redesain-navbar Portlet

CariJurusanV3

Kecocokan Denganmu

lock
logo sekolah

Sastra Sunda

Rumpun Ilmu Bahasa dan Sastra
Pelajaran Terkait Bahasa dan Sastra
astro-jurusan

Apa itu Sastra Sunda ?

Sastra Sunda adalah sebuah jurusan kuliah yang mendalami karya kesusastraan, budaya, dan bahasa Sunda secara komprehensif. Jurusan ini menghasilkan lulusan dengan kompetensi peminatan bidang kajian Sastra, Linguistik, dan Filologi. Sebagai sebuah jurusan kuliah di perguruan tinggi, Sastra Sunda tak lepas dari masyarakat Sunda. Bukan hanya sebagai sumber pengetahuan dan perkembangan kebudayaan Sunda, masyarakat juga menjadi tempat mahasiswa mempelajari Sastra Sunda secara langsung.

Mengapa harus

Jurusan Sastra Sunda ?

  • Asal suku terkadang menjadi motivasi untuk belajar Sastra Sunda di perguruan tinggi.
  • Sastra Sunda tidak dikhususkan untuk dipelajari oleh orang-orang dari Suku Sunda. Akan tetapi, rasa cinta pada budaya nenek moyang terkadang menjadi pendorong kuat untuk mempelajari kebudayaan dan sastra Sunda. Biasanya motivasi seperti ini tumbuh dalam keluarga yang sehari-hari akrab dengan budaya Sunda atau orang tua yang berasal dari Suku Sunda.

  • Minat dan kesukaan pada karya sastra secara umum bisa menjadi motivasi untuk kuliah Sastra Sunda.
  • Sobat Pintar yang memiliki minat besar pada kesusastraan pada umumnya ingin kuliah sastra. Dari sekian pilihan jurusan sastra yang ada, Sastra Sunda merupakan salah satu alternatif yang menarik. Disamping belajar, Sobat Pintar juga turut melestarikan dan merawat kebudayaan Sunda.

  • Kuliah sastra memperluas wawasan dan mengasah keterampilan berbahasa dengan lebih baik.
  • Begitu banyaknya hal yang dipelajari tentang bahasa dan sastra Sunda selama kuliah, sehingga wawasanmu tentang kebudayaan dan sastra Sunda pun akan semakin luas. Sebagaimana kuliah bahasa pada umumnya, Sobat Pintar yang kuliah Sastra Sunda juga akan menjalani perkuliahan menyimak, membaca, membaca, dan bertutur dalam Bahasa Sunda.

Apa yang dipelajari?

Perkuliahan Sastra Sunda meliputi analisis cerpen, novel, film, dan berbagai karya sastra Sunda yang lain. Bahasa Kawi, Sanskerta, Belanda, Arab, dan Inggris, turut dipelajari guna menelaah sejarah dan naskah-naskah kuno Sunda yang ditulis dalam aksara Cacarakan, Sunda Kuno, hingga Arab. Mahasiswa Sastra Sunda juga harus menguasai seni suara, kuliner, seni tari, dan karawitan khas Sunda. Walaupun merupakan sebuah jurusan sastra, jurnalistik dan penyiaran dalam Bahasa Sunda juga dipelajari di sini.

Pengetahuan dan Keahlian

  • Alumni Sastra Sunda memiliki keterampilan berkomunikasi dalam Bahasa Sunda secara tulis dan lisan.
  • Perkuliahan sastra melatih mahasiswa jurusan ini untuk memahami serta mengolah informasi yang berupa kata-kata.
  • Akrab dan dekatnya perkuliahan dengan dunia sastra dan kebudayaan, alumni Sastra Sunda biasanya adalah sosok-sosok yang kreatif.
  • Tuntutan bekerja sama dalam dunia seni membuat lulusan Sastra Sunda cenderung mudah beradaptasi dan terbuka dengan hal-hal baru.
  • Melalui kegiatan kesenian dan kebudayaan bersama masyarakat, lulusan Sastra Sunda memiliki keterampilan interpersonal yang baik.
astro-astri-jurusan

Mata Kuliah

icon mata kuliah

FONOLOGI

icon mata kuliah

MORFOLOGI

icon mata kuliah

KEPARIWISATAAN

icon mata kuliah

SINTAKSIS

icon mata kuliah

DIALEKTOLOGI

icon mata kuliah

SEJARAH SASTRA

icon mata kuliah

LEKSIKOGRAFI

icon mata kuliah

SEJARAH KEBUDAYAAN INDONESIA

icon mata kuliah

Manajemen Produksi Kearifan Lokal

icon mata kuliah

Ilmu Perbandingan Bahasa Nusantara

icon mata kuliah

WACANA

icon mata kuliah

SOSIOLOGI SASTRA

Daftar Alumni Penting

Sastrawan Sunda, dosen

alumni

Etti Rochaeti Soetisna

Sastrawan, budayawan, penulis, dosen

alumni

Elis Suryani Nani Sumarlina

Kampus Terkait

Jurusan Terkait Sastra Sunda

redesain-navbar Portlet