redesain-navbar Portlet

Blog

photo via sepatukulitasli.co.id

Tengok Masa Depanmu di 3 Jalur Pendidikan Kepolisian Ini

Cari Tahu Jurusanmu

Saat kamu melintas di jalan raya, sekelebat petugas kepolisian bertugas dengan berseragam rapi, tampak gagah dan cantik. Atau bisa jadi kamu bersimpangan jalan dengan petugas yang berkendara patroli tengah membelah padatnya lalu lintas.

Bisa jadi pula, sekolahmu sempat mendapat kunjungan dari kakak-kakak kelas yang sedang menjalani Pendidikan Kepolisian. Terlintas dalam benakmu, mungkin kamu juga bisa tampak keren dengan seragam seperti mereka.

Nah, kalau kamu pengen mengenakan seragam saat menempuh pendidikan, berlanjut hingga bekerja sebagai anggota Kepolisian Republik Indonesia, berikut ini beberapa alternatif Pendidikan Kepolisian yang bisa kamu tempuh selepas SMA/SMK.

 

1. Akademi Kepolisian

Pendidikan Kepolisian ini harus kamu tempuh selama 4 tahun. Setelah lulus, kamu akan berpangkat IPDA (Inspektur Polisi Dua). Pangkat PAMA (Perwira Pertama) ini setelah 3 tahun akan menjadi IPTU (Inspektur Polisi Satu), dan 6 tahun kemudian akan menjadi AKP (Ajun Komisaris Polisi). Bila kamu ingin menjadi seorang taruna atau taruni, Akademi Kepolisian Semarang adalah kampus di mana kamu bisa menempuh Pendidikan Kepolisian yang setara dengan jenjang D-IV.

 

2. Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian

Sekolah kedinasan ini memiliki Jurusan Ilmu Kepolisian yang setara dengan jenjang S1. Bahkan, kalau kamu ingin melanjutkan kuliah ke jenjang S2, kampus ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

 

3. Sekolah Polisi Negara

Bila kamu ingin menjadi seorang Bintara Polisi, kamu bisa mengambil Pendidikan Kepolisian di SPN (Sekolah Polisi Negara). Menjadi seorang Bintara, kamu tidak akan ditugaskan jauh ke luar daerah asalmu, kecuali saat sedang dibutuhkan – mamamu bakal suka, nih. Tambahan lagi, pendidikan Bintara hanya memakan waktu 7 bulan saja, kemudian kamu akan menjadi seorang BRIPDA (Brigadir Polisi Dua). Dalam 4 tahun, kamu akan menjadi seorang BRIPTU (Brigadir Polisi Satu), dan kemudian menjadi seorang BRIGADIR dalam 4 tahun berikutnya. Jenjang kepangkatan berikutnya adalah BRIPKA (Brigadir Polisi Kepala) dalam 4 tahun, kemudian AIPDA (Ajun Inspektur Dua) dalam 5 tahun, dan AIPTU (Ajun Inspektur Satu) dalam 2 tahun.

 

Jadi, Pendidikan Kepolisian manakah yang lebih sesuai untukmu? Yang pasti, perhatikan betul-betul apa saja syarat yang diajukan oleh setiap sekolah atau akademi. Bisa jadi setiap jalur Pendidikan Kepolisian memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda – udah mirip ama undian aja, ya.

Lebih masukan Blog

Jajaki Peluangmu di Jurusan Pembangunan Wilayah

Sebelum membahas lebih lanjut tentang Jurusan Pembangunan Wilayah, ada baiknya kita luruskan...

Kuliah Peternakan yang Kaya Potensi

Jika orangtuamu memiliki sebuah pastura lengkap dengan hewan ternaknya, masih masuk akal kalau...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line