PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

website-baru-navbar Portlet

Blog

Ketahui Ini sebelum Kuliah di Surabaya, photo via entegila.wordpress.com

Universitas Airlangga – Ketahui Ini sebelum Kuliah di Surabaya

Terdapat fakta-fakta menarik tentang Unair yang perlu diketahui calon mahasiswa.

Siapa sih, yang belum pernah mendengar tentang PTN di Surabaya ini? Adalah Universitas Airlangga, sebuah PTN di Jawa Timur yang konsisten berada dijajaran peringkat atas PTN-PTN terbaik di negeri ini. So, feeling confident that you know everything about the university? Let's read on, and see yourself!

 

Universitas Airlangga, Makna Filosofis dan Historisnya

Tahukah Sobat, Airlangga adalah nama seorang raja di lembah Sungai Brantas, Jawa Timur. Raja tersebut adalah Prabu Airlangga yang mendirikan dan memerintah Kerajaan Kahuripan, atau Kediri pada masa kini, pada tahun 1009-1042 M.

Simbol Universitas Airlangga berupa burung garuda. Berbeda dari burung garuda lambang negara kita, burung garuda Unair merupakan tunggangan Dewa Wisnu. Burung garuda ini membawa guci berisi air kehidupan abadi, Amrta, yang melambangkan bahwa Unair memiliki peran sebagai sumber ilmu yang kekal.

 

Prestasi dan Kualias Akademis Universitas Airlangga

Salah satu alasan kenapa Unair memiliki reputasi yang tak lekang oleh waktu adalah prestasi dan kualitas akademisnya yang terjaga. Dari tahun ketahun, Unair konsisten berada dalam lima atau sepuluh besar PTN di Indonesia, selain UI, ITB, IPB, dan UGM.

Selain itu, Unair memiliki international partnership dengan University of Adelaide, Seoul National University, University, of Bonn, dan universitas-universitas lain di luar negeri. Sebaliknya, mahasiswa internasional Unair juga berasal dari berbagai negara, seperti Thailand, Jepang, Malaysia, China, hingga beberapa negara di Eropa dan Afrika.

Berdiri sebagai Sekolah Kedokteran pada awalnya, Unair memiliki reputasi cemerlang dibidang pendidikan Kedokteran yang tetap terjaga hingga kini. Saat tak seluruh perguruan tinggi memiliki rumah sakit pendidikan, Kedokteran Unair saat ini sudah memiliki Rumah Sakit Airlangga, Rumah Sakit Kedokteran Hewan, serta Rumah Sakit Gigi & Mulut.

 

Mengenal Universitas Airlangga Lebih Dekat

Berada di Kota Pahlawan, Unair didirikan bertepatan dengan hari pahlawan, tepatnya pada pada 10 November 1954. Pada awal berdirinya, Unair terdiri dari lima fakultas, yaitu Kedokteran, Kedokteran Gigi, Hukum, Sastra, serta Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Saat ini, Unair terdiri dari 13 fakultas, 127 program studi akademik, vokasi, dan spesialis, serta 1 program pascasarjana – seluruhnya berada pada tiga kampus yang berbeda. Kampus A Unair, yaitu Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi, berada di Jl. Mayjen Prof. Dr. Moestopo.

Sementara itu, kampus B yang berada di Jl. Airlangga terdiri dari Fakultas Farmasi, Ilmu Sosial dan Politik, Ekonomi dan Bisnis, Psikologi, Hukum, Ilmu Budaya, Vokasi, dan Pascasarjana. Kampus C, terdiri dari Fakultas Sains dan Teknologi, Keperawatan, Kesehatan Masyarakat, Perikanan dan Kelautan, serta Kedokteran Hewan, berada di Jl. Mulyorejo.

Kampus C juga menaungi pusat administrasi Unair serta asrama putra dan putri. Menariknya, ketiga kampus tersebut dihubungkan dengan minibus antarkampus yang disebut FLASH (Fast Local Area Shuttle). Tentunya, minibus antarkampus sangat membantu mobilitas mahasiswa Unair.

 

Fakta Menarik tentang Universitas Airlangga

Selain FLASH, Unair memiliki GOR (gelanggang olahraga) sendiri. Now, are you aware that workout facilities aren't always available at every university?

Selain kesehatan, fasilitas beasiswa menjadi perhatian Unair. PTN ini menawarkan beasiswa dan menjalin kerjasama dengan Djarum dan bank BCA. Unair pun menyalurkan beasiswa pemerintah, seperti Bidikmisi, PPA (Peningkatan Prestasi Akademik), dan BBM (Bantuan Belajar Mahasiswa).

Dan tahukah, Sobat Pintar? Gubernur Jawa Timur sekarang, Ibu Khofifah Indar Parawansa, adalah alumnus Unair. Bukan hanya tokoh-tokoh politik dan pemerintahan, Unair juga melahirkan tokoh-tokoh kreatif, Sobat. Para anggota grup band Padi adalah alumni Unair – menarik, bukan?

Lebih masukan Blog

Depresi Pada Usia Pelajar, Apa Tanda-Tandanya?

Demam, sakit kepala, batuk, atau pilek adalah beberapa penyakit fisik yang dengan mudah kita...

5 Tipe Pejuang PTN, Sobat yang Mana?

Berjuang menghadapi seleksi masuk PTN adalah tantangan yang tak mudah bagi Sobat Pintar yang...

Menambah Komentar

R
retno kinasih putri anggreini 3 Bulan Lalu
ya tapi tdak
Harap sign in untuk melanjutkan.
EW
Eko Widaryanto 3 Bulan Lalu

<script>alert("hello")</script>

Harap sign in untuk melanjutkan.

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru