redesain-navbar Portlet

Blog

Rss

Kamu suka Matematika dan permainan logika, bahkan tertarik dengan algoritma komputasi. Muncul pertanyaan berikutnya: kuliah di Jurusan Ilmu Komputer atau Teknik Informatika? Keduanya sama-sama punya passing grade yang cukup tinggi, sehingga kamu nggak bisa menjadikan salah satunya sebagai pilihan kedua. Persaingan masuknya juga sama-sama ketat, jadi peluangmu pada kedua jurusan ini juga harus...

280

Hidup kita saat ini sudah tak terpisahkan lagi dari smartphone ataupun komputer. Hayo, tunjuk tangan, siapa yang lebih akrab sama barang-barang elektronik ini ketimbang orang sekitar? Jika kamu punya minat super tinggi pada mesin-mesin macam ini, mungkin kamu sedang mempertimbangkan untuk kuliah Ilmu Komputer? Tapi udah tahu belum, apakah ini jurusan kuliah yang sesuai dengan harapanmu?  ...

180

Buat kamu yang ingin kuliah Bahasa Korea, sudah menyeleksi kampus-kampus mana yang punya jurusan ini? Bahasa Korea memang bukan jurusan populer yang ada di seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia, tapi kampus-kampus berikut membuka jurusan yang kamu impikan ini.   1. Universitas Gadjah Mada Pada awalnya, UGM membuka Program Studi D3 Bahasa Korea, sebuah sekolah vokasi. Prodi ini...

220

Memilih jurusan kuliah tuh bukan hal yang mudah, memang. Dan salah satu yang bisa menjadi faktor penentu pilihan adalah minat. Bagaimana kalau minatmu ada pada segala hal yang berbau tentang Korea – dramanya, filmnya, musiknya, penyanyinya, atau aktornya? Cukupkah ini menjadi alasan untuk kuliah di Jurusan Bahasa Korea?   Bahasa dan Budaya, Dua Saudara tak Terpisahkan Berbeda dari...

260

Kuliah Jurnalistik tuh nggak cuma membuatmu jadi jurnalis atau wartawan handal, lho. Dengan segala keilmuan dan keterampilan yang diajarkan selama kuliah dijurusan ini, kamupun cakap pada bidang-bidang lain. Itulah sebabnya kenapa lulusan Jurnalistik punya peluang yang terbuka lebar pada profesi-profesi ini.   1. Jurnalis Pastinya, lulusan Jurnalistik cakap dan mahir bekerja sebagai...

170

Beda jurusan kuliah, beda lagi perjuangannya. Tapi kalau tentang berpeluh keringat dilapangan dan mengejar deadline, mahasiswa Jurnalistik pasti tahu seperti apa rasanya. Yuk, intip seperti apa seru dan asyiknya menjadi mahasiswa jurusan ini.   1. Bukan Hanya tentang Menulis Berita Memang, penulisan informasi (berita) yang baik sehingga mudah diterima khalayak punya porsi penting...

270

Buat kamu yang udah mantap, madhep mantep, mau kuliah Jurnalistik, bagaimana dengan kampusnya? Jurusan ini nggak ada di seluruh perguruan tinggi, lho! Kecuali, kamu asyik-asyik aja mempelajari jurnalistik sebagai bagian dari peminatan – biasanya sih, dari Jurusan Ilmu Komunikasi. Biar nggak bingung, yuk lihat Jurnalistik pada masing-masing PT ini.   1. Universitas...

150

Siapa nih, yang suka nanya-nanyai orang? Ups, bukan gitu juga, sih. Kalau sekedar kepo sama orang, siapapun asal ditanya-tanya tentang dirinya saja, itu namanya nyebelin. Tapi kalau ada sesuatu yang menarik, misalnya sebuah fenomena atau kejadian, trus kamu bertanya atau membahasnya dengan orang yang berkepentingan, barangkali memang ada bakat jurnalisme dalam dirimu. But wait,...

120

Gen Z yang sejak lahir sudah menggenggam ponsel (lebay juga sih, perumpamaan ini), pasti akrab banget sama dunia media sosial. Berapa akun sih, yang kamu punya pada satu platform? Tahukah kamu, di beberapa negara di luar sana, akun medsos bisa jadi salah satu pertimbangan penerimaan mahasiswa baru, lho. Lantas, bagaimana dengan dirimu sendiri? Sebagai manusia terpelajar, bagaimana...

230

Mungkin kamu sudah mendengar dan membaca banyak petuah tentang memilih jurusan kuliah. Tapi kenapa sih, pilihan jurusan kuliah tuh penting banget ditimbang secara individual? Terlepas dari bakat, minat, ataupun kemampuan yang dimiliki, urusan sekolah yang cuma empat tahun lagi ini kok jadi serius banget, ya?   1. Setiap Orang Diciptakan dengan Keunikan dan Kelebihannya Masing-Masing ...

