redesain-navbar Portlet

null

Blog

5 Prospek Kerja Mahasiswa Teknologi Pangan Setelah Lulus Nanti

Persiapkan dirimu mulai sekarang

Dasi dengan berbagai warna | Gambar oleh: Pixabay

Pernahkah Sobat Pintar mendengar istilah teknologi pangan? Dan kira-kira apa yang dimaksud dengan teknologi pangan ini?. Teknologi pangan adalah program studi atau jurusan yang mempelajari tentang berbagai hal tentang bahan makanan. Seperti sifat fisik atau sifat kimia dari bahan makanan sampai belajar tentang mikrobiologis.

Dengan bekal pengetahuan dan kemampuan yang kamu miliki sebagai lulusan teknologi pangan. Peranmu akan sangat dibutuhkan di perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang food industry. Dan berikut kami telah merangkum 5 prospek teknologi pangan, apa saja? Here we go.

 

1. Menjadi wirausaha bidang supply bahan pangan

Siapa saja bisa menjadi wirausaha, nggak melulu mereka yang berasal dari fakultas ekonomi. Walaupun nantinya banyak waktu yang kamu habiskan belajar tentang teknologi pangan. Tetapi kuliah di jurusan teknologi pangan kamu juga akan belajar tentang manajemen industri.

Disini kamu akan belajar tentang pembuatan, pengemasan, hingga pendistribusian produk. Tentunya melalui materi ini walaupun lulusan teknologi pangan, kamu juga punya bekal pengetahuan tentang mikro ekonomi, yang bisa menjadi modal dasar kamu untuk berwirausaha.

 

2. Berkarir di lingkup pemerintahan? Siapa bilang nggak bisa!

Ada berbagai bidang yang bisa kamu masuki sebagai lulusan teknologi pangan. Umumnya adalah instansi pemerintah yang menangani dan melayani urusan terkait supply pangan nasional. Pertama adalah Kementerian Pertanian, yang pekerjaanya berkaitan erat dengan bahan pangan nasional.

Instansi pemerintah yang kedua yang bisa kamu masuki sebagai lulusan teknologi pangan adalah BPOM atau Badan Pengawas Obat dan Makanan. And the last one is LIPI atau Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

 

3. Bekerja sebagai konsultan pangan dan gizi untuk perusahaan

Bidang yang satu ini tentunya sangat relate dengan jurusan ilmu dan teknologi pangan yang kamu pilih. Sebagai konsultan tentunya pekerjaanmu nanti tidak jauh dari memberikan konsultasi terkait suatu produk makanan.

Konsultasi yang kamu berikan biasanya akan terkait tentang kualitas produk makanan, kandungan gizi, dan keamananya ketika dikonsumsi. Selain 3 hal tersebut, sebagai konsultan pangan dan gizi kamu juga bisa memberikan konsultasi terkait produksi, pemasaran, hingga market trend tentang makanan.

 

4. Bekerja sebagai product development

Dalam setiap perusahaan pasti memiliki satu divisi khusus yang mengurusi produk. Tidak terkecuali perusahaan yang bergerak di bidang food industry. Dengan bekal yang kamu miliki selama kuliah di teknik pangan, posisi yang satu ini tentunya sangat cocok untukmu.

Terlebih sebagai product development nantinya peran yang kamu miliki akan sangat vital. Karena selain bertanggung jawab atas mutu produk yang kamu kembangkan, kamu juga bertanggung jawab menjaga resep rahasia dari produk tersebut.

Masalah gaji tentunya jangan ditanya lagi, kamu akan mendapatkan lebih dari cukup karena peran yang kamu miliki.

 

5. Menjadi quality control untuk perusahaan food industry

Posisi quality control adalah posisi yang paling banyak diminati oleh lulusan teknik pangan. Walaupun sama-sama berhubungan dengan produk makanan tanggung jawab seorang quality control dan product development itu berbeda.

Jika product development cenderung lebih pada creating a good product. Untuk quality control akan bertanggung jawab pada aspek produksi dan penjaminan mutu dari suatu produk yang telah ditetapkan oleh product development.

 

Nah itu adalah 5 prospek yang bisa kamu dapatkan ketika lulus dari jurusan ilmu dan teknologi pangan. Selain 5 prospek seperti yang telah disebutkan, tidak menutup kemungkinan Sobat Pintar juga akan mendapat prospek yang lain.

Dari 5 prospek teknologi pangan ini juga akan menjawab pertanyaan seperti mengapa teknologi pangan sangat penting?, atau sebutkan teknik yang terdapat pada teknologi pangan. Untuk jawaban pertama tentunya seperti telah kamu ketahui peran teknologi pangan dalam rantai produksi itu sangat penting.

Dan untuk pertanyaan kedua, sebagai jurusan yang masuk dalam kelompok saintek dan lebih khusus kesehatan. Tentunya kamu akan belajar berbagai teknik pengolahan makanan yang baik dan benar, yang dapat membuat makanan tersebut lebih sehat dan aman untuk dikonsumsi.

Jadi buat Sobat Pintar yang akan memilih jurusan ilmu dan teknologi pangan sekarang nggak perlu khawatir lagi dengan prospek kerja yang kamu miliki.

00

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

popular-post-web Portlet

metablog-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp