redesain-navbar Portlet

Blog

Teropong Masa Depanmu Sedari Sekarang, image via hubbards.qld.edu.au

Teropong Masa Depanmu Sedari Sekarang

Apa yang dilakukan hari ini turut mempengaruhi bagaimana masa depan kita.

Pernah membayangkan bagaimana keadaan Sobat dalam lima, sepuluh, atau dua puluh tahun lagi? Yes, little do we know about our future. Nonetheless, what we do today shapes our life in the future. Bagaimana itu bisa terjadi?

 

Karena Kita Punya Kecenderungan untuk Terus Melakukan Sesuatu yang Sudah Terbiasa

"Dek ketek taranjo-anjo, lah gadang tabao-bao, lah gaek tarubah tido." Pernah mendengar pepatah ini, Sobat? Ya, ini adalah pepatah Minang. Kita dapat menerjemahkannya kedalam Bahasa Indonesia menjadi: waktu kecil termanja-manja, sudah besar terbawa-bawa, waktu tua berubah tidak.

Maknanya, sesuatu yang dibiasakan dimasa kecil akan sulit diubah sampai tua – entah itu berupa kebiasaan yang baik atau yang buruk. Dengan kata lain, dapat kita pahami bahwa masa depan kita dibentuk dari kebiasaan kita sekarang – sesuatu yang rutin kita kerjakan sehari-hari.

Lantas, kebiasaan-kebiasaan baik apa saja yang berkontribusi pada masa depan yang baik? Tak harus rumit, kita dapat memulai dari yang sederhana saja seperti tepat waktu, gigih dalam mengusahakan sesuatu, tidak menunda-nunda tugas yang harus dikerjakan, membaca buku-buku bermanfaat, dan lain-lain.

Sebisa mungkin hindarilah berpikiran negatif tentang diri sendiri dan orang lain, mengabaikan waktu yang terbuang percuma, bahkan melempar tanggung jawab dan kesalahan pada orang lain. You don't want to be someone like so for the rest of your life.

 

Karena Kita Tidak Tiba-Tiba Sehat atau Mendadak Sakit, Semua Ada Prosesnya

You are what you eat. Penting sekali memperhatikan apa yang kita konsumsi sehari-hari. Makanan sehat akan membuat badan kita lebih sehat, demikian pula sebaliknya. Dampak makanan yang kita konsumsi memang tak serta-merta terlihat – kecuali ketika kita makan makanan kurang bersih atau terlalu pedas, misalnya.

Tapi justru karena itulah, berarti kita sekarang sedang berada dalam suatu proses yang menentukan bagaimana kualitas kesehatan kita kelak. Dan tak hanya makanan, gaya hidup secara keseluruhan turut menentukan seberapa sehat badan kita dalam lima atau sepuluh tahun lagi.

Misalnya, konsumsi mie instan yang rutin dan terus-menerus dapat memicu risiko kanker. Dan kita tahu, kanker biasanya baru terdeteksi setelah sekian lama sejak awal kemunculannya. Tidak olah raga juga takkan terasa merugikan saat ini. Tapi setelah berusia lanjut, salah satu faktor osteoporosis dapat disebabkan oleh kurangnya kita olah raga.

 

Karena Bersama Orang-Orang Disekitar, Kita Saling Mendukung dan Berbuat Baik

Seorang introvert sekalipun masih tetap membutuhkan orang lain. Ya, karena sebagai manusia, kita memang makluk sosial. Dalam banyak hal, kita semua saling membutuhkan – asalkan bukan saat mengerjakan ujian ya, Sobat!

Interaksi interpersonal dengan orang lain tak dapat dielakkan. Akan tetapi, interaksi seperti apa yang telah kita bangun selama ini? Apakah kita saling mendukung dan membantu? Atau sebaliknya, kita saling mengalahkan dan menikam?

Nilai yang kita yakini turut mempengaruhi bagaimana perlakuan kita pada orang lain. Namuntetap saja, perlu diperhatikan juga siapa orang-orang terdekat disekitar kita. Do they help you find the best version of yourself?

Misalnya, dengan orang-orang yang tepat didalam timnya, seorang pembalap merasa yakin dan aman dengan kendaraannya sehingga dapat melaju di lintasan balap tanpa rasa khawatir. Seorang mekanik kendaraan tak dapat menggantikan peran si pembalap, demikian pula sebaliknya.

 

Mengutip Aristoteles, "Kita adalah apa yang kita lakukan berulang kali." Seorang juara balapan suatu ketika pernah belajar mengendarai kendaraannya, kemudian berkali-kali berlatih melaju di lintasan balap. Tim yang mendukungnya juga berperan besar dalam kemenangannya.

Begitu pula kita, Sobat. Analogi diatas menggambarkan bagaimana sesuatu yang dikerjakan berulang-ulang dan siapa saja orang-orang disekeliling kita dapat turut menentukan hasil yang dicapai dimasa mendatang.

Lebih masukan Blog

Akreditasi A: Akuntansi pada 10 Universitas Ini

Sudah memutuskan untuk kuliah Akuntansi, Sobat? Salah satu jurusan atau program studi favorit...

5 Perbedaan Sekolah Negeri dan Swasta

Tak asing lagi dengan sistem zonasi sekolah, bukan? Dengan diterapkannya sistem zonasi, mau...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Download Aku Pintar

Download aplikasi Aku Pintar dan dapatkan pulsa 50k!

Buka