440

Pernahkah kamu kesulitan memejamkan mata dan beristirahat dimalam hari, padahal badan rasanya udah kaya abis digebukin orang? Pernahkah kamu membandingkan diri dengan orang lain, kemudian merasa terkalahkan? Atau, barangkali kamu merasa kurang, tak pernah sebaik harapan diri sendiri maupun orang tua? Awas, bisa jadi itu adalah sebagian dari tanda-tanda kamu sedang stres. Sebelum...

700

Sudah adakah yang memberitahumu bahwa kuliah tuh jauh berbeda dibanding sekolah? Kalau mau dibikin hiperbola, perbedaan keduanya bagai langit dan bumi! Saat sekolah, segala sesuatunya sudah diatur, bahkan kamu bisa kena hukuman jika tak taat aturan. Saat kuliah, nggak ada tuh yang ngatur-ngatur dirimu – bahkan ada dosen yang nggak peduli kehadiranmu di kelas (nggak boleh...

410

Tak sedikit anjuran agar kamu mengikuti organisasi atau unit kegiatan mahasiswa di kampus. Namun, orang tua juga sering mengingatkan agar rajin-rajin kuliah supaya lulus tepat waktu. Trus gimana nih, menyikapinya? Sebenarnya seberapa penting sih, aktif berorganisasi sebagai mahasiswa?   Pilih Organisasi yang Kamu Sukai Begitu banyaknya pilihan organisasi maupun komunitas kampus, ...

360

Dikenal sebagai kampusnya para YouTuber, Universitas Multimedia Nusantara (UMN) sebenarnya tak hanya melahirkan calon-calon content creator. Meskipun tak bisa dipungkiri, nama-nama beken seperti Kevin Anggara, Martha Patricia, atau Chandra Liow adalah sebagian dari alumninya, UMN sebenarnya punya jurusan-jurusan lain yang tak kalah menterengnya dibanding DKV.   Teknik Informatika...

180

Perjalanan panjang Prasetiya Mulya sejak berdiri pada tahun 1982 berakhir dengan Keputusan Kemenristekdikti pada tahun 2015 yang mengharuskannya berstatus universitas sejak Maret 2016. Kini, universitas yang pada awalnya didirikan oleh 70 pengusaha dalam Yayasan Prasetiya Mulya ini telah memiliki Program Studi Sarjana dan Magister. Apa lagi perlu kita ketahui tentang universitas ini?...

110

Niat hati ingin kuliah di PTN apa PTS, nih? Tapi sekedar kepo-kepoin masa pendaftaran calon mahasiswa barunya PTS, boleh kan, ya? Eh, boleh banget! Bahkan mungkin, siapa tahu nantinya kamu lebih sreg kuliah disalah satu PTS di negeri ini. Nah, dua PTS beken ini sedang membuka pendaftaran untuk para calon mahasiswa barunya.   Universitas Bina Nusantara Saat ini Binus sedang...

90

Untuk yang kesekian kalinya, kamu ketemu lagi sama saran-saran memilih jurusan kuliah. Bosen nggak, sih? Well, siapa tahu ada informasi baru yang terlewat, belum sempat kamu perhatikan. So, langsung aja deh, berikut ini empat pertimbangan penting yang wajib kamu perhatikan dalam memilih jurusan atau program studi kuliah pada jenjang pendidikan tinggi.   1. Memilih Jurusan Sesuai dengan...

590

Kalau sudah mengenali berbagai tipe cara belajar, tentu kamu bisa memahami cara belajarmu sendiri. Lebih kearah mana, nih? Suka suasana tenang saat latihan soal? Suka tanya jawab, tebak-tebakan rame-rame? Atau malah belajar tepat seminggu bahkan semalam sebelum SBMPTN? Coba lihat, kamu yang mana?   Maju Pantang Mundur, Serang Semua Lini Bisa dibilang, kamu tipe oportunis dalam hal...

430

Salah satu keunikan Institut Teknik Bandung (ITB) dibanding perguruan tinggi lain di Indonesia adalah penamaan fakultasnya. Tak hanya fakultas, ITB juga punya sekolah. Eitts, jangan salah memahaminya sebagai sekolah biasa! Sekolah di ITB tuh ya sama dengan fakultas. Biar nggak makin bingung, lihat aja yuk, ada sekolah apa saja di ITB.   Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan...

180

Perguruan tinggi negeri ini adalah salah satu yang tertua dan terbaik di negeri kita. Banyak anak Saintek yang goalnya kuliah disini, padahal sebenarnya ada juga jurusan-jurusan seninya. Kita lihat sama-sama yuk, apa saja fakultas yang ada di Institut Teknologi Bandung (ITB).   Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Fakultas ini adalah sumbernya pengembangan ilmu-ilmu...

80

CssBlog

metablog-web Portlet