redesain-navbar Portlet

null

Blog

Kuliah Jurusan Hubungan Internasional: Karakter dan Prospek Kerjanya

Kuliah di jurusan yang sesuai dengan kepribadian diri akan terasa lebih menyenangkan.

Mahasiswa Jurusan Hubungan Internasional, image credit Porapak Apichodilok

Apakah syarat masuk Jurusan Hubungan Internasional harus jago Bahasa Inggris? Come on, let's be honest. Apakah pertanyaan seperti ini pernah terlintas di pikiran, Sobat?

Hubungan Internasional adalah salah satu jurusan di rumpun Soshum yang cukup populer. Jurusan ini tak hanya diminati oleh anak IPS, tapi juga anak IPA yang ingin lintas jurusan saat kuliah. Namun dari kelas apapun, apakah Sobat sebenarnya memiliki karakter yang sesuai dan dibutuhkan untuk kuliah di jurusan ini?

Sudah tahukah Sobat karakter yang dimaksud? Biar tak bertanya-tanya terlalu jauh, ayo kenali empat hal yang dibutuhkan oleh calon mahasiswa yang ingin kuliah Jurusan Hubungan Internasional. Tak hanya itu, kita juga akan cari tahu bagaimana prospek kerja Hubungan Internasional dan di mana kampus dengan Jurusan Hubungan Internasional akreditasi A. Lengkap, bukan?

 

1. Memiliki Minat tentang Segala Sesuatu yang Terkait dengan Interaksi Internasional

Apa yang dipelajari di Jurusan Hubungan Internasional? Namanya juga Hubungan Internasional, jadi jangan heran kalau kuliahnya tentu seputar relasi yang terjadi di dunia.

Pada tahun pertama perkuliahan saja, mahasiswa HI sudah belajar tentang dasar-dasar hubungan internasional. Pada semester-semester lanjut, mata kuliah Jurusan Hubungan Internasional mencakup politik global, keamanan global, hubungan antar negara, konflik dan perdamaian, ekonomi politik, bahkan pembangunan internasional.

A self reflection note: apakah isu-isu dunia di bidang politik, ekonomi, hingga keamanan cukup menarik bagimu selama ini, Sobat?

 

2. Memiliki Keterampilan Komunikasi Interpersonal dan Berdiplomasi yang Baik

Again, apa yang dipelajari di Jurusan Hubungan Internasional adalah seputar relasi, interaksi, dan komunikasi secara internasional. Jadi pastinya mahasiswa HI wajib memiliki keterampilan berkomunikasi yang baik dengan orang lain.

Komunikasi interpersonal pada umumnya merupakan kekuatan orang-orang ekstrovert. Tapi keterampilan berkomunikasi dapat dilatih kok, Sobat. Misalnya, dengan memperbaiki keterampilan verbalmu dalam menggunakan Bahasa Inggris atau bahasa asing yang lain.

A self reflection note: yes, some people are blessed with excellent communication skill. Some others are natural diplomatic type of people. Now, are you that person, Sobat? Or else, are you willing to be that person?

 

3. Memiliki Minat untuk Belajar Berbagai Budaya dan Bahasa Asing di Dunia

Tak hanya politik, ekonomi, atau keamanan, tapi budaya juga menjadi bagian penting dalam studi Hubungan Internasional. Beberapa mata kuliah Jurusan Hubungan Internasional tentang budaya misalnya Budaya dan Bahasa Perancis, Masyarakat Budaya Politik Asia Tenggara, Studi Hubungan Kultural Dunia, dan lain sebagainya.

Nah, menjawab pertanyaan di awal, apakah syarat masuk Jurusan Hubungan Internasional harus jago Bahasa Inggris? The answer is no. But international language is a significant aspect in global communication. Dan pastinya, keterampilan berbahasa ini akan sangat dibutuhkan kelak setelah Sobat lulus kuliah Jurusan Hubungan Internasional.

A self reflection note: apakah Sobat Pintar tak mengalami kesulitan berarti saat belajar dan menggunakan (berbagai) bahasa selama ini? Seberapa besar minatmu pada pengenalan dan pemahaman akan budaya di luar daerahmu?

 

4. Suka Menganalisis, Melakukan Riset, dan Memecahkan Masalah

Alumni HI berpeluang untuk menjalani berbagai profesi, salah satunya adalah diplomat. Ketika, misalnya, ada WNI yang mengalami masalah di suatu negara yang memiliki kerja sama diplomatik dengan Indonesia, maka tugas diplomat adalah bernegosiasi dan terlibat aktif mencari solusi atau jalan keluar yang dibutuhkan.

Untuk itu dibutuhkan kejelian analisis dan keterampilan riset yang cukup. Skills ini dapat kita pelajari selama Kuliah Jurusan Hubungan Internasional.

A self reflection note: apakah Sobat selama ini suka diam-diam menganalisis segala sesuatu di sekitarmu? Apakah Sobat suka mencari tahu tentang sesuatu, khususnya tentang perkembangan global, secara mendalam? Seberapa baik problem solving skill-mu, Sobat?

 

Prospek Kerja Hubungan Internasional

Memiliki karakter jempolan di atas, didukung dengan skill dan pengetahuan yang memadai, bukan tidak mungkin peluang kerja terbuka lebar bagi lulusan Hubungan Internasional. As it's mentioned earlier, salah satu prospek kerja HI adalah diplomat.

Padahal, prospek kerja Hubungan Internasional itu bukan cuma diplomat atau bekerja di Kemenlu, Sobat. Berbagai peluang kerja Hubungan Internasional yang bisa diraih oleh lulusan jurusan ini antara lain menjadi duta besar, staf kedutaan, staf ahli kementerian, jurnalis, hingga dosen.

Ternyata prospek kerja Hubungan Internasional itu cukup beragam, bukan? Yes, of course, Sobat Pintar. It all depends on yourself, how you develop your character, skill, and knowledge. Untuk itu, perlu diperhatikan Sobat ingin menjadi lulusan Hubungan Internasional dari mana, nih?

 

Daftar Universitas di Indonesia dengan Jurusan Hubungan Internasional

Karena merupakan salah satu jurusan favorit, tak terlampau sulit untuk menemukan universitas yang ada Jurusan Hubungan Internasional. Tapi kalau kita bisa kuliah di Jurusan Hubungan Internasional akreditasi A, kenapa tidak?

Lantas, di mana sajakah Jurusan Hubungan Internasional akreditasi A? Kampus-kampus dengan Jurusan Hubungan Internasional terbaik di Indonesia antara lain:

1. Universitas Gadjah Mada

2. Universitas Hasanuddin

3. Universitas Padjadjaran

4. Universitas Jember

5. Universitas Indonesia

6. Universitas Jenderal Soedirman

7. Universitas Muhammadiyah Malang

8. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

9. Universitas Bina Nusantara

10. Universitas Airlangga

 

Dengerin Podcast tentang Pengamat Isu Hubungan Internasional dan Isu Senjata Nuklir

Nah, makin mantap memilih kuliah Jurusan Hubungan Internasional, Sobat? Atau sebaliknya, makin ragu-ragu? It's okay to doubt yourself for a while. Tapi jangan lama-lama ya! Karena sekarang sudah ada Tes Penjurusan yang dapat membantumu menentukan pilihan jurusan kuliah yang paling tepat.

1
170

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
1 Comment
text
00

CssBlog

metablog-web Portlet