redesain-navbar Portlet

null

Blog

7 Universitas Terbaik Kuliah Jurusan Manajemen – Mana Pilihanmu?

Baik negeri maupun swasta, kuliah Manajemen bisa dijalani di kampus terbaik.

Kuliah Jurusan Manajemen, image by Corinne Kutz from unsplash

Siapa nih, diantara Sobat Pintar yang ingin kuliah Manajemen? Saking banyaknya peminat jurusan ini, rasa-rasanya bolehlah jurusan ini dibilang jurusannya sejuta calon mahasiswa. Salah satu sebab membanjirnya peminat adalah karena prospek kerja Jurusan Manajemen yang terbilang bagus.

Sah-sah saja lho, punya motivasi seperti ini ini untuk memilih jurusan kuliah. Tapi jangan sampai mengabaikan faktor-faktor lain seperti minat dan kemampuanmu ya, Sobat.

Dan jika pilihan hatimu sudah mantap jatuh pada Jurusan Manajemen Bisnis, berikutnya tentukan kampus mana yang akan Sobat pilih. Again, jurusan sejuta calon mahasiswa ini ada di banyak kampus. Biar nggak bingung, let's break them all down into seven universities below.

 

1. Universitas Indonesia

Sepertinya tak ada yang meragukan reputasi dan kualitas Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI ya, Sobat. Buktinya, Ibu Menkeu Sri Mulyani dan Tasya Kamila adalah dua alumni FEB UI. Manajemen sendiri merupakan salah satu departemen di fakultas ini.

Apa saja yang dipelajari di Jurusan Manajemen UI? Ada empat konsentrasi di jurusan ini yaitu Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Operasi, serta Manajemen Sumber Daya Manusia dan Organisasi. Selain itu, ada pilihan Prodi Bisnis Islam bagi Sobat Pintar yang ingin belajar khusus tentang bisnis syariah.

 

2. Institut Teknologi Bandung

Siapa bilang mahasiswa ITB hanya anak-anak teknik? Sekolah Bisnis dan Manajemen adalah satu-satunya sekolah dalam rumpun Soshum di ITB. Sobat Pintar dari kelas IPS bisa masuk ITB, nih! Selain mereka yang kuliah Manajemen, mahasiswa SBM juga berasal dari Kewirausahaan dan Bisnis Internasional.

Eitts! Jangan buru-buru bertanya kuliah Jurusan Manajemen kerjanya jadi apa kalau kuliah di ITB. Kuliah Manajemen di kampus negeri ini tersedia lengkap sampai ke jenjang magister – Master of Science in Management dan Master of Business Administration. Kalau bisa lanjut kuliah lagi, kenapa tidak, Sobat?

 

3. Universitas Diponegoro

Ingin kuliah Manajemen di Undip? Boleh banget, Sobat! Selain Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Undip juga menaungi Jurusan Ekonomi Islam, Akuntansi, serta Ilmu Ekonomi dan Pembangunan.

Jurusan Manajemen Bisnis Undip bisa menjadi alternatif menarik buat Sobat Pintar yang sudah berencana melanjutkan kuliah S2 sedari sekarang. Tak kalah dari ITB, Undip pun punya S2 Magister Manajemen.

 

4. Universitas Airlangga

Did you know, Sobat? Pada awalnya, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unair adalah Perguruan Tinggi Ekonomi Krisnadwipayana. Kini, ada empat departemen di FEB Unair, yaitu Akuntansi, Ekonomi Syariah, Ilmu Ekonomi, dan, tentu saja, Jurusan Manajemen Bisnis.

 

5. Universitas Gadjah Mada

Harus siap bersaing dengan ribuan calon mahasiswa lain kalau cita-citamu kuliah Manajemen di UGM, Sobat! But it's surely worth the fight. Sebagai alumni FEB UGM, tak perlu lagi bertanya-tanya kuliah Jurusan Manajemen kerjanya jadi apa. Sebagian mereka ada yang berkarier sampai pada level Manajer, bahkan CEO.

How is it possible? Salah satu sebabnya adalah bekal keilmuan dan kecakapan yang diperoleh selama kuliah Manajemen di UGM. Apa saja yang dipelajari di Jurusan Manajemen UGM? Mahasiswa Jurusan Manajemen Bisnis UGM belajar tentang bagaimana mengelola laba perusahaan, menjalankan bisnis, membuat strategi pemasaran, dan masih banyak lagi.

 

6. IPMI International Business School

Kampus swasta ini berada di kawasan Kalibata, Jakarta. Yang menarik, perkuliahan bisnis di IPMI menggunakan Bahasa Inggris. Bahkan, metode pembelajarannya pun mengadaptasi perkuliahan Harvard University.

Masih ada lagi yang unik di sini, Sobat. Prodi Manajemen IPMI menawarkan tiga penjurusan yaitu Bisnis Internasional, Kewirausahaan dan Manajemen, serta Akuntansi dan Keuangan. Master of Management pada jenjang S2 juga sudah ada di IPMI. Apakah ini alternatif kuliah Manajemen buatmu, Sobat?

 

7. Prasetya Mulya Business School

Masih ada satu lagi kampus swasta yang bisa menjadi alternatif kuliah Manajemen, yaitu Prasetya Mulya. Ketenaran Jurusan Manajemen Bisnis di kampus ini boleh disandingkan dengan kampus-kampus negeri di atas lho, Sobat.

Pilihan jurusan kuliah di Prasetya Mulya adalah Bisnis Perhotelan, Hukum Bisnis Internasional, Bisnis Ekonomi, Keuangan dan Perbankan, Event, Pemasaran, Bisnis, dan Akuntansi. Pada jenjang S2, kampus swasta ini sudah menawarkan Magister Manajemen. See? Nggak kalah dengan kampus-kampus negeri besar, kan?

 

Apapun pilihan kampusmu untuk kuliah Manajemen, semangatmu belajar akan tetap jadi yang terpenting. But wait, tak ada salahnya sebelum kuliah kita cari tahu lebih banyak tentang apa itu Jurusan Manajemen – agar tak seperti membeli kucing dalam karung, Sobat!

Lagipula, konsentrasi Jurusan Manajemen Bisnis itu ada banyak. Kalau kita bisa mengetahuinya sedari sekarang, isn't it a benefit? So, until then, make the best use of your time, will you?

10

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp