redesain-navbar Portlet

null

Blog

Perbedaan UTBK - SBMPTN Lengkap: Ketahui sebelum Masuk Kuliah

Penting mengetahui perbedaan UTBK dan SBMPTN karena penggunaan keduanya yang sering tumpang tindih.

Perbedaan UTBK - SBMPTN, photo by fotografierende on pexels

Cukup sering digunakan berganti-ganti, sebenarnya apa perbedaan UTBK dan SBMPTN? Kalau dari kepanjangannya saja, Sobat Pintar pasti sudah tahu. UTBK adalah Ujian Tulis Berbasis Komputer. Sementara SBMPTN adalah Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri.

Tapi UTBK SBMPTN memang cukup sering digunakan silih berganti. Padahal, dari kepanjangannya saja di atas, keduanya memang berbeda, bukan? Well, biar makin jelas, kita kepoin satu-satu, skuy!

 

Apa Itu UTBK?

Pengertian UTBK sendiri merupakan ujian atau tes seleksi yang kita ambil untuk masuk PTN. Again, kepanjangan UTBK adalah Ujian Tulis Berbasis Komputer. Artinya, kita akan menggunakan komputer selama ujian – bukan kertas lembar jawaban dan pensil. UTBK sendiri dicetuskan sejak 2018, kemudian mulai dilaksanakan pada tahun 2019.

Sebagai gambaran, analogikan UTBK dengan TOEFL, Sobat. Jika ingin mengambil tes Bahasa Inggris ini, kita harus menghubungi institusi yang menyelenggarakan TOEFL. Kemudian hasil tesnya dapat kita gunakan sesuai kebutuhan, seperti untuk mengajukan beasiswa atau mengikuti wisuda.

Begitu pula dengan UTBK, Sobat. Sejak 2019, UTBK diselenggarakan oleh LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi), yang juga mengelola pendaftaran, penjadwalan, hingga pengumuman hasil ujian.

Ada tiga pilihan rumpun di UTBK, yaitu Saintek, Soshum, dan Campuran. Mata uji UTBK terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) – kecuali pada UTBK 2020. Penyelenggaraan UTBK 2020 harus menyesuaikan dengan situasi pandemi yang tengah berlangsung, sehingga rumpun Campuran dan mata uji TKA ditiadakan.

Terlepas dari perbedaan antara UTBK 2019 dan 2020, skor yang diperoleh dari UTBK akan kita gunakan untuk mendaftar ke PTN saat SNMPTN. Nah, dari sini kita sudah bisa melihat perbedaan UTBK dan SBMPTN, bukan?

 

Apa Itu SBMPTN?

SBMPTN adalah Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Perlu Sobat ketahui, hingga 2018 seleksi masuk PTN berlangsung dalam satu tahap – seperti pada SBMPTN UTBK 2020. Kita memilih jurusan dan PTN sebelum ujian, kemudian menunggu pengumuman apakah lolos seleksi masuk pada jurusan dan PTN yang diincar atau tidak.

Sejak 2019, dengan adanya UTBK, proses masuk PTN berubah – again, dengan pengecualian pada UTBK SBMPTN 2020. As it's mentioned earlier, kita mengikuti ujian dulu (UTBK). Kemudian, skor hasil ujian tersebut kita gunakan untuk mendaftar ke PTN yang diincar. Saat mengikuti proses pendaftaran di PTN inilah kita sedang mengikuti SBMPTN.

Namun sebenarnya SBMPTN UTBK tak bisa dipandang sebagai dua proses yang terpisah, Sobat. Bukankah skor dari UTBK yang akan kita gunakan untuk mengikuti SBMPTN? Itulah sebabnya, kita biasa memahami pengertian SBMPTN sebagai jalur tes masuk PTN.

For your information, jalur tes masuk PTN ini mengalami perubahan nama selama bertahun-tahun. Sejak tahun 1970-an, jalur tes ini disebut Sipenmaru, kemudian menjadi UMPTN, SPMB, bahkan SNMPTN Tertulis sebelum menjadi SBMPTN.

Saat ini, SNMPTN dan SBMPTN berbeda ya, Sobat! SBMPTN adalah jalur tes untuk masuk PTN, sedangkan SNMPTN dikenal sebagai jalur undangan. Alih-alih ujian (UTBK), jalur SNMPTN menggunakan data prestasi akademik dan non-akademik selama kita sekolah.

 

UTBK SBMPTN: Kesimpulan

Kalau begitu, apa yang dapat kita simpulkan tentang perbedaan UTBK dan SBMPTN? Pertama, UTBK SBMPTN itu dua hal yang berbeda. Akan tetapi, salah satunya takkan dapat berlangsung tanpa yang lain. Keduanya berkaitan karena hasil UTBK digunakan untuk SBMPTN.

Kedua, UTBK adalah tes atau ujian. Again, hasil UTBK digunakan untuk mengikuti SBMPTN. Tapi jika Sobat Pintar memutuskan untuk tidak mengikuti SBMPTN setelah mengikuti UTBK, boleh-boleh saja, kok!

Asal Sobat tahu, nih. Skor UTBK juga bisa digunakan untuk mengikuti Seleksi Mandiri – tergantung kebijakan PTN masing-masing. Ada juga PTS yang menyeleksi calon mahasiswa barunya dengan menggunakan skor UTBK. Jadi, kita punya berbagai pilihan setelah UTBK, Sobat!

Terakhir, SBMPTN adalah jalur masuk PTN dengan menggunakan skor hasil UTBK. Karena itulah, SBMPTN sering disebut sebagai jalur tes.

 

Nah, nggak nanya-nanya lagi tentang perbedaan UTBK dan SBMPTN, kan? Sekarang Sobat nggak akan bingung lagi dengan penggunaan istiilah UTBK SBMPTN atau SBMPTN UTBK.

140

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet