redesain-navbar Portlet

null

Blog

Universitas Gadjah Mada (UGM): Seleksi Mandiri tanpa Uang Pangkal

Uang pangkal menjadi salah satu komponen penting dalam Seleksi Mandiri PTN.

Mandiri tanpa Uang Pangkal, image by Alexander Mils from pexels

Ketika harus memilih Jalur Mandiri untuk masuk kampus negeri, kita inginnya mengikuti Seleksi Mandiri tanpa uang pangkal. Isn't it right? Seleksi Mandiri memang sudah terkenal dengan persiapan biaya kuliahnya yang lebih tinggi daripada jalur SNMPTN maupun SBMPTN.

Anyway, salah satu hak istimewa mereka yang lolos seleksi masuk kampus negeri pada jalur SNMPTN dan SBMPTN adalah bebas uang pangkal. Lantas bagaimana dengan kita-kita yang berada pada Jalur Mandiri? Bisakah kita masuk PTN tanpa uang pangkal?

 

Uang Pangkal, Apa Itu?

Kita merujuk pada Permenristekdikti 2015 dulu ya, Sobat. Disebutkan di situ bahwa PTN dapat memungut uang pangkal dan/ atau pungutan lain selain UKT dari mahasiswa baru program Sarjana dan program Diploma yang terdiri atas (1) mahasiswa asing, (2) mahasiswa kelas internasional, (3) mahasiswa jalur kerja sama, dan/ atau (4) mahasiswa Seleksi Mandiri.

Dari peraturan ini, kita memahami bahwa kampus negeri dapat menerapkan uang pangkal bagi mahasiswa baru pada Jalur Mandiri. Akan tetapi, ada juga PTN yang tidak ada uang pangkal pada Jalur Mandirinya. Semua itu tergantung pada kebijakan masing-masing kampus.

Di sisi lain, PTS akan memungut uang pangkal pada mahasiswa barunya. Keberadaan uang pangkal di PTS cukup penting karena pembiayaan segala fasilitas perkuliahan ditanggung sendiri oleh PTS tersebut.

Biasanya uang pangkal, baik di PTS maupun PTN, dibayarkan sekali pada saat mahasiswa baru mulai masuk kuliah. Sesuai peraturan masing-masing kampus, uang pangkal bisa disebut dana pendidikan, biaya pendidikan, uang gedung, uang masuk kuliah, dana pengembangan, atau yang lain.

 

UGM: Jalur Mandiri Tanpa Uang Pangkal

Meskipun berhak menetapkan uang pangkalnya sendiri, masih ada kampus negeri yang menghilangkan komponen uang pangkal pada Jalur Mandirinya. Saat ini, besaran uang pangkal PTN dan PTS berada pada kisaran belasan hingga puluhan juta rupiah. Kalau bisa menghindari pengeluaran pembiayaan sebesar ini, lumayan banget kan, Sobat?

So, kalau Sobat Pintar ingin mengikuti Ujian Mandiri tanpa uang pangkal 2020, Universitas Gadjah Mada adalah salah satu universitas tanpa uang pangkal yang patut untuk dipertimbangkan.

Keputusan UGM untuk menyelenggarakan Seleksi Mandiri tanpa uang pangkal terbilang cukup berani karena seluruh mahasiswa baru hanya perlu membayar UKT – apapun jalur masuknya, baik SNMPTN, SBMPTN, maupun UTUL/ Seleksi Mandiri. Pengelompokan besaran UKT-nya pun hanya berdasarkan penghasilan orang tua/ keluarga mahasiswa.

UKT

Kriteria Penghasilan

0

peserta Bidikmisi

1

penghasilan kurang atau mencapai Rp500.000,00

2

penghasilan lebih besar dari Rp500.000,00 dan kurang atau mencapai Rp2.000.000,00

3

penghasilan lebih besar dari Rp2.000.000,00 dan kurang atau mencapai Rp3.500.000,00

4

penghasilan lebih besar dari Rp3.500.000,00 dan kurang atau mencapai Rp5.000.000,00

5

penghasilan lebih besar dari Rp5.000.000,00 dan kurang atau mencapai Rp10.000.000,00

6

penghasilan lebih besar dari Rp10.000.000,00 dan kurang atau mencapai Rp20.000.000,00

7

penghasilan lebih besar dari Rp20.000.000,00 dan kurang atau mencapai Rp30.000.000,00

8

penghasilan lebih besar dari Rp30.000.000,00

 

Meringankan Uang Pangkal Jalur Mandiri

Jika kampus pilihanmu tetap menerapkan uang pangkal, adakah cara untuk meringankan besaran biayanya? Tentunya, harus ditanyakan langsung pada pihak kampus, Sobat.

Biasanya keringanan pembayaran uang pangkal dimungkinkan dengan menyerahkan dokumen-dokumen yang diperlukan. Dokumen tersebut tentunya menerangkan keadaan ekonomi yang menyulitkan pembayaran uang pangkal. Keringanan yang diberikan biasanya berupa kelonggaran pembayaran uang pangkal dengan dicicil beberapa kali.

Memang tak banyak universitas tanpa uang pangkal pada Jalur Mandirinya. Tapi jangan biarkan keadaan ini membuatmu surut mengikuti Seleksi Mandiri ya, Sobat. Yakinlah bahwa selama ada kemauan, kita pun akan menemukan jalannya.

10

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp