sipil, psikolog, maupun tenaga pemasaran.

7. ENTP memiliki kepribadian yang cenderung ramah dan mudah bergaul. Tipe kepribadian ini sesuai untuk profesi tenaga pemasaran, politisi, dan pengusaha.

8. ENFP, sang inspirator, bisa menjadi psikolog, staf personalia atau HRD, hingga jurnalis.

9. ESFP juga tipe pelaku atau doer. Profesi yang sesuai untuk tipe ini antara lain pemandu tur atau travel, event organizer, aktor, public relation, dan guru SD.

10. ASFJ adalah tipe orang penyayang yang memiliki bakat alami untuk menjadi perawat atau guru.

11. ISTJ, sang pelaksana tugas, memiliki karakter untuk menjadi insinyur sipil, dokter, ilmuwan, atau akuntan.

12. ISFJ adalah sang pengasuh. Tipe kepribadian pengasuh ini sesuai bila mendalami profesi sebagai arsitek, sejarawan, desain interior, pustakawan, ataupun dokter.

13. ISFP adalah orang-orang dengan jiwa seniman yang bisa menjadi koki, desainer busana, maupun terapis.

14. INTP, sang pemikir, bisa menjadi ahli hukum, programer perangkat lunak, atau analis ekonomi.

15. INFJ adalah sang pelindung yang bisa menjadi konselor, psikolog, penulis, arsitek, atau guru sebagai profesi pilihan.

16. ENFJ adalah sang pemberi, yang memiliki kualitas untuk menjadi konselor, guru, pekerja sosial, ahli pemasaran, pemulis, wartawan, ataupun produser televisi.

 

Jadi, berdasar pada tipe kepribadianmu, profesi apa yang sesuai untukmu? Apapun hasilnya, gunakan ini sebagai salah satu bahan pertimbangan, ya.

Lebih masukan Blog

Tips Memilih Jurusan: Jawab 4 Pertanyaan Penting Ini

Salah memilih jurusan kuliah bisa berakibat cukup fatal – tak hanya dimasa kuliah itu sendiri,...

Sudah Tepatkah Pilihan Jurusan Kuliahmu?

Masih bingung menentukan pilihan dan ingin tahu lebih banyak tentang berbagai jurusan kuliah?...

Menambah Komentar

Vict_82 Vict_82 8 Bulan Lalu
Ambivert itu emang beneran ada, kah? ._.
Harap sign in untuk melanjutkan.

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru