CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

UKT PTN 2022: Ketahui Ini sebelum Masuk Kuliah

Pahami dulu tentang skema pembiayaan kuliah sebelum menentukan pilihan jurusan dan kampus.

UKT di Perguruan Tinggi Negeri, Photo by Jorick Jing on Unsplash

UKT di perguruan tinggi negeri, harus diakui, memang menjadi salah satu penyebab kenapa kuliah di kampus negeri masih tetap lebih diminati ketimbang kuliah di kampus swasta. Akan tetapi, harus diakui pula bahwa biaya kuliah yang bernama UKT itu tidak bisa dikatakan sedikit. Lantas, seberapa besar sih persisnya biaya UKT itu?

 

Biaya Kuliah UKT di Kampus Negeri, Seberapa Besar?


Photo by Mika Baumeister on Unsplash

Beda kampus, beda lagi besaran biaya kuliah UKT yang diberlakukan, Sobat Pintar. Agar kamu mendapatkan gambaran secara umum tentang seberapa besar UKT di perguruan tinggi negeri, mari lihat rentang biaya kuliah UKT di tiga kampus yang berbeda di bawah ini.

1. Universitas Diponegoro

Biaya kuliah di Undip untuk seluruh jurusan Program Sarjana jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Bibit Unggul Berprestasi (SBUB) terdiri dari delapan golongan UKT, dengan rentang Rp500 ribu sampai Rp22 juta. Pada jalur Ujian Mandiri (UM), biaya kuliah mencakup UKT dan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI). Rentang nilai UKT pada jalur UM sama dengan rentang nilai pada ketiga jalur sebelumnya, sedangkan SPI terdiri dari dua golongan dengan besaran nilai mulai dari Rp7,5 juta sampai Rp250 juta.

2. Universitas Airlangga

UKT kuliah di Unair dibedakan untuk jalur SNMPTN, SBMPTN, Mandiri Reguler, dan Mandiri Kemitraan. Untuk SNMPTN dan SBMPTN, Golongan UKT I terdiri dari tiga kategori yaitu IA, IB, dan IC, kemudian diikuti dengan Golongan UKT II, III, dan IV. Biaya kuliah UKT I kategori IA ialah Rp0 sampai Rp500 ribu. Sementara itu, nilai terbesar pada UKT IV ialah Rp25 juta.

Pada jalur Mandiri Reguler, biaya kuliah di Unair terdiri dari UKS (Uang Kuliah Semester) yang dibayarkan setiap semester dan UKA (Uang Kuliah Awal) yang dibayarkan sekali saat masuk. UKS Mandiri Reguler Unair terendah sebesar Rp6 juta dan tertinggi mencapai Rp15 juta. UKA yang dicantumkan adalah nilai minimal, yang berbeda untuk tiap-tiap jurusan, berkisar antara Rp25 juta sampai Rp99 juta.

Untuk Mandiri Kemitraan, skema biaya kuliah di Unair juga terdiri dari UKS dan UKA. Rentang nilai UKS Mandiri Kemitraan Unair sama dengan rentang nilai UKS Mandiri Reguler, sedangkan UKA berkisar antara Rp25 juta sampai Rp300 juta.

3. Universitas Negeri Yogyakarta

UKT UNY terdiri dari tujuh golongan. Golongan UKT I sebesar Rp500 ribu. Khusus untuk jalur Seleksi Mandiri, biaya UKT yang dikenakan dimulai dari golongan III, sebesar Rp2,4 juta – serta UPPA (Uang Pangkal Pengembangan Akademik). Biaya UKT terbesar di golongan VI, berkisar antara Rp4,940 juta sampai Rp6,350 juta.

 

Uang Kuliah Tunggal, Apa Itu?

biaya UKT
Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

Di atas tampak bahwa UKT Undip, UKT Unair, dan UKT UNY berbeda. Meskipun ketiganya sama-sama universitas negeri, biaya kuliah UKT yang berlaku di ketiga kampus tersebut tak sama.

Bahkan, biaya UKT antara satu jurusan dengan jurusan yang lain pun tak sama, Sobat. Misalnya, biaya UKT tertinggi di Undip dan Unair adalah pada Jurusan Kedokteran, berurutan masing-masing sebesar Rp22 juta dan Rp25 juta. Biaya UKT tertinggi pada jurusan-jurusan lain di kedua kampus tersebut berkisar antara Rp7 juta sampai Rp12 juta. Itulah sebabnya kamu harus mencari tahu berapa pastinya biaya UKT di jurusan incaranmu, Sobat Pintar.

Kok bisa macam-macam gitu, sih? Beda kampus, beda biaya UKT. Udah gitu, tiap kampus menerapkan pengelompokan UKT yang tak sama – Undip punya delapan golongan UKT, Unair ada empat (atau enam karena UKT I terdiri dari tiga golongan), sedangkan UNY menggolongkan UKT-nya ke dalam tujuh kelompok.

Tak cukup sampai situ, ternyata biaya kuliah UKT berbeda antara satu jurusan dengan jurusan lainnya! Makin pusing ga, tuh! Emangnya apa itu UKT dalam perkuliahan?

UKT adalah kependekan dari Uang Kuliah Tunggal. UKT di perguruan tinggi negeri sama dengan Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) di perguruan tinggi swasta. Pada dasarnya, UKT adalah bentuk kontribusi (orang tua/keluarga) mahasiswa agar perkuliahan di kampus terselenggara dengan baik.

Maka jangan heran, Sobat Pintar. Bila kamu perhatikan, jurusan-jurusan yang membutuhkan fasilitas perkuliahan yang lebih kompleks, seperti alat-alat praktikum dan laboratorium, cenderung menerapkan biaya UKT yang lebih tinggi. Iya, seperti Jurusan Kedokteran itu tadi, Sobat.

Lantaran keadaan ekonomi orang tua/keluarga setiap mahasiswa berbeda, pihak kampus membuat pengelompokan UKT agar biaya UKT yang ditanggung sesuai dengan kondisi ekonomi masing-masing. Biaya kuliahmu nanti bakal termasuk ke dalam golongan UKT berapa? Nah, itu nanti pihak kampus yang akan menentukan berdasarkan data-data yang sudah kamu serahkan, seperti penghasilan dan jumlah tanggungan orang tua.

Last but not least, UKT dibayar tiap apa? UKT, sama seperti SPP, dibayarkan setiap semester. Memang jumlah yang tak sedikit, makanya kita enggak boleh menyia-nyiakan kesempatan untuk belajar di perguruan tinggi, Sobat Pintar. Kuliah yang rajin, ya!

30

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog