redesain-navbar Portlet

null

Blog

7 Jurusan Kuliah untuk Orang Suka Bicara dan Ekstrovert

Beberapa jurusan kuliah tertentu direkomendasikan untuk ekstrovert yang suka bicara.

Jurusan Kuliah, photo by Olya Kobruseva on pexels

Ada nggak sih, jurusan kuliah orang suka bicara? If you're blessed with a verbally assertive trait, lucky you! Nggak semua orang mudah mengutarakan isi kepalanya secara verbal. While you have it, why don't you refine it – at university, for example?

And again, lucky you – karena memang ada jurusan-jurusan tertentu yang dianggap dapat mengembangkan bakatmu yang talkative. Daripada sekedar suka bicara tanpa manfaat, kenapa tak sekalian menjadikannya skill dengan kuliah di jurusan yang cocok untuk orang yang suka bicara? Here are some ideas for you, Sobat Pintar.

 

1. Ilmu Komunikasi

Well, the name defines itself: Communication Science. Bukankah cara komunikasi kita yang utama adalah secara verbal? Tak diragukan lagi, ini memang jurusan yang cocok untuk orang yang suka bicara!

Tapi bukan berarti mahasiswa Ilmu Komunikasi itu kuliah cuma buat belajar bicara. Lebih penting lagi, di jurusan kuliah ini kita belajar tentang bagaimana mengomunikasikan pesan secara efektif dan menarik. Ada banyak ilmu tentang komunikasi yang dapat kita pelajari di Jurusan Ilmu Komunikasi, termasuk tentang public speaking.

 

2. Psikologi

Ilmu Psikologi mempelajari tentang perilaku dan pemikiran manusia. Jangan berpikir Psikologi hanya tentang konseling, Sobat. Lebih luas, Psikologi mencakup interaksi dengan banyak orang seperti pada divisi Human Resource Department perusahaan. Karena bersinggungan erat dengan manusia, tak jarang Psikologi dianggap sebagai jurusan yang cocok untuk ekstrovert.

Ekstrovert memang terkenal talkative, bukan? Tapi sekedar suka bicara saja nggak cukup, Sobat. Kita perlu mengolah bakat bicara ini agar bermanfaat. Nah, kuliah di Jurusan Psikologi bisa menjadi alternatif kita belajar tentang ilmu berbicara.

 

 3. Hukum

Alumni jurusan ini identik dengan profesi pengacara – yang identik dengan kelihaiannya berbicara. Alhasil, Hukum pun dikenal sebagai jurusan kuliah orang suka bicara.

Sebenarnya Hukum tak serta merta menjadi jurusan yang cocok untuk orang yang suka bicara, Sobat. First thing first, pengetahuan dan pemahaman tentang Ilmu Hukum sendiri menjadi fokus terpenting selama kuliah. Next, kita belajar tentang bagaimana mengutarakan pemikiran dan mengemukakan argumen. Jadi, nggak ngasal aja bicaranya, ya!

 

4. Bahasa

Why do you learn a languae? Yes, you want to speak in the language – it's one of the purposes, at the very least. Mahasiswa berbagai jurusan kuliah bahasa (dan sastra), seperti Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Bahasa Jerman, dan lain-lain, belajar tentang ilmu berbicara.

Does it sound interesting for you, Sobat Pintar? Bagi orang-orang ekstrovert yang sangat aktif secara verbal, ilmu tentang public speaking yang dipelajari selama kuliah di jurusan bahasa tentu dirasa sangat bermanfaat.

 

5. Pendidikan

Guru adalah pahlawan yang jasanya akan tetap kita butuhkan sepanjang masa. Dan salah satu skill penting dalam profesi ini adalah public speaking. Jika pendidikan dan public speaking adalah minat terbesarmu, kenapa tak mempertimbangkan kuliah di jurusan pendidikan, Sobat?

Jurusan pendidikan itu ada banyak macamnya, seperti Pendidikan Guru PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), Pendidikan Guru Olah Raga, dan lain-lain. Namun apapun pilihanmu, pada umumnya jurusan pendidikan adalah jurusan yang cocok untuk ekstrovert yang banyak bicara.

 

6. Hubungan Internasional

Para ekstrovert biasanya juga tertarik dengan jurusan yang satu ini: Hubungan Internasional. Apalagi, ada kelas Diplomasi dan Negoisasi di jurusan kuliah ini! Tentu saja, ada ilmu public speaking yang bisa dipelajari dari berbagai mata kuliah lain di Jurusan Hubungan Internasional (HI).

Tak heran bila HI menjadi salah satu jurusan yang cocok untuk ekstrovert. Anyway, memang alumni HI banyak yang berprofesi sebagai diplomat, politisi, duta besar, dan profesi-profesi lain yang memerlukan skill berbicara yang baik.

 

7. Kesehatan Masyarakat

Salah satu fokus Kesehatan Masyarakat adalah memperbaiki tingkat kesehatan masyarakat secara umum. Untuk itu, mahasiswa Jurusan Kesehatan Masyarakat belajar tentang public speaking dan ilmu berbicara, terutama dalam kampanye dan penyuluhan kesehatan di tengah masyarakat.

Pastinya, Kesehatan Masyarakat adalah jurusan yang cocok untuk orang yang suka bicara. Pada masa pandemi seperti sekarang, misalnya, masyarakat dapat memperoleh informasi dan edukasi yang memadai melalui peran aktif alumni jurusan ini.

 

Manakah jurusan kuliah yang paling cocok untukmu, Sobat Pintar yang suka bicara? Bear in mind, sekedar suka bicara saja takkan memberi manfaat bagi orang-orang di sekitar kita. Kita bisa memperbaiki bakat bicara itu dengan ilmu, salah satunya dengan kuliah di jurusan yang cocok untuk orang yang suka bicara.

110

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet