PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

website-baru-navbar Portlet

Blog

photo via www.flexi.com

Yang Pasti-Pasti: Prospek Kerja Bidang Akuntansi

Jurusan Akuntansi

Salah satu alasan kenapa Jurusan Akuntansi diminati oleh anak kelas IPS adalah karena prospek kerjanya yang cukup menjanjikan. Bahkan, bidang Akuntansi menawarkan jenjang karir yang terjamin dan pendapatan yang tak sedikit. Jadi, apa saja pekerjaan dibidang Akuntansi yang memiliki kedua kriteria tersebut?

 

Bekerja tanpa Ikatan dengan Menjadi Akuntan Publik

Akuntan Publik bersifat independen, tidak terikat dengan perusahaan tertentu. Agar dapat bekerja dan memberikan jasa, seorang Akuntan Publik harus terlebih dulu memperoleh izin dari Menteri Keuangan – berstatus sebagai certified Public Accountant.Seorang Akuntan Publik juga wajib menjadi anggota Institusi Akuntan Publik Indonesia (IAPI).

Tugas Akuntan Publik terbagi menjadi jasa atestasi dan non-atestasi. Jasa atestasi mencakup audit umum laporan keuangan, pelaporan informasi keuangan proforma, pelaporan keuangan prospektif, maupun jasa audit atestasi lain – termasuk review laporan keuangan. Jasa non-atestasi mencakup pemeriksaan pelaporan konsekuensi pajak, kelayakan operasi perusahaan, sistem informasi akuntansi, konsultasi manajemen, hingga konsultasi kebijakan keuangan. Kenapa klien atau suatu perusahaan masih membutuhkan jasa Akuntan Publik? Sebagai pihak yang tidak terikat, opini Akuntan Publik cenderung netral dibandingkan opini auditor internal.

Cukup menggiurkankah profesi Akuntan Publik ini? Penghasilan awal seorang Akuntan Publik bisa berkisar antara Rp5 dan Rp10 juta per bulan, sedangkan seorang Akuntan Publik senior bisa mencapai Rp8 hingga Rp12 juta per bulan.

 

Pemeriksa Keuangan Perusahaan sebagai Auditor Internal

Auditor Internal bertugas mengaudit atau memeriksa dan memastikan laporan keuangan perusahaan sesuai dengan aslinya. Tugas lain Auditor Internal adalah memasikan tidak terjadi penyimpangan pada tugas dan fungsi manajemen perusahaan. Saran dan masukan Auditor Internal dibutuhkan oleh pihak manajemen terkait dengan kepatuhan operasional perusahaan pada sistem pengendalian intern, regulasi pajak dan Bappepam, serta konsep Good Corporate Governance.

Untuk menjadi seorang Auditor Internal yang handal, kamu harus memiliki kejujuran dan integritas yang tinggi. Kalau tidak, penyimpangan kecil sekalipun akan terabaikan sehingga dapat berdampak pada kemajuan perusahaan.

Fresh graduates yang menjadi Auditor Internal di kota besar bisa berpenghasilan Rp7 hingga Rp10 juta per bulan. Jika kamu bekerja pada perusahaan internasional, gaji yang diberikan tentu lebih dari nominal tersebut.

 

Menjadi Perencana Keuangan

Dengan latar belakang Ilmu Akuntansi, kamu bisa membantu golongan ekonomi kelas menengah yang terus bertambah jumlahnya dalam merencanakan keuangan dan meningkatkan kesejahteraan mereka.

Jika tertarik pada bidang ini, kamu harus mengambil sertifikasi perencanaan keuangan (Certified Financial Planner)yang dikeluarkan oleh Financial Planning Standards Board (FPSB) setelah menyelesaikan kuliah Akuntansi. Tahapan ujian untuk memperoleh CFP yaitu Foundation in Financial Planning, Investment Planning, Risk Management and Insurance Planning and Retirement, Income Tax, dan Estate Planning.

Perlu dicatat, sebagai seorang Perencana Keuangan kamu tidak bisa mendapat penghasilan setiap bulan. Pendapatanmu akan sangat tergantung pada jasa konsultasi yang diberikan, dan biasanya dihitung per jam. Sebagai gambaran, besaran tarif konsultasi per jam dengan seorang perencana keuangan berkisar dari Rp250 ribu sampai Rp3 juta.

 

Menganalisa Keuangan dengan Menjadi Financial Analyst

Sebagai seorang Financial Analyst, kamu bisa bekerja pada seseorang atau perusahaan. Bila bekerja di perusahaan, seorang Financial Analyst akan menerjemahkan data-data yang ada untuk kemudian dijadikan dasar pertimbangan pengambilan keputusan, investasi, dan strategi bisnis kedepan. Di Indonesia, tenaga Financial Analyst seperti ini banyak dibutuhkan di perusahaan sekuritas. Pengelolaan portofolio investasi juga bisa menjadi bagian dari tugas seorang Financial Analyst.

Setelah bekerja selama minimal empat tahun, kamu bisa mengambil tiga level ujian untuk memperoleh sertifikasi Chartered Financial Analyst (CFA). Sertifikasi profesional dibidang keuangan dan akuntansi yang dikeluarkan oleh CFA Institute ini telah diakui secara internasional. Selain sertifikasi, kemajuan karir Financial Analyst juga ditentukan oleh akurasi hasil analisisnya. Psst... kemampuan analisis ini juga bisa mengantarkanmu menjadi seorang pialang saham, lho!

Seberapa besar kisaran pendapataan seorang Financial Analyst? Gaji yang diperoleh bisa berkisar dari Rp5 juta hingga lebih dari Rp20 juta per bulan.

 

Jenjang karir dan gaji adalah dua hal yang sering dianggap penting dalam pekerjaan. Karena Akuntansi sanggup menawarkan dua hal tersebut, tak jarang jurusan inipun menjadi pilihan anak IPA – meskipun biasanya bukan diurutan pertama. Bagaimana denganmu?

Lebih masukan Blog

Nggak Harus Terbang: 8 Profesi Didunia Penerbangan

Pilot nggak akan bisa menerbangkan pesawat sendiri. Paling jelas, seorang pilot akan duduk...

Tips Memilih Jurusan: Jawab 4 Pertanyaan Penting Ini

Salah memilih jurusan kuliah bisa berakibat cukup fatal – tak hanya dimasa kuliah itu sendiri,...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru