redesain-navbar Portlet

null

Blog

Cek Peluangmu Seleksi Mandiri: Jurusan Hubungan Internasional (HI) di 7 PTN

Pertimbangkan daya tampung untuk masuk HI melalui Jalur Mandiri.

Jurusan Hubungan Internasional, image by Pixabay from pexels

Sudah bulatkah tekad hatimu untuk kuliah di Jurusan Hubungan Internasional, Sobat? Apa sih yang membuatmu begitu mantap menjatuhkan pilihan pada jurusan ini? But hey, if it's your goal, don't hesitate to chase it! Termasuk juga, pertimbangkan Jalur Mandiri bila hasil SBMPTN tak sesuai harapanmu.

Anyway, Seleksi Mandiri memang sudah di depan mata – nggak bakal jauh-jauh dari jadwal pengumuman SBMPTN, kok! Tapi mengikuti Seleksi Mandiri juga memerlukan persiapan tersendiri. Salah satu persiapan yang terhitung penting adalah ketahui daya tampung Jurusan Hubungan Internasional di kampus incaranmu.

 

1. Universitas Gadjah Mada

Ilmu Hubungan Internasional UGM memiliki daya tampung total 80 mahasiswa baru pada tahun 2020. Meskipun berada di rumpun Soshum, Ilmu Hubungan Internasional UGM menerima calon mahasiswa baru dari kelas IPA juga. Barangkali ini kesempatan yang patut dipertimbangkan bagi Sobat Pintar yang ingin lintas jurusan di Jalur Mandiri, nih!

 

2. Universitas Indonesia

Berapakah daya tampung HI di Simak UI? Pada tahun 2020 ini, UI akan menerima 30 mahasiswa baru Ilmu Hubungan Internasional pada Jalur Mandirinya. Pada Simak 2019, ada 2.867 pendaftar di HI UI. Berapa keketatan masuknya? Mencapai 0,73%, Sobat! You bet it's going to be fierce.

 

3. Universitas Airlangga

Bukan di Fakultas Hubungan Internasional ya, Sobat! Jurusan Ilmu Hubungan Internasional Unair berada di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. And did you know what the best part of International Relations at Unair is?

Daya tampung Mandirinya mencapai 60 kursi! Kuota ini adalah yang terbesar bila dibandingkan dengan kuota Jurusan Hubungan Internasional pada jalur SNMPTN dan SBMPTN – masing-masing 24 dan 36. Meskipun daya tampung tidak mencerminkan tingkat keketatan masuk yang rendah, bukankah proporsi Mandiri HI Unair ini cukup menggiurkan?

 

4. Universitas Jenderal Soedirman

Jurusan Hubungan Internasional Unsoed akan menerima 80 mahasiswa baru pada tahun 2020. Persentase Jalur Mandirinya mencapai 30%, sehingga kuota mahasiswa baru pada jalur ini sebanyak 24 kursi. Kuota terbanyak HI Unsoed memang berada pada SBMPTN – mencapai 40 kursi.

 

5. Universitas Diponegoro

Hingga sekarang beberapa universitas negeri masih belum merilis informasi terkait dengan Seleksi Mandirinya, termasuk pula Undip. Namun pada Seleksi Mandiri 2019, Jurusan Hubungan Internasional Undip menerima 33 mahasiswa baru. Keep your eye on the university's update if it's your goal, Sobat!

 

6. Universitas Andalas

Ilmu Hubungan Internasional Unand akan menerima 36 mahasiswa baru pada Seleksi Mandiri 2020. Tak beda dari Seleksi Mandiri UGM, jurusan yang berada di rumpun Soshum Unand ini pun menerima calon mahasiswa baru dari kelas IPA dan IPS.

Perkuliahan dan materi Hubungan Internasional memang tak seputar ilmu-ilmu sosial saja. Lantas, apa yang dipelajari di Hubungan Internasional? Nah, di sinilah unik dan menariknya jurusan ini. Mengingat profesi yang akan disandang alumni HI cukup beragam, mahasiswa jurusan ini pun harus mencakapkan diri dengan berbagai pengetahuan dan keterampilan – termasuk sains.

 

7. Universitas Lampung

Seleksi Mandiri Unila tergabung dalam SMMPTN-Barat – Jalur Mandiri yang diselenggarakan secara bersama-sama antar PTN di BKS-PTN Indonesia Wilayah Barat. Pendaftaran SMMPTN Barat 2020 sendiri dijadwalkan pada 10 Juli sampai 22 Agustus 2020. Ujian direncanakan berlangsung pada 25-26 Agustus 2020 dan pengumumannya pada 2 September 2020.

Diperkirakan mahasiswa baru Jurusan Hubungan Internasional yang akan diterima di Unila pada SMMPTN 2020 adalah sebanyak 27 orang – berdasar pada kuota SMMPTN 2019. Bukan hanya Sobat Pintar dari kelas IPA dan IPS yang boleh mengikuti seleksi untuk HI Unila, tapi juga Sobat dari kelas Bahasa, lho!

 

Jalur Mandiri memang bukan jawaban terakhir. Masih ada kampus-kampus swasta dengan kualitas perkuliahan Ilmu Hubungan Internasional yang patut disandingkan dengan kampus-kampus negeri di atas.

Memang tak ada yang sempurna. Setiap pilihan membawa konsekuensinya masing-masing, baik kuliah di kampus swasta maupun kampus negeri Jalur Mandiri. That's why, think through and through before making up your mind, Sobat.

10

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp