redesain-navbar Portlet

null

Blog

Tes Kedinasan: Apa Saja Tahapan yang Harus Dilalui?

Dengan mengetahui tes-tes yang akan dihadapi, persiapan yang lebih baik dapat dilakukan.

sekolah ikatan dinas, Photo by Green Chameleon on Unsplash

Ada saja loh, yang berminat melanjutkan kuliah ke Sekolah Kedinasan! Salah satu iming-iming yang merontokkan hati (khususnya orang tua) adalah tawaran Ikatan Dinas di Sekolah Kedinasan. Hari gini, masak menolak mentah-mentah tanpa berpikir ulang kalau dikasih tawaran langsung kerja setelah lulus kuliah?

Namun ternyata tes kedinasan bisa menjadi momok tersendiri buat para meninat Sekolah Ikatan Dinas. Bagaimana tidak? Tes kedinasan itu terdiri dari beberapa tahapan. Bila sampai gagal pada satu tahapan, kita tak bisa lanjut mengikuti seleksi. Udah gitu, ragam ujian pada tiap tahapannya pun bermacam-macam.

Mau tahu apa saja tes kedinasan itu? Kepoin yuk, Sobat!

 

1. Seleksi Administrasi

Photo by Pixabay on Pexels

Sebelum mengikuti tes kedinasan, kita harus mengikuti seleksi administrasi. Pada seleksi 2021 yang baru saja berlalu, para peserta tes kedinasan mengikuti seleksi administrasi bersamaan dengan saat mendaftar pada laman SSCASN. Jika demikian, Sobat Pintar harus sudah menyiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan sebelum meng-uploadĀ­-nya saat pendaftaran Sekolah Kedinasan, ya.

Apa saja berkas-berkas yang harus disiapkan itu? Paling tidak kita harus sudah siap dengan NISN (Nomor Induk Siswa Nasional), KTP (atau KK jika usiamu masih di bawah 17 tahun), pas foto, rapor, ijazah (atau Surat Keterangan Lulus) sebelum masa pendaftaran Sekolah Kedinasan.

Salah satu tips lulus seleksi administrasi adalah rajin memeriksa jadwal pendaftaran. Semakin awal Sobat Pintar mengetahui persyaratan dokumennya, semakin banyak waktu untuk menyiapkan berkas-berkas yang belum lengkap.

 

2. Seleksi Kompetensi Dasar

sekolah kedinasan

Photo by Andrea Piacquadio on Pexels

SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) ibarat UTBK di SBMPTN. Tes kedinasan yang juga digunakan untuk seleksi CPNS ini terdiri dari TWK (Tes Wawasan Kebangsaan), TIU (Tes Intelegensi Umum), dan TKP (Tes Karakteristik Pribadi).

Nilai maksimum tes kedinasan 2021 untuk TWK tercatat 140, dengan jumlah soal tes sekolah kedinasan 30 butir. Sedangkan untuk TIU, nilai maksimum mencapai 175  dengan jumlah soal tes sekolah kedinasan 35 butir. Untuk TKP nilai maksimum yaitu 213 dan jumlah soal tes sekolah kedinasan 45 butir.

Pada tes kedinasan 2021, tiap-tiap Sekolah Kedinasan memiliki jadwal ujian yang berbeda. Misalnya, jadwal SKD PKN STAN pada 25-31 Juni, sedangkan SKD IPDN berlangsung pada 3 Juni. Contoh lain yaitu SKD STIS, Sobat Pintar. Meskipun lokasi ujiannya berbeda-beda, SKD STIS seluruhnya dilakukan pada tanggal 1-10 Juni.

Lantas, pelajaran apa yang bisa kita petik? Melihat jadwal tes kedinasan 2021 ini, sebaiknya kita harus cermat dengan jadwal SKD di Sekolah Kedinasan yang kita incar masing-masing, Sobat. Jangan sampai "kecolongan," ya!

 

3. Seleksi Kompetensi Bidang

tips lulus seleksi

Photo by cottonbro on Pexels

Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) disebut juga Tes Potensi Akademik (TPA). Tes kedinasan ini mengukur kemampuan kita di bidang bahasa, numerik, logika, maupun spasial. Namun biasanya TPA antar Sekolah Kedinasan tidak sama karena tes kedinasan yang satu ini benar-benar menguji kemampuan kita pada bidang dan formasi masing-masing.

Misalnya, Sobat yang mendaftar di IPDN dan Sobat Pintar lain yang mendaftar di STIS boleh jadi menghadapi SKB yang berbeda. Tes kedinasan untuk Analis Kepegawaian, misalnya, disusun oleh BKN sebagai instansi pembina jabatan fungsional Analis Kepegawaian.

Tak semua Sekolah Kedinasan menerapkan SKB. Pada tes kedinasan 2020, misalnya, STIS dan Poltek SSN mengujikan tes kedinasan ini. Jadi, pastikan dulu apakah Sekolah Kedinasan incaranmu akan mengujikan SKB ya, Sobat.

 

4. Tes Kesehatan dan Kesamaptaan

tips masuk stis

Photo by stevepb on Pixabay

Tes kesehatan dan kesamaptaan pun berbeda pada tiap Sekolah Kedinasan. Tes kesamaptaan, misalnya, biasanya ditemui di Poltek SSN, Poltekip, Poltekim, STIN, 18 Politeknik/Sekolah Tinggi di bawah Kementerian Perhubungan, STIS, dan IPDN.

Apa tips masuk STIS dan Sekolah Kedinasan yang lain pada tahap tes kesehatan dan kesamaptaan? Kita harus menjaga kesehatan jauh-jauh hari sebelum mendaftar ke Sekolah Kedinasan, Sobat Pintar. Olahraga teratur, konsumsi makanan sehat, tidak merokok, tidak menggunakan narkoba adalah beberapa tips yang sudah bisa kita kerjakan sejak sekarang. Medical check up, jika memungkinkan, dapat dilakukan guna mengetahui kondisi kesehatan kita.

 

5. Tes Wawancara dan Psikotes

tips lulus stan

Photo by UX Indonesia on Unsplash

Tes kedinasan yang satu ini biasanya dijumpai di STIN, 18 Politeknik/Sekolah Tinggi di bawah Kementerian Perhubungan, Poltekip, dan Poltekim. Bagaimana dengan PKN STAN? Adakah tes wawancara dan psikotes di Sekolah Kedinasan ini?

Sobat Pintar bisa membaca trik dan tips lulus STAN di sini dan sini. Sedangkan untuk trik menghadapi tes wawancara secara umum, kita harus banyak berlatih, Sobat. Misalnya, Sobat Pintar bisa meminta bantuan orang lain melakukan simulasi wawancara. Remember the old saying, practice makes perfect.

 

Itulah berbagai tes kedinasan yang harus dilalui jika Sobat Pintar ingin masuk Sekolah Kedinasan. Jangan keburu keder dulu setelah tahu tes-tes ini ya, Sobat. Teruslah bersikap optimis, berlatih soal, dan mengikuti Try Out.

Last but not least, doa dan restu orang tua, Sobat Pintar. Keduanya penting banget agar perjuanganmu masuk Sekolah Ikatan Dinas berbuah manis.

110

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet