redesain-navbar Portlet

CariJurusanV3

Kecocokan Denganmu

lock
logo sekolah

Teknologi Industri Pertanian

Rumpun Ilmu Pertanian, Perikanan, dan Ternak
Pelajaran Terkait Pertanian, Perikanan, dan Ternak
astro-jurusan

Apa itu Teknologi Industri Pertanian ?

Teknologi Industri Pertanian dikenal juga sebagai Jurusan Agroindustri. Ilmu yang dipelajari di Jurusan Teknologi Industri Pertanian adalah seputar pengembangan teknologi pada bidang pertanian dan penerapan teknologi tersebut dalam memajukan industri pertanian, terutama pada tahap pascapanen.

Mengapa harus

Jurusan Teknologi Industri Pertanian ?

  • Minat dan cita-cita memajukan perekonomian pada sektor pertanian
  • Iklim dan geografis Indonesia secara alami mendukung industri pertanian. Namun seiring perkembangan teknologi, dibutuhkan inovasi dan terobosan agar industri pertanian mampu memajukan perekonomian masyarakat. Kuliah Teknologi Industri Pertanian memberimu bekal yang dibutuhkan guna memaksimalkan pengolahan hasil pertanian sehingga industri sektor ini mampu memakmurkan masyarakat sama baiknya dengan industri-industri yang lain.

  • Memperbaiki nilai tambah hasil panen
  • Teknologi Industri Pertanian mempunyai peran yang amat penting dalam pengelolaan hasil panen. Dengan pengolahan yang tepat dan strategis, hasil panen mampu memberikan nilai ekonomi yang jauh lebih baik.

  • Mendukung peningkatan ketahanan pangan
  • Kegiatan pertanian di Indonesia cenderung dikerjakan secara tradisional. Penggunaan teknologi di bidang pertanian terbilang masih sangat rendah. Di sisi lain, kebutuhan pangan dan keterbatasan lahan pertanian merupakan persoalan yang tak terbantahkan. Dukungan teknologi di bidang pertanian diharapkan menjadi bagian dari solusi atas persoalan ketahanan pangan nasional.

  • Efisiensi pertanian dan modernisasi produksi pangan
  • Penggunaan teknologi yang canggih dan modern dalam industri pertanian dapat memperbaiki efisiensi kegiatan pertanian, sebagaimana hal ini terjadi di negara-negara maju.

Apa yang dipelajari?

Mahasiswa Teknologi Industri Pertanian mempelajari metode-metode pengolahan berbagai hasil pertanian sehingga diperoleh produk dengan kualitas yang sesuai dengan standar kualitas produksi. Disamping mempelajari ilmu pertanian, kuliah di jurusan ini juga membuatmu belajar tentang teknologi, teknik, manajerial, dan pengolahan di bidang pertanian. Itulah sebabnya, perkuliahan Teknologi Industri Pertanian melibatkan banyak praktikum, baik di lapangan maupun laboratorium.

Pengetahuan dan Keahlian

  • Lulusan Teknologi Industri Pertanian mampu menghasilkan inovasi-inovasi guna meningkatkan efisiensi kegiatan pertanian.
  • Sarjana dari jurusan ini dapat mengembangkan teknologi pertanian guna meningkatkan hasil pertanian.
  • Berkat pengetahuan filosofis dan keterampilan aplikatifnya, lulusan jurusan ini mampu memberikan solusi dalam industri pertanian
  • Lulusan jurusan ini menguasai teknologi, manajemen, dan ilmu rekayasa pada bidang agroindustri.
astro-astri-jurusan

Mata Kuliah

icon mata kuliah

PRAKTIKUM KIMIA

icon mata kuliah

PENERAPAN KOMPUTER

icon mata kuliah

SISTEM INDUSTRI PERTANIAN

icon mata kuliah

MIKROBIOLOGI DASAR

icon mata kuliah

MANAJEMEN INDUSTRI

icon mata kuliah

Teknik Lingkungan

icon mata kuliah

Matematika Industri

icon mata kuliah

Ekonomi Mikro

icon mata kuliah

SATUAN PROSES

icon mata kuliah

SANITASI INDUSTRI

icon mata kuliah

MIKROBIOLOGI INDUSTRI

icon mata kuliah

GAMBAR TEKNIK

Daftar Alumni Penting

CEO GE (General Electric) Company

alumni

Handry Satriago

Kampus Terkait

Jurusan Terkait Teknologi Industri Pertanian

redesain-navbar Portlet