redesain-navbar Portlet

Blog

photo via www.dcscorp.com

Yuk Kenalan sama Software Engineering atau Rekayasa Perangkat Lunak

Cari Tahu Jurusanmu

Tak mau ketinggalan dengan perkembangan dunia digital yang kekinian? Bila kamu punya antusiasme yang tak kunjung padam pada segala sesuatu yang berkaitan dengan komputer, minat kuliahmu tentunya takkan jauh-jauh dari komputer juga.

 

Teknologi Digital yang Menjanjikan

Walau tak benar-benar memperhatikan, tapi sebenarnya kita semua telah tinggal dalam dunia virtual. Coba cek, berapa kali dalam sehari kamu log in akun Facebook, Instagram, Twitter, dan sebagainya? Apa saja yang telah kamu bagi dalam akun-akunmu tersebut? Komunikasi seperti apa yang telah terbangun antara dirimu dengan lingkaran pertemananmu disitu?

Atau barangkali, kamu lebih suka, bahkan telah terbiasa, berbelanja secara online? Kamu juga menggunakan berbagai jasa yang ditawarkan secara online, seperti driver, hairdresser, atau bebersih?

Coba lihat di telepon genggammu. Aplikasi apa saja yang telah kamu undur dari app store?

Begitulah kehidupan kita sekarang. Nyaris tak ada satu hal sekalipun yang terlepas dari gadget ataupun komputer.

 

Menjadi Arsitek dalam Dunia Virtual

Sama seperti dunia fisik dengan bangunan dan jalan-jalannya, dunia maya atau dunia virtual juga punya arsiteknya. Ia adalah seorang Software Engineer. Bangunan yang dirancangnya bukan gedung, melainkan software atau perangkat lunak.

Shopee, Bukalapak, hingga game yang kamu unduh di app store adalah sebagian dari "gedung-gedung" yang telah dibangun para arsitek virtual, Software Engineer. Dan sebagaimana pekerjaan arsitek pada umumnya, seorang Software Engineer juga tak bisa bekerja sendiri.

 

Rekayasa Perangkat Lunak diantara Jurusan Komputer Lainnya

Tak jarang, bidang kerja Software Engineering, atau disebut juga Rekayasa Perangkat Lunak, bersinggungan dengan Computer Science dan Computer Engineering. Apalagi, kurikulum Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak di sebagian besar perguruan tinggi di Indonesia masih mengacu pada Ilmu Komputer maupun Teknik Komputer.

Perbedaan utama Rekayasa Perangkat Lunak dari jurusan-jurusan komputer lain ditingkat perguruan tinggi adalah skala software yang dikembangkannya. Karenanya, Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak memiliki materi yang tak diajarkan pada jurusan lain, seperti arsitektur atau rancang bangun software, uji coba dan kendali mutu software, perluasan pemakaian software, perawatan dan update software, Matematika diskrit, analisa sistem, dan lain-lain.

Bila kamu terbukti tangguh pada pelajaran Matematika, Software Engineering akan menjadi bidang yang menyenangkan untuk ditekuni lebih dalam di perguruan tinggi. Apalagi, teknologi dan inovasi bisnis digital memiliki prospek cerah dimasa depan.

Meskipun belum sepopuler jurusan-jurusan lain, Software Engineering atau Rekayasa Perangkat Lunak sudah semakin diminati ditingkat perguruan tinggi, seperti di Universitas Padjadjaran atau Universitas Prasetiya Mulya. Tak selalu sama, jurusan ini bisa berada di Fakultas Teknik atau Fakultas Ilmu Komputer, tergantung dari kurikulum acuannya.

Namun pada dasarnya, ilmu yang kamu peroleh dapat memberimu peluang untuk menjadi seorang Web Developer, Pengembang Sistem Operasi, Developer Aplikasi, atau yang lain. Yakinlah, takkan habis peluangmu dibidang ini seiring dengan terus bermunculannya start-up dalam bisnis digital.

Lebih masukan Blog

Farmasi: Bukan Hanya tentang Obat

Kamu bercita-cita ingin menjadi seorang Apoteker? Bekerja dengan jubah lab dan meracik...

Arsitektur: Seni dan Estetika tanpa Ujung di Fakultas Teknik

Arsitektur, kesannya selalu keren, bukan begitu? Profesi Arsitek cukup menggoda, bukan cuma...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line