APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Apa Prodi Yang Cocok Untuk Lulusan SMK?

avatar penulis

Institut Teknologi Telkom Surabaya

5 February 2023

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Bagi lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang ingin meneruskan ke jenjang selanjutnya tentu harus memperhatikan banyak hal. Mereka tentu sebaiknya meneruskan jurusan yang sudah dipelajari selama di SMK. Supaya nantinya tidak harus belajar lagi dari awal sebab sudah mempelajarinya ketika sekolah.

Saat ini banyak sekali Prodi (Program Pendidikan) yang ditawarkan oleh berbagai universitas atau institut pendidikan. Sehingga para lulusan SMK tidak perlu bingung ketika hendak mencari jurusan yang mereka inginkan. Mereka bisa memilih Prodi yang sesuai dengan apa yang diinginkan atau meneruskan apa yang sudah dipelajari ketika SMK.

Terdapat beberapa Prodi yang cocok bagi lulusan SMK. Berikut ulasannya yang kami susun dari berbagai sumber:

  1. Teknik Industri

Untuk siswa lulusan SMK jurusan teknik otomotif, kimia analisis, atau logistik bisa melanjutkan pendidikannya di jurusan teknik industri. Berbekal pengetahuan di berbagai bidang industri, jurusan ini tentu bersahabat bagi mereka. Para lulusan SMK ini bisa mendalami lebih jauh mengenai dunia industri ini.

Di Indonesia sendiri, lulusan jurusan ini banyak dicari. Selain itu peluang karirnya juga sangat menjanjikan. Sehingga bisa menjadi peluang emas bagi mereka yang menyukai dunia pengembangan produk. Terlebih hampir semua lowongan pekerjaan memerlukan keahlian dari lulusan teknik industri. Untuk lulusan SMK tentu hal tersebut bisa menjadi peluang yang sangat menjanjikan.

  1. Teknik Elektronika

Sama seperti jurusan teknik otomotif, jurusan teknik elektronika juga banyak digemari oleh siswa lulusan SMK. Setelah mendalami dasar elektronika selama di SMK tentu akan memudahkan mereka untuk meneruskan pendidikannya di jurusan ini.

Kebutuhan akan listrik sangat besar di negeri ini. Selain itu, sekarang banyak kawasan industri yang hadir di berbagai daerah. Tentu hal tersebut membuka peluang yang sangat besar bagi para lulusan teknik elektronika untuk meniti karir mereka.

  1. Bisnis Digital

Perekonomian semakin berkembang. Banyak perusahaan yang hadir di negara ini dan tentunya mereka membutuhkan para talenta handal bukan hanya tentang perhitungan tapi juga pengembangan bisnis. Terlebih dengan perkembangan dunia digital saat ini, kebutuhan perusahaan akan lulusan yang terampil di bidang pengembangan bisnis digital tentu saja semakin meningkat pesat.

Bagi lulusan SMK jurusan akuntansi, administrasi perkantoran, maupun manajemen bisnis tentu sangat cocok untuk mengembangan karirnya dengan melanjutkan pendidikan di jurusan Bisnis Digital. Sebab selain memudahkan proses pembelajaran mereka juga sudah tahu mengenai dasar-dasar bisnis. Sehingga akan lebih fokus mengembangkan sumber daya mereka.

  1. Teknik Informatika

Prodi selanjutnya yang cocok bagi lulusan SMK selanjutnya adalah teknik informatika. Para lulusan SMK jurusan teknik informatika bisa meneruskan pendidikan mereka di jurusan ini. Sekarang sudah banyak universitas dan institut yang membuka jurusan ini. Bahkan banyak yang membuka jurusan yang berhubungan dengan teknik informatika seperti sistem informatika dan teknologi informatika.

Berkembangnya teknologi informatika secara pesat membuat banyak perusahaan yang mencari orang-orang yang handal dalam bidang ini. Para lulusan teknik informatika tidak perlu bingung mencari pekerjaan selama mereka kompeten dalam bidang ini. Berbagai macam perusahaan besar berbasis teknologi akan mencari mereka karena perannya yang sangat vital bagi perkembangan perusahaan.

  1. Desain Komunikasi Visual

Selain teknik informatika, jurusan yang banyak dicari oleh lulusan SMK adalah Desain Komunikasi Visual. Di jurusan ini mereka akan diajarkan mengenai berbagai macam produk visual khususnya skill dalam dunia animasi.

Untuk lulusan SMK yang ambil jurusan ini tentu akan mudah untuk memperdalam ilmunya ketika kuliah nantinya. Mereka akan mudah mengenai alat-alat berupa perangkat lunak yang kerap dipakai untuk membantu proses belajar mereka.

Selesai kuliah, mereka akan siap direkrut atau bekerja di rumah produksi animasi yang memproduksi berbagai macam animasi untuk TV atau film. Sekarang kebutuhan akan produksi animasi sangat tinggi sehingga bisa menjadi peluang yang menjanjikan.

Itulah tadi informasi mengenai beberapa prodi yang kerap cocok bagi para lulusan SMK. Terdapat berbagai macam pilihan lainnya yang akan dibahas di lain kesempatan. Semoga informasi yang kami sampaikan dapat berguna bagi para pembaca sekalian.