redesain-navbar Portlet

Blog

photo via blog.tutorhub.com

Yakin Bisa Lulus dari 7 Jurusan Ini?

Kuliah di Jurusan yang Tak Mudah

Bisa keterima sebagai mahasiswa dijurusan impian adalah sebuah nikmat yang tak boleh didustakan. Tapi bagaimana lulusnya? Tahukah kamu, ada beberapa jurusan yang dianggap horor karena beratnya perjuangan untuk lulus dan menyelesaikan perkuliahan dengan baik.

 

1. Teknik Arsitektur

Banyak orang bilang masuk Arsitektur tuh berat, tapi sudah adakah yang memberitahumu kalau lulus dari Arsitektur tuh jauh lebih berat? Bahkan, lebih dari separuh mahasiswa baru dijurusan ini memilih keluar gegara nggak sanggup lagi untuk terus kuliah. Segitu beratnya? Bayangin aja kuliah Studio selama enam jam dalam sehari, dan terus begitu selama tiga kali dalam seminggu. Dan lagi, kesalahan 0.5 cm saat menggambar seharian bisa berakibat menggambar ulang pada hari yang sama.

Tapi kuliah Arsitektur nggak cuma menggambar, ya! Jurusan ini membutuhkan perpaduan antara ilmu teknik dan seni dalam perencanaan, konstruksi, dan dekorasi ruang buatan, interior, eksterior, kawasan, hingga perencanaan kota. Menjadi mahasiswa Arsitektur berarti kamu haruslah orang yang punya stok ide kreatif tak terbatas, peduli pada lingkungan sekitarmu, dan punya pengetahuan yang luas agar rancanganmu memiliki fungsi yang optimal.

 

2. Ilmu Ekonomi

Meskipun namanya Ekonomi, atau lengkapnya Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan (IESP), mahasiswa jurusan ini lebih banyak bergelut dengan Statistik dan Matematika – dibidang Ekonomi, tentunya. Disinilah kamu belajar tentang Ekonomi Makro, Ekonomi Mikro, alat kuantitatif, Ekonomi Publik, Ekonomi Pembangunan, Ekonomi Moneter, Ekonomi Bisnis, dan masih banyak lagi – endingnya, kamu pasti paham deh, kalau dengerin Menkeu atau Menko pidato.

Sebaiknya nggak usah ngelirik jurusan ini bila kamu nggak punya keterampilan verbal, kemauan keras, dan konsistensi. Banyak mahasiswa jurusan ini yang pindah jurusan ke Manajemen atau Akuntansi lantaran kuliah Ilmu Ekonomi bikin puyeng.

 

3. Teknik Sipil

Harus diakui, jurusan ini memang banyak diminati – apakah kamu salah satunya? Tapi kuliahnya nggak gampang, lho! Kamu harus menguasai Matematika, Biologi, Fisika, Geologi, bahkan Ilmu Lingkungan dan Ilmu Komputer – kudu serba bisa, deh!

Kok banyak banget, sih? Abisnya, mahasiswa Sipil harus dapat memahami kebutuhan manusia dalam setiap rancangan, pembangunan, dan renovasi gedung, infrastruktur, hingga lingkungan.

 

4. Matematika

Menurutmu, Matematika tuh sulit nggak, sih? Yang jelas, sampai kebangku kuliahpun, memahami bahasa Matematika yang penuh dengan rumus dan angka membutuhkan dedikasi dan kerja keras. Bayangin aja deh, ketemu bukan bahasa manusia begini tiap hari.

Tapi menguasai Matematika berarti kamu dapat menemukan solusi berbagai fenomena kehidupan. Konon, Matematika terkenal sebagai induk ilmu pengetahuan karena menjadi pengetahuan dasar ilmu terapan.

 

5. Teknik Informatika

Inilah jurusan anak dari sang induk, Matematika. Di Informatika, kamu akan menerapkan banyak logika Matematika dalam pengelolaan informasi. Tak jarang, mahasiswa Informatika dituntut untuk mampu menciptakan piranti lunak dalam pengelolaan data, terutama saat skripsi.

Agar kamu bisa lulus selamat sentosa dari jurusan ini, pupuk terus kemampuanmu dalam berpikir logis dan terstruktur. Tapi jika Informatika memang sudah jadi minatmu, jangan patah arang dalam menyelesaikan kuliah. Karena baik di dalam maupun luar negeri, Informatika memang jurusan yang cukup menantang.

 

6. Farmasi

Ini tentang Jurusan Farmasi, ya – bukan apotek di ujung lorong rumah sakit atau toko obat di gang sebelah. Jurusan kuliah ini adalah tempat dimana kamu belajar tentang obat-obatan, baik yang sintetik maupun alami. Bisa ditebak, dasar Farmasi adalah Kimia. Waktunya ngecek nih, gimana nilai matapelajaran Kimiamu selama ini?

Memang banyak yang berminat kuliah dijurusan ini, tapi sayangnya tak semua peminat tahu betapa beratnya kuliah di Farmasi. Mahasiswa Farmasi wajib menguasai Kimia, Biologi, Kesehatan Masyarakat, Manajemen, hingga Pemasaran. Kelas praktikum rutin dilakukan dan laporan praktikumnya juga menunggu untuk dikerjakan. Menjadi seorang yang bertugas dibelakang meja Farmasi berarti dapat memahami tulisan resep dokter serta hafal nama-nama Kimia dan kandungan setiap obat.

 

7. Kedokteran

Nggak perlu dijelasin panjang lebar sekalipun, tentu kamu udah dengar gimana sulitnya lulus dari Jurusan Kedokteran. Ups, belum? Memang jurusan ini sering digadang-gadang oleh banyak orang tua, bahkan mungkin kamu juga ingin kuliah Kedokteran.

Selain kuat dalam matapelajaran Fisika, Biologi, dan Kimia, menjadi calon dokter berarti kamu harus dapat menyertakan aspek sosial, budaya, dan psikis dalam diagnosa penyakit. Matakuliah Kedokteran juga tak hanya terbatas pada ilmu dasar seperti Biokimia, Fisiologi, maupun Anatomi, tapi kamu juga akan belajar tentang Farmakologi meskipun nggak meracik obat secara langgsung. Udah gitu, proses perkuliahan sampai akhirnya menyandang gelar dokter untuk praktek mandiri juga cukup panjang dan berliku.

 

Jadi, apa jurusan impianmu memang termasuk dalam salah satu jurusan diatas? Jangan keburu menyerah duluan dan ganti pilihan jurusan, ya!

Lebih masukan Blog

4 Perguruan Tinggi di Amerika Serikat Ini Sulit Ditembus

Kamu merasa masuk UI, UGM atau ITB terbilang gampang ? Terlalu mudah? Baiklah, mungkin kamu...

5 Jurusan IPS/ Soshum Favorit pada SBMPTN 2018

Banyak anak IPS/ Soshum yang mengeluh peluang lolos ujian masuk PTN-nya makin kecil gegara ...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line