redesain-navbar Portlet

CariJurusanV3

Kecocokan Denganmu

lock
logo sekolah

Nautika

Rumpun Ilmu Nautika
Pelajaran Terkait Nautika
astro-jurusan

Apa itu Nautika ?

Nautika merupakan jurusan yang mempelajari tentang ilmu dan teknologi pengoperasian kapal khususnya dek kapal dan olah gerak kapal. Mahasiswa jurusan ini akan mempelajari tentang sistem navigasi, sistem komunikasi, sistem mesin, dan sistem kelistrikan kapal. Selain itu, mereka juga akan mempelajari hukum kemaritiman, pengaturan muatan, dan komunikasi kemaritiman untuk dapat menjadi tenaga profesional di bidang kemaritiman sesuai standar nasional atau internasional. Jurusan Nautika mempelajari tentang pengoperasian kapal laut termasuk sistem navigasi, sistem komunikasi, sistem mesin, dan sistem kelistrikan kapal. Program studi ini diharapkan dapat mencetak sumber daya manusia yang ahli dalam bidang gerak dan pengendalian kapal, navigasi elektronik modern, pengaturan muatan dan komunikasi kemaritiman

Mengapa harus

Jurusan Nautika ?

  • Memiliki ketertarikan dan kecocokan dengan jurusan
  • Buat sobat pintar yang memiliki ketertarikan di bidang pelayaran dan senang bersosialisasi, maka jurusan ini dapat menjadi pilihan yang tepat.

  • Bisa berlayar di mengelilingi lautan Indonesia
  • Lulusan jurusan Nautika punya kesempatan untuk dapat mengelilingi lautan di Indonesia. Sebab mereka dapat bekerja di kapal sebagai nahkoda maupun posisi lainnya.

  • Berkesempatan mengunjungi berbagai negara di dunia
  • Selain menjadi seorang nahkoda, lulusan jurusan Nautika punya kesempatan untuk bekerja di kapal pesiar. Dengan begitu mereka juga punya kesempatan berkeliling dunia.

  • Turut mendukung pembangunan nasional
  • Transportasi laut merupakan salah satu yang memiliki peran untuk mendukung pembangunan nasional. Sebab transportasi laut dapat menjadi penggerak ekonomi khususnya di daerah 3T.

Apa yang dipelajari?

Jurusan Nautika mempelajari tentang pengoperasian kapal laut termasuk sistem navigasi, sistem komunikasi, sistem mesin, dan sistem kelistrikan kapal. Program studi ini diharapkan dapat mencetak sumber daya manusia yang ahli dalam bidang gerak dan pengendalian kapal, navigasi elektronik modern, pengaturan muatan dan komunikasi kemaritiman.

Pengetahuan dan Keahlian

  • Lulusan nautika memiliki kemampuan manajerial, seperti kemampuan mengelola sumber daya manusia, keuangan, dan operasional kapal.
  • Lulusan nautika memiliki kemampuan analitis yang baik, seperti kemampuan menganalisis data dan membuat keputusan yang tepat.
  • Lulusan nautika memiliki kemampuan komunikasi yang baik, seperti kemampuan berinteraksi dan menyampaikan ide atau informasi.
  • Lulusan nautika harus memiliki kemampuan interpersonal, bekerja sama dengan orang lain, dan membangun hubungan baik.
  • Lulusan nautika memiliki kemampuan teknis, seperti sistem navigasi, sistem komunikasi, sistem mesin, dan kelistrikan kapal.
  • Lulusan nautika memiliki pengetahuan tentang hukum dan etika yang berlaku dalam pengoperasian kapal laut.
astro-astri-jurusan

Mata Kuliah

icon mata kuliah

ILMU PELAYARAN ASTRONOMI

icon mata kuliah

PENENTUAN POSISI KAPAL NAVIGASI

icon mata kuliah

METEOROLOGI

icon mata kuliah

OCEANOGRAFI

icon mata kuliah

OLAH GERAK KAPAL

icon mata kuliah

Konstruksi Kapal

icon mata kuliah

PENDIDIKAN AGAMA

icon mata kuliah

Bahasa Inggris

icon mata kuliah

Matematika

icon mata kuliah

PENDPANCASILA KEWARGANEGARAAN (PPKN)

icon mata kuliah

Fisika Terapan

Kampus Terkait

Jurusan Terkait Nautika

redesain-navbar Portlet