redesain-navbar Portlet

CariJurusanV3

Kecocokan Denganmu

lock
logo sekolah

Akuakultur

Rumpun Ilmu Pertanian, Perikanan, dan Ternak
Pelajaran Terkait Pertanian, Perikanan, dan Ternak
astro-jurusan

Apa itu Akuakultur ?

Akuakultur merupakan program studi ilmu kelautan dan perikanan yang mempelajari tentang aktivitas pemeliharaan, penangkaran, dan pengembangbiakan aneka biota laut baik pada perairan air tawar, air asin, atau air payau. Jurusan akuakultur mencakup beberapa materi seperti macam-macam teknik menangkap ikan, budidaya ikan dan hasil laut lainnya seperti udang, lobster, kerang, mutiara, rumput laut, dan yang lainya, serta mempelajari mikroorganisme laut dan cara pelestarian lingkungan.

Mengapa harus

Jurusan Akuakultur ?

  • Prospek karir yang luas
  • Industri perikanan merupakan salah satu industri yang terus berkembang pesat di seluruh dunia apalagi Indonesia sebagai negara maritim. Sebagai hasilnya, peluang karir di bidang ini pun semakin banyak. Lulusan jurusan akuakultur memiliki peluang untuk bekerja di berbagai bidang seperti penelitian, manajemen produksi, konservasi dan pemulihan, perikanan tangkap, hingga budidaya ikan.

  • Berkontribusi dalam pelestarian lingkungan perairan
  • Jurusan akuakultur memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar tentang manajemen sumber daya air dan lingkungan perairan. Mahasiswa dapat belajar cara memelihara lingkungan perairan agar tetap lestari dan menjaga ekosistem air tetap sehat.

  • Menciptakan inovasi teknologi di bidang budidaya perairan
  • Teknologi dalam industri akuakultur terus berkembang dari waktu ke waktu, serta menjadi semakin maju. Mahasiswa yang belajar di jurusan akuakultur dapat terlibat dalam menciptakan inovasi teknologi yang berkelanjutan dan dapat mempercepat kemajuan industri akuakultur.

  • Mempelajari beragam ilmu pengetahuan
  • Jurusan akuakultur menggabungkan berbagai ilmu pengetahuan seperti biologi, kimia, teknologi, dan manajemen. Kombinasi ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar berbagai disiplin ilmu dan mengembangkan keterampilan multidisipliner.

Apa yang dipelajari?

Jurusan akuakultur merupakan jurusan yang mempelajari tentang manajemen dan budidaya sumber daya perikanan hingga lingkungan dan ekosistem perairan. Mahasiswa jurusan ini akan belajar tentang teknik-teknik budidaya dan manajemen perikanan untuk memproduksi ikan dan organisme air lainnya secara efisien dan berkelanjutan. Mereka juga akan mempelajari tentang kualitas air dan pengaruhnya terhadap pertumbuhan organisme air, serta metode pengendalian hama dan penyakit pada organisme air.

Pengetahuan dan Keahlian

  • Memahami cara memelihara dan mengelola ikan dalam lingkungan yang berbeda baik di air asin, air payau, maupun air tawar.
  • Memiliki keterampilan manajemen produksi yang dibutuhkan untuk menghasilkan hasil tangkapan atau produksi ikan yang berkualitas.
  • Memahami cara lingkungan air bekerja, bagaimana ekosistem akuatik berfungsi, dan bagaimana perikanan mempengaruhi lingkungan.
  • Mampu melakukan penelitian dan pengembangan teknik-teknik baru dalam pemeliharaan ikan dan manajemen produksi ikan.
  • Mampu berkomunikasi dengan baik dan bekerja sama dengan berbagai pihak seperti pemerintah, masyarakat, ilmuwan, dan bisnis.
astro-astri-jurusan

Mata Kuliah

icon mata kuliah

TEKNOLOGI PERIKANAN

icon mata kuliah

BIOTEKNOLOGI AKUAKULTUR

icon mata kuliah

Budidaya Perairan

icon mata kuliah

MIKROBIOLOGI AKUATIK

icon mata kuliah

GENETIKA DAN PEMULIAAN IKAN

icon mata kuliah

NUTRISI IKAN

icon mata kuliah

TEKNOLOGI PENANGANAN HASIL PERIKANAN

icon mata kuliah

PARASIT DAN PENYAKIT IKAN

icon mata kuliah

PLANKTOLOGI

icon mata kuliah

TEKNOLOGI PEMBENIHAN IKAN

icon mata kuliah

MANAJEMEN KESEHATAN IKAN

icon mata kuliah

MANAJEMEN KESEHATAN IKAN

Kampus Terkait

Jurusan Terkait Akuakultur

redesain-navbar Portlet