redesain-navbar Portlet

null

Blog

Wajib Coba: 5 Makanan Pengencer Otak

Asupan makanan yang tepat dapat meningkatkan daya ingat.

Makanan Pengencer Otak, image credit istockphoto.com

"Topi tadi taruh mana, ya?" Pertanyaan ini bisa beragam, mulai dari kunci rumah, buku catatan, ponsel, hingga dompet. Semakin sering kita menggunakan kalimat pertanyaan seperti ini, biasanya kita mendapat tanggapan seperti "Dasar pelupa!" atau semacamnya.

Sesekali melupakan sesuatu? Wajar, kita hanya manusia biasa. Tapi bila sudah terlalu sering mendengar komplain dari orang-orang sekitar tentang kebiasaan pelupa kita, sepertinya kita perlu mulai waspada. We're still young! Losing memory at our age isn't funny at all.

Well, it's the worst case scenario. Tapi sebenarnya memiliki ingatan yang tajam berguna juga, Sobat. Bukan hanya tentang materi sekolah atau kuliah. Misalnya bertemu seseorang yang membuat kita terkesan, sayang sekali bila harus melupakan segalanya tentang orang tersebut dalam sekian menit berikutnya!

Jadi, bagaimana caranya memperkuat ingatan kita? Salah satunya melalui makanan. Yes, you read it right: food. Khususnya, makanan-makanan berikut inilah yang dapat membantu otak kita berfungsi maksimal.

 

1. Sayuran Hijau

Ada bayam yang berwarna merah dan hijau. Keduanya sama-sama bagus. Tapi khusus untuk meningkatkan memori otak, kita membutuhkan bayam yang berdaun hijau. Selain bayam, sayuran hijau lain yang memiliki efek sama yaitu brokoli, kubis brussel, bok choy, kubis, kembang kol, turnip, kale, dan collard.

Sayuran hijau tinggi akan vitamin K, flavonoid, vitamin C, beta karoten, folat, dan lutein. Nutrisi-nutrisi ini mampu mengurangi kerusakan dan memperpanjang usia sel otak kita. Sayuran berdaun hijau juga mampu meningkatkan dan mencegah penurunan fungsi kognitif.

 

2. Lemak atau Minyak Ikan

Ikan kaya akan asam lemak yang baik sekali untuk otak. Asam lemak omega-3 pada ikan, misalnya, dapat menunjang fokus dan daya ingat otak, serta menjaga kesehatan organ tubuh kita yang sangat berharga ini. Lemak pada ikan menguatkan memori, sedangkan omega-3 membantu regenerasi sel sehingga otak kita tetap sehat.

Did you know, Sobat? 60% otak kita merupakan lemak. Dan separuh dari lemak tersebut adalah omega-3. Saat kekurangan omega-3, kita menjadi sulit belajar, mudah depresi, mudah merasa lelah, dan mudah marah.

Lantas, jenis ikan apa saja yang direkomendasikan untuk kesehatan otak? Banyak macamnya, Sobat. Salmon, trout, makarel, tuna, haring, kod, pollock, teri, dan sarden terkenal sebagai sumber asam lemak omega-3.

Ingin sumber lain selain ikan? Cobalah telur, Sobat. Selain omega-3, telur merupakan sumber kolin yang membangun membran sel otak dan memproduksi sinyal otak. Vitamin B didalam telur juga cukup banyak, seperti asam folat, vitamin B-12, dan vitamin B-6.

 

3. Buah-Buahan, Kacang-Kacangan, Biji-Bijian

Mengalami suasana hati yang berantakan, merasa mudah lelah, cepat lupa apa yang baru saja dipelajari, bahkan sulit fokus saat belajar? Salah satu solusinya adalah makan pisang, Sobat. Yes, it's serious! Pisang kaya akan potasium yang dapat menjaga daya ingat dan konsentrasi kita.

Selain itu, tryptophan pada pisang dapat berubah menjadi serotonin, hormon yang membuat suasana hati kita menjadi lebih riang. Psstt... serotonin juga dapat dihasilkan dari lemak atau minyak ikan, lho!

Blueberry, bila mungkin diperoleh, juga merupakan buah sahabat otak. Flavonoid dan antioksidan didalam blueberry menghambat penuaan otak, dan pada saat yang sama meningkatkan memori. Bayangkan sel-sel otak kita saling berkomunikasi seperti yang kita lakukan sehari-hari. Maka, komunikasi mereka semakin lancar berkat blueberry ini, Sobat!

Sulit mendapatkan blueberry? No worries. Kita bisa menggantinya dengan strawberry ataupun murbei. Jika memungkinkan, blackberry maupun blackcurrant juga boleh kok, Sobat.

Dan jangan lupakan jeruk! Buah ini kaya akan vitamin C yang diyakini mampu meningkatkan ketajaman berpikir kita. Bonusnya, vitamin C juga membantu kita mengelola stres dan rasa cemas yang berlebihan dengan lebih baik.

Masih ada alpukat! Sedikit berbeda, alpukat kaya akan lemak sehat seperti ikan. Kita pun dapat memperoleh manfaat yang sama dari kacang almond, kacang mete, kacang tanah, kacang kedelai, kacang hazel, biji bunga matahari, kacang walnut, atau biji labu. Selain lemak sehat, kacang-kacangan ini kaya akan vitamin E.

 

4. Kafein

Tak hanya membuat kita bersemangat, ternyata kafein pun memiliki efek positif untuk otak. Adalah antioksidan didalam kopi yang berfungsi melindungi otak kita dari degenerasi.

Selain kopi, minuman berkafein lain seperti teh hijau juga dapat meningkatkan kinerja otak dan membuat kita lebih mudah fokus. And no, caffeine doesn't simply improve memory but it boosts serotonin that makes us feel good as well!

Bukan hanya minuman, kafein juga terdapat didalam cokelat hitam. Cokelat yang terasa kurang manis ini juga kaya akan flavonoid. Isn't it a great alternative to ordinary chocolate snacks?

 

5. Rimpang Kunyit

Iya, kunyit yang berwarna kuning itu lho, Sobat. Kurkuma didalam kunyit dapat meningkatkan daya ingat kita dan meregenerasi sel otak. Bahkan, bahan aktif kunyit ini dikatakan mampu menembus sawar darah otak sehingga manfaatnya dapat langsung mencapai sel-sel otak.

Selain itu, antioksidan didalam kunyit membantu pertumbuhan sel-sel otak yang baru. Antioksidan ini pun mampu menggantikan efek obat-obatan antidepresan yang telah dikonsumsi selama enam pekan. Bukan hanya menguatkan serotonin, kunyit juga memicu kinerja dopamin. Bagaimana hasilnya? Tentu suasana hati kita menjadi jauh lebih baik!

Bagaimana mengkonsumisnya? Tidak dengan dimakan langsung ya, Sobat! Kunyit biasa digunakan sebagai bumbu masakan atau dibuat minuman.

 

Nah, kenapa kita tidak memanfaatkan waktu liburan ini untuk menambah asupan makanan yang menyehatkan otak? Jajan kulinernya dipilih, ya! Dipilih yang sehat untuk otak kita.

720

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
hmm benar
00
benar.
00
Kalo aku sih suka makan Alpukat
00
Benar
00
benar juga
00
hmm coba dulu ah
00
Oke dah
00
gak suka makan sayur ya Allah
00

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp