APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Tips Masuk PTN Persiapan dari Awal

Masuk kampus dan jurusan impian memerlukan perencanaan yang baik sedini mungkin.

Photo by Khamkéo Vilaysing on Unsplash

Persiapan masuk PTN impian, kalau boleh jujur, bisa lumayan melelahkan. Ya kali, kita bisa langsung memilih satu atau dua saja dari sekian banyak pilihan jurusan kuliah! Emang bisa gitu, fokus belajar dan berlatih soal-soal UTBK tanpa terganggu tugas-tugas sekolah? Ga mungkin kan, Sobat Pintar?

Yang ada, kita mesti pontang-panting membagi fokus antara sekolah dan persiapan masuk PTN. Lucky you deh, kalau bisa masuk PTN lewat SNBP. Sisanya, kebanyakan kita, rasanya kayak terbelah antara dunia nyata di sekolah dengan pesiapan masuk PTN lewat UTBK-SNBT.

Nah, gimana caranya biar kita sukses "hidup di dua alam" kayak ini? Gimana cara masuk Perguruan Tinggi Negeri dengan mudah tanpa harus merelakan uang jajan dipotong gegara nilai rapor mengenaskan? Yuk sini, intip apa saja kiat sukses masuk perguruan tinggi impian.

 

1. Wajib Tau Minat dan Potensi Diri Sendiri

yang harus dipersiapkan untuk masuk PTN
Photo by Andrea Piacquadio on Pexels

Pertama-tama, yang harus dipersiapkan untuk masuk PTN adalah mengenali dan mengetahui minat dan potensi diri kita sendiri, Sobat. Rasanya puas kan, kalau kamu senang dan bersemangat mengerjakan sesuatu? Udah gitu, ngerjainnya juga asyik karena kamu mampu – orang bilang, kamu berbakat. Tau minat dan potensi diri sendiri juga dapat membantu kita mengarahkan usaha dan energi pada hal-hal yang benar-benar penting. Efisiensi effort seperti ini dalam jangka panjang memberi kita kesempatan untuk mengembangkan diri, termasuk karier.

 

2. Eksplorasi Alternatif Jurusan dan Pekerjaan

cara masuk perguruan tinggi negeri dengan mudah
Photo by Surface on Unsplash

Katakanlah, kamu tertarik pada teknologi. Kamu suka kepo sama aplikasi-aplikasi yang terus bermunculan di Play Store atau App Store, dan terkadang mencoba-coba bikin aplikasi sendiri. Nilai mapel Matematika pun terbilang oke, enggak menyedihkan. Karena itu, kamu mempertimbangkan dua pilihan jurusan kuliah: Teknik Informatika atau Ilmu Komputer. Doa agar diterima di universitas yang diinginkan enggak cukup, Sobat. Kamu harus punya strategi masuk PTN, agar bisa kuliah bersama orang-orang terbaik.

Lulusan Teknik Informatika dan Ilmu Komputer banyak yang bekerja sebagai software developer, data analyst, game developer, atau, bila menimbang minatmu, mobile app developer. Nah, dari sekian opsi itu, manakah yang bakal kamu pilih? Sekali lagi, berdoa saja tak cukup, jadi pikirkan pilihanmu masak-masak. Langkah ini menjadi bagian dari persiapan masuk PTN yang cukup penting, Sobat.

 

3. Dapetin "Bocoran" dari Kating

kiat sukses masuk perguruan tinggi
Photo by Mike Erskine on Unsplash

Kamu mau lulus ujian masuk perguruan tinggi setelah mengulang? Enggak, dong! Pengalaman adalah guru yang terbaik. Lebih baik lagi kalau itu pengalaman orang lain, jadi ayo bertanya kepada kakak-kakak tingkat yang sudah sukses lolos Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).

Emangnya tes masuk PTN 2023 apa saja? Tes masuk PTN di tahun 2023 sebenarnya sama dengan seleksi yang berlangsung di tahun 2022. Hanya saja, nama-nama jalur seleksinya berubah. Untuk seleksi jalur prestasi, dari SNMPTN menjadi SNBP. Untuk jalur tes, dari SBMPTN menjadi SNBT. Seleksi Mandiri PTN 2023 masih tetap ada, baik pada jalur tes, prestasi, maupun skor UTBK.

Kalau kamu kenal kakak tingkat di jurusan impianmu, jangan segan nanya-nanya, Sobat! Tanyakan, misalnya, apa kiat sukses masuk perguruan tinggi yang menjadi rahasianya. Ingat moto di atas, dan sungguh-sungguhlah belajar dari pengalaman kakak tingkat tersebut.

 

4. Konsultasi dengan Profesional

pesiapan untuk lolos PTN
Photo by SHVETS production on Pexels

Kamu sama doi aja sulit ketemu, apalagi minat dan jurusan kuliah! Siapa bilang, menjodohkan antara minat dan potensi diri dengan jurusan kuliah sampai pekerjaan itu mudah? Ya memang enggak gampang kalau dikerjakan sendirian, tetapi sekarang sudah ada Journey Lulus Kampus Impian! Di sini kamu bebas memilih paket lulus PTN Favorit yang menurutmu paling cocok.

© Aku Pintar

Program pesiapan untuk lolos PTN ini bakal berlangsung selama tiga bulan, dengan Gelombang I terjadwal mulai Oktober sampai Desember 2023. Ada tiga tiket yang bisa kamu pilih: VIP, VVIP, dan Platinum. Ketiganya sama-sama menyediakan tes psikologi, sehingga kamu punya tool yang tepat buat memastikan sebenarnya minat dan potensimu itu pada bidang apa saja. Jika membutuhkan konsultasi dengan profesional, termasuk konsultasi jurusan kuliah dan karier, sebaiknya kamu memilih tiket VVIP atau Platinum, Sobat.

 

5. Belajar buat Ujian Masuk Perguruan Tinggi

Apa yang harus dilakukan untuk masuk PTN
Photo by Andrea Piacquadio on Pexels

Pada akhirnya, kamu sendirilah yang bakal menjalani ujian masuk perguruan tinggi. Maka dari itu, kamu sendiri yang kudu belajar! Iya, tau kok, belajar sendirian itu berat. Makanya ikutan salah satu paket lulus PTN Favorit di atas aja, Sobat!

Baik Tiket VIP, VVIP, maupun Platinum sama-sama menyediakan akses buat kamu mengikuti Try Out (TO). Jangan mengira belajar buat ujian masuk perguruan tinggi itu sebatas latihan soal, ya! TO juga penting, bahkan wajib agar kamu tau kesiapanmu "ketemu" sama UTBK. Enggak cuma TO-nya yang penting, tetapi ranking dan pembahasan TO-nya juga ga kalah penting – dan semua itu bisa kamu dapatkan dari salah satu tiket di atas.

Sekarang kamu sudah tau kan, apa yang harus dilakukan untuk masuk PTN? Merencanakan strategi masuk PTN itu sudah separuh dari kesuksesan loh, Sobat Pintar. Yuk, eksekusi sekarang juga, jangan tunggu nanti!

40

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog