redesain-navbar Portlet

null

Blog

4 Karakter Jempolan Calon Mahasiswa Jurusan Hubungan Internasional

Kuliah di jurusan yang sesuai dengan kepribadian diri akan terasa lebih menyenangkan.

Mahasiswa Jurusan Hubungan Internasional, image credit Porapak Apichodilok

Apakah syarat masuk Jurusan Hubungan Internasional harus jago Bahasa Inggris? Come on, let's be honest. Apakah pertanyaan seperti ini pernah terlintas di pikiran, Sobat?

Hubungan Internasional adalah salah satu jurusan di rumpun Soshum yang cukup populer. Jurusan ini tak hanya diminati oleh anak IPS, tapi juga anak IPA yang ingin lintas jurusan saat kuliah. Namun dari kelas apapun, apakah Sobat sebenarnya memiliki karakter yang sesuai dan dibutuhkan untuk kuliah di jurusan ini?

Sudah tahukah Sobat karakter yang dimaksud? Biar tak bertanya-tanya terlalu jauh, ayo kenali apa saja yang dibutuhkan oleh mahasiswa yang mengambil kuliah Jurusan Hubungan Internasional.

 

1. Memiliki Minat tentang Segala Sesuatu yang Terkait dengan Interaksi Internasional

Apa yang dipelajari di Jurusan Hubungan Internasional? Namanya juga Hubungan Internasional, jadi jangan heran kalau kuliahnya tentu seputar relasi yang terjadi di dunia.

Pada tahun pertama perkuliahan saja, mahasiswa HI sudah belajar tentang dasar-dasar hubungan internasional. Pada semester-semester lanjut, mata kuliah Jurusan Hubungan Internasional mencakup politik global, keamanan global, hubungan antar negara, konflik dan perdamaian, ekonomi politik, bahkan pembangunan internasional.

A self reflection note: apakah isu-isu dunia di bidang politik, ekonomi, hingga keamanan cukup menarik bagimu selama ini, Sobat?

 

2. Memiliki Keterampilan Komunikasi Interpersonal dan Berdiplomasi yang Baik

Again, apa yang dipelajari di Jurusan Hubungan Internasional adalah seputar relasi, interaksi, dan komunikasi secara internasional. Jadi pastinya mahasiswa HI wajib memiliki keterampilan berkomunikasi yang baik dengan orang lain.

Komunikasi interpersonal pada umumnya merupakan kekuatan orang-orang ekstrovert. Tapi keterampilan berkomunikasi dapat dilatih kok, Sobat. Misalnya, dengan memperbaiki keterampilan verbalmu dalam menggunakan Bahasa Inggris atau bahasa asing yang lain.

A self reflection note: yes, some people are blessed with excellent communication skill. Some others are natural diplomatic type of people. Now, are you that person, Sobat? Or else, are you willing to be that person?

 

3. Memiliki Minat untuk Belajar Berbagai Budaya dan Bahasa Asing di Dunia

Tak hanya politik, ekonomi, atau keamanan, tapi budaya juga menjadi bagian penting dalam studi Hubungan Internasional. Beberapa mata kuliah Jurusan Hubungan Internasional tentang budaya misalnya Budaya dan Bahasa Perancis, Masyarakat Budaya Politik Asia Tenggara, Studi Hubungan Kultural Dunia, dan lain sebagainya.

Nah, menjawab pertanyaan di awal, apakah syarat masuk Jurusan Hubungan Internasional harus jago Bahasa Inggris? The answer is no. But international language is a significant aspect in global communication. Dan pastinya, keterampilan berbahasa ini akan sangat dibutuhkan kelak setelah Sobat lulus kuliah Jurusan Hubungan Internasional.

A self reflection note: apakah Sobat Pintar tak mengalami kesulitan berarti saat belajar dan menggunakan (berbagai) bahasa selama ini? Seberapa baik minatmu pada pengenalan dan pemahaman akan budaya di luar daerahmu?

 

4. Suka Menganalisis, Melakukan Riset, dan Memecahkan Masalah

Alumni HI berpeluang untuk menjalani berbagai profesi, salah satunya adalah diplomat. Ketika, misalnya, ada WNI yang mengalami masalah di suatu negara yang memiliki kerja sama diplomatik dengan Indonesia, maka tugas diplomat adalah bernegosiasi dan terlibat aktif mencari solusi atau jalan keluar yang dibutuhkan.

Untuk itu dibutuhkan kejelian analisis dan riset yang cukup. Keterampilan ini dapat dipertajam selama kuliah, baik di kampus negeri maupun kampus swasta. Beberapa universitas yang ada Jurusan Hubungan Internasional misalnya Universitas Gadjah Mada, Universitas Katolik Parahyangan, dan masih banyak lagi.

A self reflection note: apakah Sobat selama ini suka diam-diam menganalisis segala sesuatu di sekitarmu? Apakah Sobat suka mencari tahu tentang sesuatu, khususnya tentang perkembangan global, secara mendalam? Seberapa baik problem solving skill-mu, Sobat?

 

So, are you confident that you have all of the traits above? Jika tidak, atau belum, tak perlu buru-buru berkecil hati, Sobat. Take your time, barangkali Sobat hanya butuh lebih banyak waktu untuk memperbaiki kualitas dan memantaskan diri. Atau sebaliknya, mungkin kuliah Jurusan Hubungan Internasional masih kurang tepat untukmu.

It's okay to doubt yourself for a while. Tapi jangan lama-lama ya, Sobat! Dan jangan lupa, jika perlu Sobat Pintar dapat menggunakan bantuan seperti Minat Pintar.

80

Lebih masukan Blog

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp