APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

IPB University menandatangani MoU dengan Raffles University, Malaysia

avatar penulis

Kartika Putri

25 March 2024

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

IPB University menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Raffles University, Malaysia, 22/3. Penandatanganan MoU dilakukan oleh Wakil Rektor IPB University bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan, Prof Deni Noviana dengan President of Raffles University, Dr Greg Pritchard.

Prof Deni Noviana mengatakan, melalui kerja sama dengan Raffles University, kami dapat berkontribusi dalam mendukung lingkungan dan masyarakat melalui karya yang berdampak. Ia menyebut, penandatanganan kerjasama ini merupakan momentum untuk memperluas kolaborasi di tingkat global baik dalam bidang pendidikan, penelitian dan pencapaian sustainable development goals (SDGs).

“IPB University merupakan salah satu universitas terkemuka di Indonesia. Kami berkomitmen untuk memperluas reputasi ini dalam skala global, dengan memperkuat ekosistem pendidikan, program penelitian, dan layanan masyarakat yang dapat meningkatkan ketahanan, transformasi pola pikir, desain masa depan, dan praktik untuk mencapai keberlanjutan,” ucapnya.

Lebih lanjut, Ia mengakui bahwa kerjasama internasional dengan mitra strategis seperti Raffles University akan mendukung visi IPB University. Terutama bidang pertanian yang merupakan salah satu mandat inti dan kekuatan IPB University saat ini selain biosains kelautan dan tropis. Sehubungan dengan bidang-bidang ini, kata Prof Deni, artificial intelligence (AI), teknologi, dan rekayasa memiliki peran penting dalam pengembangan inti.

Ia juga menambahkan bahwa IPB University juga sangat terbuka untuk mendorong pertukaran dan mobilitas mahasiswa dan fakultas. Tidak hanya itu, IPB University juga terbuka dalam pengembangan kegiatan kolaboratif yang relevan dengan pendidikan, seperti double degree, serta pengembangan masyarakat. Prof Deni menerangkan ada peluang kolaborasi lebih lanjut di bidang AI dan robotika, manajemen rantai pasok, dan Keberlanjutan.

“IPB University mempunyai kepedulian yang besar terhadap bidang-bidang tersebut sehingga memotivasi kami untuk mengembangkan Center for Transdisciplinary and Sustainable Science (CTSS) dan Blockchain, Robotics, and Artificial Intelligence Network (BRAIN) Research Groups.

Sementara, President of Raffles University, Dr Greg Pritchard mengucapkan terimakasih atas sambutan hangat IPB University untuk bekerjasama dengan Raffles University. Lebih lanjut, Greg menyebutkan terkait joint research, summer camp for student dan pengembangan profesi yang dapat dikolaborasikan. Ia pun mendemonstrasikan aplikasi dan metode pembelajaran yang telah digunakan di Raffles University dengan menggunakan AI.

Sumber : Berita IPB